Belajar Mengenal WordPress Bag II


Setelah kita selesai membuat blog dan mempelajari Global Dashboard dan Admin Panel, sekarang kita belajar WordPress lebih jauh lagi. Kita akan mempelajari cara menggunakan Editor di WordPress.

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan editor di Blogspot, mungkin tidak terlalu mengalami kesulitan menggunakan editor di WordPress ini, tinggal menyesuaikan saja. Namun bagi yang baru pertama membuat blog, dan tidak pernah mengenal HTML sebelumnya mungkin akan mengalami sedikit kesulitan.

WordPress Editor

Karena itulah kita perlu mengenal setiap bagian dari editor WordPress ini, agar kita bisa memanfaatkannya secara lebih optimal dan maksimal serta abnormal, kalo perlu pake paranormal (ucak-ucak).

Baiklah kita mulai dari atas:

  • Title – Judul artikel, Tips: buatlah judul yang menarik, menjelaskan isi, singkat, dan mengandung keyword.
  • Post – Isi dari artikel.
  • Visual – menampilkan layar Wysiwyg, gunakan tampilan ini jika kita tidak ingin dipusingkan dengan kode-kode.
  • Code – jika kamu sudah akrab dengan kode-kode HTML kamu bisa menggunakan tampilan ini.

Selanjutnya kita melihat ada toolbar, untuk mengenal fungsi setiap tombolnya kita mulai dari kiri

  • Untuk mencetak tebal (Bold).
  • Untuk mencetak miring (Italic).
  • Untuk membuat tampilan huruf atau kata yang dicoret.
  • Untuk membuat List (Bullet)
  • Untuk membuat List yang berurutan (Numbering)
  • Rata kanan.
  • Rata tengah.
  • Rata kiri.
  • Untuk membuat link.
  • Untuk menghilangkan link.
  • Untuk mengedit atau menginsert gambar.
  • Untuk membuat tampilan yang hanya menampilkan ringkasan dari artikel. Biasanya menggunakan kata Read More .., jika kita mengklik kata tersebut barulah keseluruhan artikel akan ditampilkan.
  • Spell Checker (English Only).
  • Help …
  • Memunculkan atau menyembunyikan tombol tambahan.

Tombol tambahan tersebut adalah:

  • Dropdown menu untuk memformat text.
  • Membuat text yang digaris bawah.
  • Rata kanan dan kiri.
  • Untuk mengubah warna huruf.
  • Mempaste text tanpa mengikutkan format dari text yang dicopy.
  • Mempaste text yang dibuat pada MS Word.
  • Membuat semua format yang ada pada text yang disorot (Highlight)
  • Menghapus kode-kode yang kacau balau.
  • Untuk menginsertkan huruf-huruf yang khusus.
  • Mengembalikan ke keadaan sebelumnya.
  • Sebaliknya.

Selanjutnya kita melihat ada tiga buah tombol, tombol-tombol tersebut adalah :

  • Save and Continue Editing – klik tombol ini untuk menyimpan namun tidak menutup layar editing.
  • Save – klik tombol ini untuk menyimpan hasil editing.
  • Publish – klik tombol ini untuk menampilkan artikel di blog.

Categories

Selanjutnya kita melihat disebelah kiri ada kotak untuk membuat dan mengatur kategori, kategori ini penting untuk mengelompokkan dan mengatur artikel berdasarkan bidang tertentu. Kategori juga penting untuk navigasi yang memudahkan pengunjung memilih artikel yang diminati.

Kategori ini sama dengan label jika di Blogspot, cara membuat kategori di WordPress ini sangat mudah. Kita tinggal memasukkan kata pada kotak, dan klik pada tombol Add. Untuk menambahkan beberapa kategori sekaligus pisahkan dengan tanda koma (,).

Discussion

Dibawah kotak kategori kita melihat kotak Discussion, untuk melihat keseluruhan kotak klik pada tanda Plus (+). Kotak Discussion ini berfungsi untuk membolehkan atau tidak membolehkan komentar.

Post Password

Jika ingin memproteksi artikel yang kita buat, ini akan membuat artikel tersebut hanya bisa dibaca oleh orang yang kita beritahu passwordnya. Gunakan fasilitas ini untuk jika artikel yang kamu buat bersifat pribadi dan tidak ingin diketahui oleh orang lain. Misalnya surat cinta yang kamu ingin hanya bisa dibaca oleh orang yang kamu inginkan.

Post Slug

Post Slug ini fasilitas untuk mempersingkat judul yang panjang, misalnya judul artikel yang kamu buat adalah “Cara membuat blog dengan cepat dan mudah” maka WordPress akan membuatnya menjadi : http://namablog.wordpress.com/2007/05/22/Cara-membuat-blog-dengan-cepat-dan-mudah.html. kita bisa menyingkatnya menjadi http://namablog.wordpress.com/2007/05/22/membuat-blog.html, dengan cara menuliskan membuat blog pada Post Slug.

Post Status

Memperlihatkan status dari artikel yang sedang diedit, Pubished – artikel tersebut sudah bisa dilihat oleh pengunjung, Draft – artikel tersebut belum bisa dilihat oleh pengunjung, untuk membuatnya bisa dilihat oleh pengungjung klik tombol Publish, Private – artikel tersebut bersifat pribadi dan tidak ingin dilihat oleh orang lain.

PostTimestamps

Format dan penanggalan artikel yang kita buat, secara default adalah waktu sekarang jika artikel tersebut baru dibuat sekarang. Namun kita bisa mengubahnya untuk mengubah urutan artikel.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa blog akan menampilkan artikel berdasarkan tanggal pembuatan. Semakin baru maka posisinya semakin diatas.

Upload, Video, SlideShow

Upload untuk mengupload gambar ke blog, Video menampilkan cara untuk menambahkan video pada blog, Slideshow menampilkan cara untuk menampilkan slideshow pada blog.

Yang perlu diperhatikan bahwa WordPress hanya menginjinkan 50 mb untuk penyimpanan, ini juga yang membuat aku jadi agak sedih. Jadi kita harus berhemat, tapi bagaimana jika kita ingin banyak menggunakan gambar. Ada cara untuk ini Kita akan mempelajari nanti.

Trackbacks

Jika kita menemukan artikel dengan tema yang sama dan kita ingin melink artikel tersebut dengan artikel yang kita buat, maka isikanlah alamat artikel yang ingin di link tersebut pada kotak trackbacks ini.

Ini untuk membantu membuat hubungan dengan blogger lain, kalaupun sang blogger yang kita link tidak memberikan tanggapan kita tidak perlu kecewa. Mungkin kita akan mendapat hal lain yang tidak terduga sebelumnya.

Nah setelah kita mengenal WordPress Editor ini dengan lebih baik, kita tidak perlu takut lagi untuk menggunakannya. WordPress Editor ini bukan satu-satunya cara membuat artikel di WordPress, ada banyak tools yang bisa digunakan. Kita akan mempelajarinya nanti.

Mengenal WordPress Admin Panel

Pada bagian sebelumnya kita sudah belajar mengenal Global Dashboard dari WordPress, pada bagian ini kita akan belajar mengenal panel admin dari blog kita di WordPress.com.

Panel ini mirip dengan panel di Global Dashboard jika dilihat secara sekilas, namun ada beberapa perbedaannya. Agar kita tidak bingung dan bisa membedakan antara WordPress Admin (wp-admin) dengan Global Dahsboard, mari kita perlajari WordPress Admin ini.

Cara untuk masuk ke layar wp-admin di WordPress adalah: jika kita berada pada layar Global Dashboard maka kita bisa mengarahkan mouse ke menu Global Dahsboard yang berada pada sudut kiri atas, lalu klik pada nama blog (tergantung nama blog yang dibuat), blog yang aku buat di WordPress ini aku beri nama betenih, seperti gambar dibawah ini:

Wordpress-Panel

Namun jika kita berada pada halaman paling depan setelah login, kita bisa ke wp-admin (admin panel) dengan cara mengklik pada link My Dashboard yang terletak diantara My Account dan New Post.

Seperti yang kita lihat, ada perbedaan antara Global Dashboard dan Wp-Admin ini. Disini kita melihat ada sembilan tab yaitu : Dashboard, Write, Manage, Comments, Blogroll, Presentation, Users, Options,Upgrades. Beberapa hal mungkin sama dengan yang telah dibahas pada Global Dashboard, yang akan kita bahas adalah fungsi yang tidak terdapat pada Global Dashboard.

Write

Pada Tab ini terbagi menjadi 2 sub tab yaitu Write Post dan Write Page. Write Post adalah fasilitas untuk membuat artikel atau posting, pada layar Write Post ini terdapat panel editor Wysiwyg (What You See Is What You Get). Kita bisa menggunakan layar ini untuk membuat atau mengedit artikel. Apa saja kegunaan dari setiap tombol dan menu yang disediakan, dan bagaimana cara menggunakannya akan kita bahas pada artikel yang khusus.

Manage

Manage ini adalah layar untuk mengatur hal-hal yang berhubungan dengan artikel dan postingan yang terdapat pada blog. Manage terbagi dalam 6 sub tab yaitu:

  1. Posts – untuk mengatur postingan (artikel), hal-hal yang bisa kita lakukan disini adalah melihat, mengedit, dan menghapus artikel yang ada. Kita juga bisa mengatur komentar yang terdapat pada artikel yang bersangkutan.
  2. Page – sama seperti pada tab post, hanya saja pada Page tidak terdapat komentar.
  3. Uploads – untuk melihat semua file yang kita upload (video, dll).
  4. Categories – untuk mengatur kategori.
  5. Import – jika kita mempunyai blog lain selain WordPress, kita bisa mengimport isi blog tersebut ke dalam blog di WordPress.
  6. Export – untuk mengeksport semua isi blog.

Blogroll

Blogroll adalah link yang terdapat pada sidebar, kita bisa bertukar link dengan blog atau website lain menggunakan Blogroll ini. Ini bermanfaat bukan hanya untuk menjalin hubungan tapi juga meningkatkan page rank di search engine.

Prsentation

Halaman ini mengatur segala hal yang berhubungan dengan tampilan dari blog, jika kita ingin mengubah hal-hal yang berhubungan dengan tampilan dari blog, carilah disini. Dilayar ini dibagi dalam 6 sub tab yaitu :

  • Themes – untuk mengubah atau memilih theme dari blog, theme ini mungkin sama dengan Template pada Blogspot.
  • Widgets – atau bisa juga disebut sidebar, ini mirip dengan page element pada Blogspot.
  • Extras – untuk mengatur feuture-feuture yang terdapat pada blog.
  • Custom Image Header – kita bisa mengubah gambar atas dari blog melalui layar ini.
  • Color Header – untuk mengubah warna dari header.
  • Edit CSS – untuk mengedit CSS blog.

User

Pada layar ini kita bisa mengatur semua user yang boleh menggunakan blog, jika blog kita adalah milik bersama. Kita bisa mengatur siapa saja yang diijinkan untuk mengisi blog tersebut.

Options

Layar ini untuk mengatur beberapa pilihan yang terdapat pada blog, terdapat 8 macam pilihan yang bisa kita akses yaitu:

  • General – memberikan pilihan untuk mengatur beberapa hal umum yang menyangkut blog, antara lain: Weblog title – judul dari blog, Tagline – keterangan singkat tentang isi blog, Language – bahasa yang digunakan, Membership – mengatur siapa yang boleh berkomentar, E-mail address – alamat email sang empunya blog.
  • Writing – mengatur: Size of the post box – jumlah artikel yang ditampilkan perhalaman, Formatting – format graphic, Default post category – kategori default pada saat membuat artikel baru, Default link category – default link.
  • Reading– mengatur hal-hal sebagai berikut : Front Page – halaman depan yang akan ditampilkan, Blog Pages – jumlah halaman yang ditampilkan, Syndication Feeds – cara menampilkan artikel bagi yang menggunakan feeds, Encoding for pages and feeds – tipe pengkodean.
  • Discussion – mengatur cara pengunjung berhubungan dengan artikel. Usual settings for an article – setting umum artikel, E-mail me whenever – mengatur apakah akan menerima email setiap ada komentar, Before a comment appears – mengatur komentar yang akan ditampilkan, Comment Moderation – mengatur komentar yang diperbolehkan, Comment Blacklist – mengatur kata-kata yang tidak boleh di gunakan dalam komentar.
  • Privacy – mengatur tingkat privacy blog.
  • Delete Blog – untuk menghapus blog.
  • OpenID – jika kita mempunyai website lain, atau website yang kita percaya dan mendukung OpenId Kita bisa login ke website tersebut melalui ini.
  • Domains – jika kamu mempunyai domain lain, kamu bisa mensetup disini.

Setelah kita belajar mengenal Admin Panel di WordPress ini, tampaknya WordPress memang memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh Blogspot. Jadi sangat masuk akal jika kita jadi lebih tertarik untuk belajar WordPress lebih jauh lagi, yok belajar WordPress lebih dalam lagi.

Mengenal Global Dashboard WordPress

Setelah berhasil membuat blog di WordPress, langkah selanjutnya adalah berusaha mengenal Global Dashboard WordPress. Sebab ada petatah bilang Tak kenal maka tak sayang, nah .. biar tambah sayang kita harus mengenal lebih dalam tentang WordPress ini.

Global Dashboard WordPress ini fungsinya sama dengan Dashboard di Blogspot (jika kamu sudah membuat blog di Blogspot). Apa saja yang bisa kita lakukan di Dashboard WordPress ini ? mari kita bahas.

Dari Global Dashboard ini di bagi menjadi 3 bagian Utama, yaitu Dashboard, Profile, dan Upgrades. Ketiga bagian ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda, kita akan mengenal bagian yang pertama yaitu Dashboard.

Pada Tab Dashboard ini kita bisa melihat sub-sub tab dibawahnya yaitu : Dashboard, Blog Stats, Feed Stats, Blog Surfer, My Comments, dan Tag Surfer. Berikut ini penjelasan dari masing-masing Sub Tab tersebut:

Dashboard

Pada layar ini kita bisa melihat beberapa informasi menarik seperti:

WordPress tip – ini adalah tips-tips yang diberikan oleh WordPress, isinya mungkin bergantung situasi dan kondisi blog kita nantinya. Karena pada saat ini blog kita masih baru dan kita belum mempunyai avatar (photo profile) maka WordPress menyarankan untuk mengupload avatar.

Your Stuff – berisi hal-hal terbaru yang terdapat pada blog kita, setiap blog yang baru dibuat secara otomatis WordPress akan membuat beberapa file sebagai berikut :

  • New Post: Hello World!.
  • New Page: About.
  • New Comment: Mr WordPress on Hello World.

What’s hot – berisi informasi-informasi terhangat saat ini, jika kamu suka yang hangat-hangat bisa mencarinya disini. Didalam waht;s hot ini kamu bisa melihat beberapa informasi antara lain:

  • WordPress.com News – berisi berita-berita terbaru dari WordPress.
  • Top WordPress.com blogs today – berisi blog-blog yang populer saat ini, blog-blog ini bisa kita jadikan contoh jika ingin populer juga.
  • Top Posts from around WordPress.com – berisi artikel-artikel yang sedang populer saat ini, ini bisa memberikan kita informasi topik apa yang sedang trend.
  • Fastest Growing WordPress.com blogs – informasi blog-blog yang berkembang dengan cepat, semoga blog kita bisa masuk salah satunya suatu hari nanti.
  • Latest Posts – informasi tentang artikel-artikel terbaru.

Blog Stats

Pada layar ini kita bisa melihat data statistik perkembangan blog yang kita buat. Informasi tersebut sangat berguna untuk menganalisa sudah sejauh mana perkembangan yang kita lakukan. Feuture ini tidak terdapat pada Blogspot, mungkin ini juga yang menjadi salah satu kelebihan dari WordPress. Mungkin suatu hari nanti Tim dari Blogspot akan menambahkan feuture seperti ini.

  • Referrers – menampilkan informasi dari mana pengunjung kita datang, misalnya blog lain, atau dari komunitas yang kita ikuti.
  • Top Posts – artikel kita yang paling banyak mendapat perhatian dari pengunjung. Ini bisa kita jadikan acuan untuk mencari topik yang paling disenangi oleh pengunjung.
  • Search Engine Terms – menampilkan data jumlah pengunjung yang datang dari searc engine.
  • Clicks – link yang paling banyak di klik oleh pengunjung.

Feed Stats

This page is beta, please use the feedback link in the top right to let us know what you think, berarti fasilitas ini masih relatif baru. Mungkin kita bisa melihat data yang menjadi pelanggan blog kita melalui fasilitas Feed.

Blog Surfer

Pada layar ini kita bisa mensetting Friend Surfer, yaitu fasilitas untuk melihat menampilkan posting atau artikel dari blog lain. Kita bisa mengatur blog-blog mana saja yang akan ditampilkan, dan umur artikel tersebut.

My Comments

Fasilitas ini untuk melacak komentar-komentar yang kita buat di blog-blog lain, selama blog-blog tersebut juga menggunakan platform WordPress.com. Fasilitas ini sangat bermanfaat, terutama jika komentar yang kita buat berupa pertanyaan. Jadi kita bisa tahu bila pertanyaan yang disampaikan ada yang memberi tanggapan

Tag Surfer

Fasilitas ini untuk memberikan kemudahan bagi kita mencari artikel-artikel yang mempunyai topik yang sama, cara menggunakannya adalah dengan cara memasukkan topik atau kata yang akan dicara pada kota Subscribed Tags, lalu klik tombol Add. WordPress akan menampilkan artikel-artikel dari blog lain yang juga mempunyai tag yang sama.

Tab yang kedua adalah tab:

Profile

Tab ini untuk mengatur profile kita, kita bisa mengubahnya kapanpun kita inginkan. Infrormasi yang bisa kita isikan pada form profile kita adalah :

  • My Picture – Picture ini juga sebagai Avatar atau wakil dari penampilan kita, untuk mengupload Avatar atau picture ikuti langkah-langkah berikut ini :1) klik pada tombol Browse untuk mencari dan memilih gambar yang akan di upload, 2) klik pada tombol Upload Image, tunggu beberapa saat. 3) pada layar Crop uploaded image tentukanlah area gambar yang ingin diambil lalu klik tombol Crop Image. 4) All done! selesai Avatar siap digunakan.
  • Personal Options – Use the visual rich editor when writing, klik pilihan ini agar pada waktu kita membuat artikel WordPress menampilkan layar edit Wysiwyg.
  • Interface language: – pilih bahasa yang akan digunakan pada tampilan interface, gunakan bahasa Indonesia jika lebih memudahkan.
  • Name – nama pemilik blog.
  • Contact Info – isilah informasi ini jika kamu ingin pengunjung tahu cara menghubungimu.
  • About Yourself – ceritakan secara singkat mengenai dirimu disini.
  • Update Your Password – untuk mengganti password yang lama.

Jangan lupa untuk mengklik tombol Update Profile untuk menyimpan perubahan yang telah kita buat.

Tab yang ketiga adalah tab:

Upgrades

Tab ini untuk yang berjiwa pemurah, berhati emas, dan berdompet tebal. Jika kamu tipe orang yang seperti itu, manfaatkan fasilitas ini, fasilitas ini untuk menyumbangkan sebagian kecil penghasilan yang kamu punya kepada orang yang kamu anggap pantas untuk menerimanya.

Jika dia sudah terdaftar sebagai member di WordPress dia bisa segera mengupgrade keanggotaannya. Seperti yang kamu ketahui (jika sudah), bahwa keanggotaan WordPress dibagi menjadi 2 macam, yaitu yang gratis dan yang bayar.

Nah .. setelah kita mengenal Global Dashboad dari WordPress ini, menurut kamu apa yang membuat WordPress begitu menarik ?

Membuat Alamat Blog di WordPress

Artikel ini adalah artikel lanjutan dari artikel sebelumnya, bacalah artikel sebelumnya yaitu : Cara Membuat Blog di WordPress agar bisa lebih mengerti maksud dari artikel lanjutan ini.

Jika kamu memilih Giveme a Blog maka kamu sudah mempunyai blog, dan alamat blog tersebut sama dengan nama user yang dimasukkan pada waktu membuat blog, untuk lebih jelasnya baca artikel sebelumnya.

Jika pada waktu membuat account di WordPress kita memilih Just a username, please maka pada saat ini kita sesungguhnya belum mempunyai blog. Maksudnya disini adalah kita belum menentukan alamat nama dan alamat blog, untuk itu terlebih dahulu kita harus menentukan alamat blog.

Cara Membuat Alamat Blog di WordPress

Jika pada waktu membuat account kamu memilih Giveme a Blog maka pada saat memasuki Global Dashboard > Blog Stats kamu akan melihat tampilan grafik yang kira-kira seperti ini :

ini merupakan laporan statistik perkembangan blog, kita akan membahasnya nanti. Dan kamu bisa melewatkan yang bagian yang dibahas dibawah ini.

Namun jika pada waktu membuat kita memilih Just a username, please maka pada saat kita memasuki Global Dashboard > Blog Stats kita akan tidak akan melihat grafik seperti diatas, WordPress hanya menampilkan informasi bahwa blog kita belum dibuat, lihat gambar dibawah ini :


Sekarang jika kamu sudah bisa memilih dan menentukan nama dan alamat blog, kita bisa mulai membuatnya dengan cara klik pada link Start one ?, seperti yang terlihat pada gambar diatas. Dan kita akan menuju form untuk membuat alamat blog, seperti gambar di bawah ini :

  • Blog Domain – ini akan menjadi alamat blog yang dibuat, Tips: carilah nama domain yang mudah di kenali dan diingat, jika bisa sertakan juga keyword.
  • Blog Title : Judul dari blog.
  • Languange : Bahasa yang akan dipakai pada blog, jika blog berbahasa Indonesia maka pilihlah Bahasa Indonesia. Hal ini a untuk mempermudah kita nantinya.
  • Privacy : apakah blog kita ingin ditampilkan pada search engine ? conteng bila iya.

Klik pada tombol Create Blog, dan blog kita sudah siap digunakan.

Cara Membuat Blog di WordPress

WordPress adalah salah satu blog platform yang banyak digunakan saat ini, WordPress memberikan banyak kemudahan dan kebebasan bagi blogger untuk memodifikasi dan menginstal pluggins. Mungkin ini yang menjadi salah satu faktor yang membuat WordPress banyak disukai oleh para blogger.

Hal ini juga yang membuat aku menjadi tertarik dan penasaran apa sebenarnya perbedaan antara WordPress dan Blogspot, dimana letak kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahuinya mari kita coba membuat blog di WordPress.

Membuat Blog di WordPress

Untuk mulai membuat blog di WordPress pertama kita harus membuat account di WordPress. Isikanlah data-data yang diminta pada form pendaftaran. Yang perlu diingat adalah alamat Email harus valid, karena melalui alamat email inilah password kita akan diberikan. Pilihan Giveme a Blog maksudnya adalah : jika kita memilih ini maka nama user yang kita gunakan akan menjadi bagian alamat URL blog kita nantinya.

Contoh jika nama user yang dimasukkan adalah namaku maka alamat URL kita nantinya menjadi namaku.wordpress.com. Jika kita memilih Just a username, please maksudnya : kita bisa mengkonfigurasi alamat URL blog secara manual nantinya.

Penting : WordPress tidak seperti Blogspot yang memberikan kesempatan bagi kita untuk mengubah alamat URL blog, sekali alamat tersebut dibuat maka kita tidak bisa mengubahnya lagi. Karena itu pikirkanlah baik-baik dalam menentukan alamat URL ini. Tips : carilah alamat URL blog yang mudah diingat dan sesuai dengan topik dari blog. Klik tombol Next >> jika sudah menetapkan pilihan.

Setelah kita mengklik tombol Next >> WordPress akan mengirimkan nama user dan password untuk login ke email yang kita inputkan sebelumnya. Bukalah email tersebut dan cari yang nama pengirimnya WordPress.com, jika belum ada email tersebut tunggu beberapa saat.

Sambil menunggu kita bisa memasukkan data diri pada form yang ditampilkan selanjutnya, klik tombol Save Profile jika sudah selesai.

Sekarang lihat lagi email kamu, biasanya email yang dikirim WordPress sudah sampai. Buka dan klik pada link yang diberikan untuk mengaktifkan account yang baru saja dibuat. Maka akan mucul tampilan yang berisi pemberitahuan bahwa account kita sudah diaktifkan.

Sekarang kita sudah bisa login menggunakan nama user dan password yang diberikan. Masukkan nama user dan password, klik tombol Login. Selanjutnya kita akan dibawa menuju halaman depan dari WordPress.

Untuk masuk ke Dashboard carilah menu dropdown yang bertuliskan My Account. Lalu pilih Global Dashboard. Dashboard merupakan panel utama kita untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan blog.


Sekarang kita bisa mulai mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan Blog melalui layar Dasboard ini. Dari sisi tampilan ternyata WordPress memang lebih menyenangkan dan nyaman untuk dilihat. Ini juga yang menjadi salah satu faktor yang membuat WordPress disukai.


Nah… menurut kamu mana yang lebih baik ? untuk menjawabnya mungkin sangat tergantung dari masing-masing pribadi. Agar lebih mengenal WordPress kita harus belajar lebih banyak tentang WordPress ini.

Comments
5 Responses to “Belajar Mengenal WordPress Bag II”
  1. Lani Waage says:

    Youre so cool! I dont suppose Ive learn something like this before. So good to search out any individual with some original ideas on this subject. realy thank you for beginning this up. this website is something that’s wanted on the web, somebody with a little bit originality. helpful job for bringing one thing new to the internet!

  2. I just want to tell you that I’m beginner to blogging and site-building and really loved this website. Most likely I’m planning to bookmark your blog . You absolutely come with remarkable writings. Appreciate it for sharing your web site.

  3. biidu says:

    salam kenal saya mau nanya nih gimana cara menghilangkan/mengganti kata “You may use these HTML tagsand attributes” pada komentar wordpress??

  4. Thank you for sharing superb informations. Your web-site is so cool. I am impressed by the details that you’ve on this web site. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this website page, will come back for more articles. You, my pal, ROCK! I found just the info I already searched everywhere and just couldn’t come across. What a perfect web site.

  5. You could certainly see your expertise in the work you write. The world hopes for more passionate writers like you who aren’t afraid to say how they believe. Always go after your heart.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Ebay

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Archives

%d bloggers like this: