Internet


Internet

Visualisasi dari beberapa route pada jaringan Internet.

Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Internet pada saat ini

Representasi grafis dari jaringan WWW (hanya 0.0001% saja).

Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB). Protokol-protokol internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.

Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

Budaya Internet

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.

Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.

Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

Tata tertib Internet

Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.

Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).

Isu moral dan undang-undang

Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.

Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam internet.

Akses Internet

Anak-anak sedang menggunakan komputer untuk mengakses internet.

Negara dengan akses internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar – Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat “perangkap jebakan” agar supaya si pengguna internet bayar lebih mahal sampai ber juta-juta rupiah!!, lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses internet adalah di kampus dan di kantor.

Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga bisa mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.

Penggunaan Internet di tempat umum

Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan internet termasuk perpustakaan, dan internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.

Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses internet.

Tokoh-tokoh Internet

  • Timothy Berners Lee pencipta WWW (World Wide Web)
  • Roy Tomlinson pencipta @ (at) pada alamat surat e-mail

BUAT sendiri WEB-SITE-mu !

Apa itu Website? Website yang juga disebut dengan Web atau Homepage adalah dokumen dalam Internet. Contoh Website: http://www.nama-anda.com/, http://www.nama-anda.co.id/. Sedangkan contoh free Website adalah: http://www.geocities.com/nama-anda. Contoh lain free Website adalah: http://nama-anda.tripod.com. Setelah Anda memiliki Website, Anda dapat menggunakan Webiste Anda untuk mempromosikan usaha Anda, professi Anda atau yang lain.
Selain itu, setelah Anda memiliki Website, Anda juga sudah dapat mengikuti Affiliate Program untuk mendapatkan uang dengan Website Anda. Untuk membuat Website gratis, daftarkanlah diri Anda ke salah satu Free Hosting di bawah ini:
FREE HOSTING:

  • Geocities
  • Tripod
  • Angelfire
  • Hypermart
  • WordPress
  • Dan lain-lain…

LANGKAH-LANGKAH  MEMBUAT WEBSITE:

  1. Beli ruangan dengan nama domain yang Anda inginkan, atau daftarkan diri Anda ke salah satu Free Hosting di atas.
  2. Rancang Website Anda dengan FrontPage, CuteHTML atau yang lain.
  3. Promosikan usaha Anda dan ikuti Affiliate Program.
  4. Masukkan Website Anda ke dalam server Anda.
  5. Selesai!

Jika Anda ingin memiliki Website berakhiran .com – misalnya http://www.nama-anda.com, Anda bisa membelinya ke perusahaan Web Hosting yang ada di kota Anda, atau ke perusahaan Web Hosting yang ada di Internet. diantaranya http://www.medannic.com/ , http://www.gkg.net/ , http://www.namebargain.com/ http://www.namadomain.com/

Webhosting

Apa itu Web Hosting? Web Hosting yang juga disebut dengan Web Server adalah penyedia ruangan (space atau domain) dalam Internet. Agar kita dapat memasukkan Website kita ke dalam Internet, maka kita harus memiliki ruangan terlebih dahulu dalam Internet. Setelah kita memiliki ruangan dalam Internet, barulah kita dapat memasukkan Website kita ke dalam Internet (ke dalam ruangan yang telah kita miliki tadi). Agar kita dapat memiliki ruangan, maka kita harus membelinya ke salah satu perusahaan Web Hosting, Anda bisa membelinya ke perusahaan Web Hosting yang ada di kota Anda atau ke perusahaan Web Hosting yang ada di Internet. Di Internet terdapat cukup banyak perusahaan Web Hosting, dan masing-masing Web Hosting memberikan harga yang bervariasi (tergantung fasilitas yang mereka sediakan), dan juga harganya tergantung kapasitas (besarnya) ruangan yang Anda inginkan. Semakin besar ruangan yang Anda inginkan, maka harganya akan semakin mahal. Selain itu harga juga tergantung nama domain yang Anda inginkan. Sebagai contoh, .com lebih mahal dibandingkan .net, .org. .co.id dan lain-lain. Dengan membeli ruangan, maka alamat Internet Anda akan seperti ini: http://www.nama-anda.com/, http://www.nama-anda.net/ atau yang lain. Langkah selanjutnya adalah merancang Website dengan FrontPage atau yang lain, kemudian memasukkannya ke dalam server Anda.
Selain membeli ruangan ke salah satu Web Server (Web Hosting), di Internet juga terdapat penyedia ruangan gratis (yang lazim dikenal dengan Free Hosting atau Free Website), misalnya Tripod, Geocities dan lain-lain. Tetapi dengan Tripod, maka alamat Internet kita tidak dapat seperti di atas, tetapi seperti ini: http://nama-anda.tripod.com, dan jika Anda member Geocities maka alamat Internet Anda adalah sebagai berikut: http://www.gecocities.com/nama-anda.

Bagi pemula dengan sedikit keterampilan komputer dapat membuat homepage sendiri (secara offline) menggunakan tool-tool yang familiar dan cukup mudah digunakan seperti :

  • Microsoft Word 97
  • Microsoft FrontPage Express (disertakan dalam MS Internet Explorer 4 / Windows 98 [bukan 98SE])
  • Microsoft FrontPage
  • Netscape Composer (disertakan dalam Netscape Communicator 4.x)
  • Dreamweaver

Berikut ini cara membuat satu halaman web dengan ketiga tool di atas.

  1. Microsoft Word 97/2000/XP
    Membuat halaman web menggunakan MS Word 97 sangat mudah. Anda tinggal membuat suatu dokumen/tulisan seperti membuat file word biasa lalu pilih menu File–> Save as…–> pilih file type HTML (paling bawah) dan press OK. dan file anda akan tersimpan dengan ekstensi .html dan bisa dibuka dengan MS Internet Explorer atau Netscape Navigator.
    Cara lain dapat dilakukan dengan memilih menu File–>New lalu pilih tab Web Pages pada pop-up window yang muncul lalu pilih salah satu template yang tersedia. Jika memilih web page wizard Anda akan dituntun langkah demi langkah menciptakan halaman web yang profesional (dalam bahasa Inggris tentunya)
  2. Microsoft FrontPage Express
    Anda bisa memulai dengan memilih File–>New, bila keluar pop-up window, pilihlah salah satu tutorial yang tersedia, ikuti langkah demi langkah sampai selesai dan setelah selesai dapat anda edit sendiri dan disimpan dengan ekstensi .htm dan dapat dibaca dengan browser.
  3. Netscape Composer
    Penggunaannya mirip dengan FrontPage Express,namun nemiliki keunggulan yaitu dengan sekali klik pada tombol preview, rancangan anda dapat langsung disaksikan dalam browser, dan dilengkapi dengan tool untuk upload ke server. namun, tidak disediakan wizard/tutorial untuk pembuatan halaman web. Anda harus merancang sendiri dengan pendekatan desktop publishing. Jangan takut dengan karakter-karakter kontrol (tag) HTML yang dimunculkan, (berupa bentuk panah/trapesium), itu tidak akan terlihat di browser.

Sebelum mulai membuat halaman web sendiri kita perhatikan mengenai istilah hyperlink, yaitu properti yang mengaitkan suatu objek (gambar/tulisan) ke sumber daya internet seperti website lain (http), mail (mailto), atau FTP (ftp) yang biasanya terlihat di browser sebagai tulisan bergaris bawah berwarna biru dan bisa diklik. Hyperlink ini adalah komponen dasar suatu halaman web.

Cara membuat hyperlink :

  1. MS Word 97/2000/XP :
    Blok tulisan/gambar yang hendak dijadikan hyperlink, lalu klik tombol bergambar bola dunia biru atau tekan ctrl+K atau pilih menu Insert–> hyperlink,lalu isi alamat yang dituju (misal http://lawnosta.freeservers.com/ atau mailto:nyet@plasa.com)
  2. MS FrontPage Express
    Sama dengan di atas
  3. Netscape Composer
    Blok tulisan yang hendak dijadikan hyperlink, lalu klik tombol bergambar rantai atau tekan ctrl+shift+L atau pilih menu Insert–> link, lalu isi alamat yang dituju (misal http://lawnosta.freeservers.com/ atau mailto:nyet@plasa.com)

Tips dan Triks :

  • Selain tulisan, gambar juga bisa dijadikan hyperlink, caranya sama dengan di atas (kalo nggak salah)
  • Pakailah tabel untuk mempermudah layout, caranya sama dengan penggunaan table pada MS Word
  • Untuk mengubah background gunakan menu format –> background, lalu pilih antara warna (solid background) atau gambar (tiled background)

Membuat Homepage Sendiri dengan Menggunakan Microsoft Word 97

Microsoft Word 97 menyediakan fasilitas untuk membuat halaman web (selanjutnya disebut homepage) dengan mudah, terutama bagi mereka yang sudah menguasai aplikasi word processing, khususnya MS Word, namun malas atau mengalami kesulitan untuk mempelajari HTML (Hypertext Markup Language) sebagai komponen dasar perancangan homepage.

Cara termudah untuk membuat homepage dengan mempergunakan MS Word 97 adalah dengan merancang homepage layaknya dokumen tertulis biasa, atau lebih tepat dikatakan sebagai perancangan buletin / brosur mengenai diri kita lengkap dengan gambar (gunakan perintah insert –> picture –> …from file, lalu cari nama file gambar yang akan dimasukkan) atau clipart (gunakan perintah insert –> clipart, lalu pilih gambar yang disukai dari clipart gallery yang tersedia). Setelah selesai, gunakan menu File –> Save as HTML, dan dokumen kita sudah tersimpan sebagai sebuah homepage dengan ekstensi .html yang bisa dibaca dengan menggunakan browser (Netscape/Internet Explorer).

Perancangan lebih lanjut adalah menggunakan komponen-komponen penyusun halaman web, yaitu :

  1. Hyperlink (atau biasa disingkat dengan link saja) : yang biasanya berbentuk teks berwarna biru dan bergaris bawah dan bisa diklik (pointer mouse akan berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menunjuk. Dalam bentuk lain, hyperlink bisa juga berbentuk gambar atau image map (satu gambar dengan banyak link). Link ini dapat berupa link internal (menghubungkan dengan halaman lain dalam satu website) atau eksternal (menghubungkan dengan website lain). Membuat link dengan cara mengeblok teks yang akan dijadikan link lalu pilih menu insert –> hyperlink, lalu masukkan alamat URL (website lain) atau file lain yang dituju.
  2. Background : Dulu, halaman web hanya berbentuk teks dan link dengan latar belakang abu-abu. namun sekarang background suatu halaman web dapat disesuaikan dengan selera, berupa warna saja, atau gambar. Di MS Word 97, ubahlah background dengan menu format –> background, pilih warna yang disukai, atau fill effects untuk background gambar (disediakan bermacam-macam background (coba cari di C:\Program Files\Microsoft Office\Office\Templates)

Setelah selesai membuat halaman web (homepage) sebanyak satu atau lebih halaman, tentunya kita ingin menampilkannya di internet untuk dapat diakses oleh orang yang mengakses internet (surfing). Untuk itu diperlukan yang namanya web server. Web server ini digunakan untuk menyimpan halaman web kita untuk diakses setiap saat. PC apapun bisa dijadikan web server (dengan program Personal Web Server dari Windows 98/FrontPage, misalnya) namun PC itu harus terkoneksi ke internet selama 24 jam sehari :( . Untuk itulah sebaiknya kita menggunakan web hosting, yaitu web server yang bisa digunakan oleh umum. Web Hosting ini ada yang gratis (misalnya FreeServers, GeoCities, Homestead, MSN Homepages, atau AcmeCity) dan ada yang bayar (misalnya IndoGlobal, Cakraweb, atau K-Net). Untuk pembahasan kali ini digunakan contoh FreeServers (http://www.freeservers.com/).

Untuk bisa menggunakan jasa web hosting gratis dari FreeServers, pertama-tama kita harus mendaftarkan diri dulu. Setelah mengakses homepage FreeServers (http://www.freeservers.com/), perhatikan bagian tengah di mana terdapat tiga prosedur awal untuk mendaftarkan diri.

Mula-mula, kita memilih primary name (nama situs web kita) dan mengisikannya di kotak yang tersedia, lalu memilih domain name yang tersedia dalam drop-down list (gunakan mouse untuk memilih dari sekitar 10 pilihan). Nama situs kita nanti akan berbentuk : primaryname.domainname (misalnya : lawnosta.freeservers.com). Kemudian klik tombol GO untuk memeriksa ketersediaan nama situs kita (sudah dipakai atau belum).

Bila nama yang kita pilih sudah terdaftar atas nama orang lain, FreeServers akan menampilkan daftar nama alternatif yang mirip dengan yang kita pilih sebelumnya. Kita tinggal memilih salah satu, atau membuat nama yang baru.

Bila nama yang kita pilih belum pernah terdaftar di FreeServers, maka kita akan diminta mengisi form tentang identitas pribadi kita. Perhatikan bahwa hanya item isian bertanda * berwarna merah yang wajib diisi. Setelah selesai, kita akan dikirimi kode aktivasi account FreeServers kita ke alamat email yang kita isikan pada form pendaftaran. Kita harus membuka email berisi kode ini terlebih dahulu. Dalam email itu terdapat link yang mengantarkan kita ke tahap terakhir pendaftaran lengkap dengan kode aktivasi yang harus diisikan pada form yang muncul. Setelah memasukkan kode aktivasi yang benar, account FreeServers kita siap digunakan.

Setelah memasukkan kode aktivasi, biasanya muncul pilihan untuk mulai membuat homepage dari awal (dengan Quick Site Builder), memindahkan situs yang sudah kita buat di tempat lain (menggunakan Site Copier), dan lain-lain. Untuk yang sudah membuat halaman web secara offline, kita akan menggunakan Web Manager. Untuk itu, kita harus login dari awal, kembali ke <http://www.freeservers.com/&gt;, tuliskan nama situs kita (<http://>…), username, dan password lalu klik OK, kita akan memasuki user menu.

Di halaman user menu, klik pada tulisan Easy Web Manager. Sebuah window browser baru akan muncul (pop up). Pada window inilah web manager aktif.

Web manager FreeServers berpenampilan mirip Windows Explorer. Di bagian kiri adalah “drive” penyimpanan homepage kita, di sebelah kanan adalah file-file homepage kita. Untuk meng-upload homepage kita gunakan kotak yang tersedia di bagian kanan bawah (ada 5 kotak), yang dapat kita gunakan untuk meng-upload sampai 5 file sekaligus. Kita tinggal mem-browse satu per satu file yang akan diupload dan klik tombol upload, dan tunggu beberapa saat sampai nama-nama file yang kita upload muncul di web manager sebelah kanan. Yang harus diupload adalah file-file HTML (berekstensi .htm atau .html) dan file-file pendukung (biasanya berupa gambar berekstensi .gif dan .jpg)

Tip dan Trik

  1. Halaman pertama yang akan dibuka oleh browser untuk homepage di FreeServers adalah file main.html yang secara default sudah dibuatkan oleh FreeServers. File ini dapat kita edit dengan mengklik tulisan edit di belakang nama file (file akan diedit dalam format HTML)
  2. Cara lain yang lebih mudah adalah mengganti nama homepage utama kita dengan main.htm atau main.html atau index.htm atau index.html (file index akan dibaca lebih dahulu dibandingkan main).
  3. Untuk memudahkan pengaturan dan perawatan situs web kita, sebaiknya file-file pendukung (gambar .gif, .jpg) dibuatkan satu folder tersendiri (images/pictures/graphics misalnya). Gunakan tombol create directory dan isikan nama directory yang diinginkan (bila lebih dari satu, gunakan spasi). Nama directory tidak boleh mengandung spasi.
  4. Untuk lebih memudahkan mengedit situs web kita, kita sebaiknya membuat folder khusus untuk situs web kita di harddisk (c:/my documents/homepages misalnya) yang strukturnya mirip dengan struktur situs web kita di FreeServers (nama file, subdirectory dll). Ini juga akan memudahkan saat kita akan mengupload dari komputer lain (warnet), kita tinggal mengkopi keseluruhan direktori ke dalam floppy disk.

Menyusun Sebuah Website

Sebuah website yang baik terdiri atas beberapa halaman web yang saling berkaitan, dihubungkan dengan link, dan disusun secara sistematis. Untuk memahami konsep sebuah website, dapat diumpamakan dengan dengan sebuah bangunan, yang pertama kita lihat / kunjungi adalah lobi / ruang tamunya, yang dapat dipersamakan dengan homepage. Selanjutnya kita dapat menuju ke bagian yang kita tuju, seperti ruang makan, ruang duduk, dapur, atau kamar kecil, dan dari masing-masing tujuan itu kita dapat menemukan jalan menuju ruangan-ruangan lain, dan ada jalur untuk kembali ke tempat kita memulai (homepage). Konsep website tidaklah sesederhana itu, bila mau bisa diambil model sebuah kota atau perumahan, dengan gerbang masuknya sebagai homepage yang di situ kita dapat melihat jalur-jalur menuju again tertentu di kota, seperti balai kota, kantor polisi, pertokoan, rumah makan, sekolah, atau tempat hiburan.

Bila kita melihat lebih jauh, setiap halaman web terdiri atas komponen-komponen :

  1. File-file HTML berisi kode-kode HTML yang akan diterjemahkan oleh browser manjadi tampilan satu halaman web seutuhnya. File ini biasanya berakhiran .htm atau .html
  2. File-file image (gambar, foto, icon, banner), yang terpisah dari file HTML dan dapat digunakan secara bersama oleh dua file HTML atau lebih.
  3. File-file aplikasi berupa CGI, ASP, PHP, atau CFML yang berisi kode-kode pemrograman khusus yang menjalankan aplikasi tertentu, seperti form submitting, guestbook, atau database.
  4. File-file animasi dan multimedia dalam format .wav, .mid, .mp3, .ram, Flash, ShockWave, QuickTime, atau .avi yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan bantuan plug-in atau aplikasi yang khusus menjalankan file-file tersebut.

Ada baiknya sebelum membuat sebuah website kita merencanakan semacam daftar isi dan diagram yang berisi halaman-halaman web dari daftar isi, hirarki, dan keterkaitannya satu sama lain. Hirarki yang dimaksud adalah dengan menempatkan homepage ( halaman muka) pada tingkat teratas dan selanjutnya digambarkan halaman-halaman lain di bawahnya, dan seterusnya ke bawah dengan keterkaitannya dengan tingkat di atasnya.

Beberapa tip dan trik untuk menyusun sebuah website :

  1. Homepage (halaman depan) adalah kesan pertama bagi pengunjung website anda, maka buatlah halaman depan anda semenarik mungkin dan seinformatif mungkin untuk memudahkan pengunjung menjelajahi website anda. Namun harus diingat juga untuk membuat homepage yang cepat diakses agar pengunjung anda tidak bosan menunggu selesainya homepage anda di-load. Dalam arti, pintar-pintarlah mengatur konposisi teks, gambar, animasi, dan multimedia di homepage.
  2. Susunlah website anda secara modular, dalam arti mengelompokkan jenis-jenis file di atas dalam folder-folder tersendiri, misalnya dengan menempatkan semua file HTML di root directory web server anda, file-file gambar dalam folder /images, file animasi dalam folder /anim, dan file multimedia dalam folder /media, dst.
  3. Jangan terlalu banyak memasang file gambar atau multimedia dan animasi dalam satu halaman web, apalagi yang berukuran besar (dalam byte, bukan ukuran). Optimasi file-file gambar anda dengan menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Adobe Photoshop 5.5, Adobe ImageReady, Macromedia FireWorks, JPEG Optimizer, GIF Cruncher, dll. Pilih format .gif atau .png untuk image dengan warna tak lebih dari 256 (8 bit), gambar icon, simbol, divider, border, background, atau image yang warnanya hanya satu yang dominan. Pilih format .jpg untuk gambar-gambar foto yang harus mengandung 16,7 juta warna (24 bit). Untuk tiap satu halaman web, pergunakan maksimum tiga image ukuran sedang atau saat image besar (1/2 halaman). Untuk menampilkan image berukuran besar, pertimbangkan menggunakan thumbnail (preview image yang sama berukuran lebih kecil) yang di-link dengan image sesungguhnya.
  4. Buatlah file template yang berisi background, link-link navigasi, pernyataan copyright, dan layout halaman secara umum untuk memudahkan pembuatan halaman-halaman lain yang sejenis dalam satu website. Simpanlah file template ini dalam folder tersendiri.
  5. Buatlah navigasi website anda semudah mungkin, bila perlu dengan gambar (icon) dan tulisan di bawahnya. Buatlah navigasi minimal di dua tempat, di atas dan di bawah halaman. Jika anda menggunakan frame, navigasi dapat ditempatkan pada frame tersendiri, dan harus ada navigasi berupa teks hyperlink, jangan menggunakan gambar/icon untuk semua navigasi karena akan membingungkan pengunjung. Halaman yang hanya menggunakan gambar atau selain tulisan yang langsung terlihat untuk navigasi dinamakan Mystery Meat Navigation.

Link-Link Penting bagi Para Web Designer Pemula

Penyedia Web Hosting Gratis

HostingKristiani

Yahoo! GeoCities

TriPod

AngelFire

Xoom

FreeServers

HomeStead

Crosswinds

MSN HomePages

Netscape SiteCentral

Homepage.com

HyperMart

BolehCity

Fortune City

Acme City

TreeWay

Direktori Sumber Daya Gratis untuk Website

  1. My Computer
  2. Everyone.net
  3. Free Site Templates
  4. 123 Website
  5. Cool Text
  6. Free Graphics
  7. Free Stock Photos
  8. Wav Central
  9. Animation Factory
  10. Free Shockwave Game

Sumber Daya Pemrograman HTML dan Desain

  1. Cnet Builder
  2. Web Developer
  3. Web Monkey
  4. WebTools
  5. SitePoint

Aplikasi Pembuat Website (freeware)

  1. EvrSoft 1st Page 2000
  2. Netscape Composer
  3. MS FrontPage Express
  4. Arachnophilia
  5. AOL Press
  6. Amaya

Beberapa Tips untuk Membuat Situs Web Menjadi Lebih ‘Populer’

Rachmat, Eric & Onno W. Purbo

Anda/organisasi Anda memiliki sebuah situs web yang contentnya cukup menarik namun pengunjungnya hanya sedikit? Atau meskipun pengunjung banyak namun mereka tidak terlalu banyak mengeksplor website Anda? Ataupun banyak pengunjung yang tidak betah di website Anda? Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Dan uniknya, seringkali yang dibutuhkan hanyalah ide-ide yang cukup sederhana dan mungkin tanpa perlu usaha yang terlalu berat.

Anda tidak perlu menjadi seorang yang super jenius atau super brilian untuk memunculkan ide-ide seperti itu., Anda cukup memiliki kepekaan terhadap dunia internet dan budaya yang ada di dalamnya. Sebagai seorang pengelola situs web yang baik Anda harus bisa menerima feedback dari para penjelajah situs Anda dan juga harus bisa melihat trend yang ada di dunia luar.

Melalui artikel ini dicoba dimunculkan beberapa ide-ide sederhana yang berasal dari berbagai sumber termasuk dari beberapa pakar web (web designer, web author, dan lain-lain) berdasarkan pengamatan terhadap para penjelajah internet maupun terhadap beberapa website yang ada. Anda dapat memunculkan sendiri ide-ide brilian milik Anda, cukup dengan memperluas wawasan Anda terhadap trend, budaya, dan kemajuan teknologi yang ada di dalam ataupun di luar dunia internet. Lalu tuangkan saja ide Anda itu ke dalam website Anda dan lihat saja hasilnya setelah itu ambil feedback (masukan/kritik/saran/pujian) untuk penyempurnaan lebih lanjut.

Proses Loading Situs Web Harus Cepat

Terkadang suatu situs web yang memiliki content yang menarik ataupun yang memiliki desain yang indah, kurang mendapat perhatian dari penjelajah internet. Itu bisa terjadi bila situs tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama untuk loadingnya (terutama masalah loading image) dan hal ini akan membuat pengunjung situs menjadi bosan.

Para pengguna internet menginginkan informasi yang tersaji dengan cepat. Bayangkan saja betapa bosannya seorang pengunjung web manakala harus menunggu relatif lama untuk dapat mendownload keseluruhan sebuah halaman web. Ia bisa saja mengklik tombol Stop untuk mematikan proses download halaman kemudian mematikan fasilitas auto load image dari browsernya atau malah pindah ke halaman lain yang lebih cepat.

Sepertinya hal tersebut sepele, namun bila tidak diantisipasi maka jerih payah Anda membangun suatu situs yang menarik dan indah akan menjadi usaha yang sia-sia. Karena kendala kecepatan akses inilah maka penerapan teknik desain cetak tradisional termasuk teknik interaktif multimedia pada situs Anda harus dipikirkan dengan matang.

Oleh karenanya, dalam membuat suatu situs perlu diperhatikan pembuatan desain web maupun grafis yang indah tapi dari segi ukuran file-filenya cukup kecil. Hal tersebut perlu dipikirkan untuk mengantisipasi para pengunjung situs yang koneksi internetnya tidak terlalu cepat.

Format file image yang efektif

Salah satu masalah yang berkaitan dengan hal tersebut adalah masalah file image. Dalam dunia web kita bisa melihat proses loading berbagai format file image. Dan diantara format-format yang ada, yang sering digunakan adalah format JPEG dan GIF.

Berkaitan dengan masalah ukuran file dan proses loading maka penggunaan format image yang tepat merupakan syarat utama :

1.       Gunakan format GIF bila :

  • Gambar Anda banyak berisi area kosong besar dan warnanya datar
  • Anda ingin meyakinkan bahwa grafik Anda dapat diterima oleh semua browser dan platform
  • Anda ingin membuat area di grafik menjadi transparan.

2.       Gunakan format JPEG bila :

Grafik Anda memiliki tonal yang bervariasi
Grafik Anda adalah fotografi penuh warna

Buat beberapa versi dari situs Anda

Saat ini teknologi web berkembang dengan pesat, di satu sisi hal itu memacu para desainer web/web author untuk membuat halaman-halaman web yang semakin indah dan canggih. Namun di sisi lain, hal itu juga berarti kebutuhan kecepatan akses yang semakin tinggi.

Oleh karena itu, bila Anda mendesain/membuat sebuah situs web dan jika server situs Anda masih memiliki sisa ruang yang cukup besar maka bisa dibuat beberapa versi situs. Misalnya situs versi A untuk pengunjung yang memiliki koneksi internet yang relatif cepat (bisa dilihat di bagian selanjutnya) dan situs versi B untuk pengunjung yang memiliki koneksi internet yang relatif lambat.

Contoh :

°       Beberapa situs menyediakan versi HTML standar dan versi Shocked-nya yang membutuhkan plug-in tambahan dan tentunya kecepatan akses yang lebih cepat. Contoh situsnya adalah : http://www.fightthefuture.com

°      Ada juga yang menyediakan versi text only dan text and images

Gunakan Teknologi Web yang Semakin Canggih

Ada beberapa situs yang dibuat dengan menggunakan bantuan software-software canggih seperti Flash, Dreamweaver ataupun menggunakan teknologi Active X, Dynamic HTML, Java, JavaScript, dan lain-lain. Beberapa diantara situs-situs tersebut  memang dimaksudkan untuk menunjukkan kepiawaian pengelola/desainer situs web memasukkan beragam teknologi tersebut ke dalam situs mereka dan ditujukan untuk pengunjung situs yang memiliki koneksi yang cepat ke internet.

Beberapa teknologi web

  • Bahasa pemrograman Java yang merupakan sebuah bahasa pemrograman berbasis objek yang dapat diintegrasikan dengan file HTML melalui objek khusus yang disebut applet.

Beberapa keuntungan menggunakan Java :

–          merupakan subset dari C++

–          bisa dipakai ulang (reusable) dan berorientasi objek

–          memungkinkan pembangunan situs yang interaktif

Beberapa kerugian/batasan dari penggunaan Java :

–          Masih belum ada standardisasinya

–          Masih belum dapat mensuport semua platform

Namun dengan dukungan dari beberapa pabrik browser besar seperti Netscape dan Microsoft maka penggunaan Java akan semakin maju.

Selain Java kita juga mengenal JavaScript, JavaScript merupakan bahasa scripting yang berbeda dengan Java walaupun memiliki struktur bahasa dan konsep eksekusi yang mirip.

Contoh penggunaan Java dan JavaScript : reminder, kalender, shopping cart, kalkulator, dan lain-lain

  • Teknologi CGI yang merupakan mekanisme komunikasi interaktif client-server. Dengan menggunakan CGI maka pengunjung dapat melakukan interaksi dengan situs web secara interaktif. Script CGI dapat dibuat dengan menggunakan Perl, shell Unix, C, ataupun bahasa pemrograman lainnya.

Beberapa keunggulan CGI :

–          relatif lebih cepat dari Java

–          disupport oleh berbagai platform client dan server

–          bisa digunakan oleh client yang menggunakan broser berbasis grafik (Netscape, IE dan lain-lain) ataupun yang berbasis text (lynx pada UNIX)

Kelemahan/batasan CGI :

–          menghabiskan relatif lebih banyak waktu proses dibandingkan Java

Contoh penggunaan CGI : search engine, akses database, webmail, eCard, dan lain-lain.

  • Teknologi shockwave dari Macromedia, membuat dokumen Director dapat dimainkan pada Web. Director telah biasa dipergunakan, setidak-tidaknya bagi para desainer aplikasi interaktif, yang dipercaya sebagai peranti penciptaan aplikasi multimedia yang mewah. Dengan menggunakan aplikasi Afterburner, programmer director dapat mengompres dan menciptakan dokumen Shockwave yang dapat dilihat dari berbagai browser yang telah diinstall Plug-In Shockwave.

Plug-in

Untuk dapat menikmati teknologi-teknologi web tersebut, tak jarang pengunjung situs harus memiliki plugins khusus untuk browser mereka. Sebagai contoh :

Tips

Situs yang baik juga akan menyediakan link bagi pengunjung situs menuju ke tempat download plugins yang dibutuhkan.

Proses loading dari situs-situs web tersebut biasanya memakan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan situs-situs yang ‘biasa’. Disarankan agar dibuat beberapa versi dari situs yang Anda buat seperti telah disebutkan pada bagian sebelumnya.

Berikan Sesuatu yang Gratis untuk Pengunjung Situs Anda

Mencari sesuatu yang gratis/dengan biaya murah merupakan suatu sifat dasar manusia yang tidak bisa dipungkiri. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan popularitas website Anda.

1.       Membuat link khusus ke tempat-tempat yang memiliki sesuatu yang gratis.

Hal ini bisa dilakukan untuk membuat website kita lebih menarik tanpa harus membuat suatu produk tertentu. Anda terlebih dahulu harus menentukan barang-barang gratis macam apa yang ingin Anda tampilkan. Setelah itu cari situs yang menyediakan barang-barang tersebut lalu cantumkan alamat situs tersebut dalam situs web Anda. Sebaiknya untuk pencantuman link ini, Anda memberitahu pemilik situs tersebut agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Beberapa contoh barang gratis yang diminati penjelajah internet dan bisa Anda cari situs-situs penyedianya: Manual/On Line eBooks, poster, gambar/icon, music (mp3/midi), movie clip, CD,  dan lain-lain.

2.       Menyediakan sesuatu yang gratis dari website kita (contoh Intel, Oracle, Sun)

Beberapa situs di internet menawarkan barang-barang gratis milik/produksi mereka sendiri. Hal ini bisa dilakukan untuk media promosi dari suatu perusahaan/organisasi yang memiliki kemampuan keuangan yang sangat baik.

Sebagai contoh :

–          Langganan CD Gratis yang bisa berisi shareware, info produk, dan lain-lain. Hal ini sudah dilakukan oleh Intel, Sun, dan lain-lain.

–          Langganan Majalah gratis yang berkaitan dengan content situs yang dikelola. Sebagai contoh anda bisa mengunjungi Oracle Magazine (http://www.oramag.com)

–          Katalog dari produk-produk yang ditawarkan. Contohnya adalah http://www.artrock.com

–          Contoh (Sample) produk seperti komponen-komponen elektronik (transistor, op-amp, dan lain-lain), software evaluation version, dan lain-lain.

–          Databook yang berguna untuk mencari referensi dari sebuah produk. Contohnya: Intel (http://www.intel.com) , mereka menyediakan berbagai data mengenai produk mereka seperti mikroprosesor, mikrokontroler, dan lain-lain yang digabung dalam beberapa buku (databook).

3.       Sediakan layanan-layanan gratis yang dapat menarik pengunjung sekaligus sebagai media promosi. Ini berkaitan dengan teknologi web yang telah dibahas pada bagian sebelumnya. Contohnya adalah layanan electronics Cards gratis yang masing-masing cardnya bisa berisi link menuju situs Anda.

Buat Isi Homepage Anda Selalu Baru (Update)

Suatu situs web yang baik akan selalu menunjukkan aktivitas updating content yang baik. Dengan semakin seringnya content diperbaharui (ditambah, diganti, dikoreksi, diperiksa link-nya, dan lain-lain) menunjukkan kepada penjelajah situs bahwa memang situs anda adalah situs yang benar-benar terurus.

Hal seperti ini sangat direkomendasikan untuk situs-situs penyedia informasi di mana informasinya itu sering berkembang dalam rentang waktu yang singkat, seperti situs-situs majalah, koran, bursa, dan lain-lain.

Ada berbagai cara untuk melakukan proses update ini :

1.       Secara manual : Anda update sendiri halaman-halaman web Anda dengan editor HTML yang ada, kemudian save dan upload

2.       Secara otomatis : Anda bisa menggunakan teknologi web yang telah ada untuk mempermudah proses updating misalnya menggunakan CGI atau teknologi lainnya sehingga memudahkan pengelola situs untuk terus memperbaharui situsnya.

Menambahkan  feature-feature yang menarik.

Dari berbagai teknologi web yang telah dikenal maka Anda dapat membuat suatu layanan/feature khusus dari situs web Anda yang dapat menarik perhatian pengunjung. Ide dasarnya adalah menarik pengunjung dengan fasilitas/layanan yang disediakan kemudian membuat mereka penasaran untuk  mengeksplorasi lebih lanjut situs web kita.

Beberapa contoh layanan tersebut adalah eCard, search engine, discussion room, chat room, free hit counter, dan lain-lain.

Ada beberapa cara untuk membuat pengunjung tertarik dengan situs web kita:

–          link dari search engine/situs lain diarahkan menuju halaman utama dari situs kita, sehingga memaksa pengunjung untuk mengeksplorasi situs kita lebih lanjut.

–          link dari search engine/situs lain langsung diarahkan menuju halaman yang berisi fasilitas yang ditawarkan. Dan dari setiap layanan yang diberikan, pengunjung ‘dibujuk’ untuk melakukan eksplorasi lebih jauh. ‘Bujukan’ itu sendiri bisa berupa beberapa preview image yang menarik, banner, dan lain-lain.

Iklan Website.

Agar situs web Anda dapat dikenal maka Anda harus melakukan promosi mengenai web Anda. Ada banyak cara, diantaranya :

1.       Daftarkan search engine yang paling banyak diakses (contoh : yahoo, altavista, infoseek, dan lain-lain).

2.       Bisa juga melakukan promosi melalui produk, majalah, katalog, eCards, layanan webmail, banner, dan lain-lain.

3.       Selain itu Anda bisa juga menggunakan sarana IRC jika memang diijinkan, memungkinkan, dan sesuai dengan isi/tema dari channel IRC tersebut.

Penutup

Contoh-contoh di atas merupakan beberapa contoh ide yang bisa dimunculkan untuk membuat web Anda lebih ‘populer’. Dan penulis yakin bahwa banyak di antara pembaca yang bisa memunculkan ide yang jauh lebih baik dan orisinil. Akhir kata, semoga Anda bisa bekarya dengan lebih baik lagi dan membuat dunia internet Indonesia lebih semarak.

Baca juga

FAQ
Tips
Dreamweaver 4
Frontpage 2000 (buka menggunakan Adobe acrobat reader ( Download dari http://www.adobe.com/ )
Frontpage
Sumber gratisan untuk pembuatan situs
Designing a Church website
Web marketing checklist for ministry
Download Center


Comments
2 Responses to “Internet”
  1. pepelactes says:

    check this cool site

  2. I simply want to mention I am just all new to blogging and site-building and seriously liked this blog. Very likely I’m going to bookmark your site . You actually come with terrific writings. Appreciate it for sharing with us your blog site.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Ebay

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Archives

%d bloggers like this: