Surat Lamaran Kerja Profesional

MICROSOFT-OFFICE

Sumber: http://www.AnneAhira.com

Ketika ingin memncari sebuah pekerjaan yang layak terkadang seseorang memiliki kendala-kendala yang seharusnya dapat dengan mudah ia hindari sedini mungkin, salah satu permasalahan klasik yang dihadapi oleh para pencari kerja yang baru adalah menulis surat lamaran kerja untuk tempat kerja yang mereka inginkan.

Surat lamaran kerja merupakan sebuah surat yang sangat penting yang di dalamnya berisi tentang permohonan serta maksud kita melamar pekerjaan di tempat tersebut. Permohonan yang diajukan di dalam surat itu memiliki poin-poinnya masing-masing sehingga dapat langsung di mengerti oleh para pimpinan perusahaan yang membaca surat yang bersangkutan.

Berikut ini beberapa kiat dalam menulis surat lamaran kerja.

Pada dasarnya surat lamaran pekerjaan dapat dituliskan atau dibuat dengan dua cara yaitu:

  1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup berupa resume maupun curriculum vitae Di dalam model ini riwayat hidup termasuk di dalam isi surat. Karena isinya berupa gabungan, model ini juga disebut dengan nama model gabungan.
  2. Surat lamaran kerja yang dipisahkan dari riwayat hidup

Pada model yang satu ini riwayat hidup merupakan hanya sebuah lampiran dari surat. Oleh sebab itu model ini disebut sebagai model terpisah. Model terpisah ini lebih banyak digunakan oleh para pencari kerja.

Meskipun pembuatannya memerlukan dua kali kerja sehingga memakan waktu, namun surat lamaran dengan model ini lebih digemari oleh para pencari kerja. Hal ini dikarenakan surat yang dibuat oleh para pencari kerja ini tidak panjang, berbeda dengan model yang digabungkan.

Banyak perusahaan yang terkemuka dalam menyeleksi para pekerja barunya dengan hanya memandang surat lamaran sebagai bagian terpenting dari seluruh surat dokumen lamaran yang diajukan oleh para pelamar kerja.

Oleh sebab itu suatu hal yang penting sekali bagi seorang pelamar kerja untuk menuliskan surat lamaran pekerjaan yang baik dan tentunya sesuai dengan kriteria dari perusahaan yang bersangkutan.

Berikut ini beberapa kiat yang mungkin dapat membantu dalam menulis surat lamaran pekerjaan.

Kesan Individual

Apabila seorang pelamar pekerjaan berencana untuk mengirimkan surat lamaran ke berbagai perusahaan yang menawarkan kerja pastikan bahwa telah menuliskan nama perusahaan dengan benar di dalam surat lamaran yang akan dikirimkan. Pergunakan nama serta jabatan yang jelas dan hindari kesalahan di dalam penulisan surat.

Singkat dan Padat

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan janganlah membuat surat permohonan dengan cara yang mutar-mutar atau banyak tulisannya. Tuliskan surat dengan singkat dan padat. Pergunakanlah bahasa-bahasa yang mudah di mengerti oleh orang-orang yang membacanya.

Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca surat nantinya dengan secara sengaja mempergunakan kata-kata yang sulit dimengerti oleh orang lain.

Rapi dan Bersih

Hal inilah yang biasanya dilupakan oleh para penulis surat lamaran pekerjaan, karena ingin menulis surat dengan cepat mereka melupakan kerapihan serta kebersihan dari surat yang akan mereka kirimkan. Sebaiknya dalam menulis surat lamaran pekerjaaan gunakanlah program komputer untuk menuliskan surat lamaran tersebut.

Dengan begitu para pelamar pekerjaan dapat menuliskan surat lamaran yang rapi dan bersih sehingga mudah untuk dibaca dan enak untuk dipandangnya.

Isi

Suatu hal yang paling penting di dalam penulisan sebuah surat adalah isi dari surat tersebut.  Terdapat beberapa bagian surat di isi yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu pembukaan.  Pembukaan ini disebutkan dimana mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut. Selanjutnya Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan Anda saat ini.

Pastikan bahwa pencapaian maksimum Anda dalam pekerjaan juga Anda ceritakan tetapi cukup secara singkat saja. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Kemudian yaitu pendidikan. Jika diperlukan, Anda harus menuliskan latar belakang pendidikan Anda secara singkat. Kemudian bagian terakhir dari surat yaitu penutup.

Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa para pelamar mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya di dalam surat diyatakan kapan saat terbaik Anda bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan “Terima kasih”.

Semoga dengan cara tersebut para pelamar pekerjaan dapat membuat surat yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan sehingga mendapatkan hasil yang diharapkan.

Menulis surat lamaran yang baik amatlah penting dalam melamar pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda.

Ketika menulis surat lamaran, pastikan Anda menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran Anda. Kemudian tulislah surat lamaran Anda dalam gaya bahasa yang singkat dan padat. Jangan menulis surat lamaran lebih dari satu halaman. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif.

Dalam surat lamaran Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dalam pembukaaan sebutkan di mana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut. Jika sudah bekerja, ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan Anda saat ini dan pencapaian utama Anda dalam pekerjaan tersebut.

Dalam menuliskan pendidikan tertinggi Anda, jika Anda pernah mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya disebutkan. Kemudian dalam penutup ingatkan pembaca bahwa Anda mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Dan jangan lupa ucapkan “Terima kasih”.

Terakhir, baca kembali tulisan Anda. Buat surat lamaran Anda serapi mungkin.

Jangan hanya membuat Curriculum Vitae (CV) yang terdiri dari satu lembar saja. Hal ini tidak menarik bagi HRD. Semakin tebal CV Anda, menandakan semakin menarik Anda dan semakin berpengalaman diri Anda. Hal itu tentu saja yang paling dibutuhkan oleh perusahaan, yaitu orang yang berpengalaman. Oleh karena itu, tonjolkanlah hal tersebut.

Jangan malas menyusun CV. Sekali Anda membuat CV, bisa Anda cetak dan kirimkan ke banyak perusahaan. Bila perlu, siapkan waktu beberapa hari untuk memastikan semua data yang Anda inginkan ada, termuat di dalam CV. Bahkan, jangan takut jika harus sampai berhari-hari, mengapa? Karena banyak penjelasan yang harus dipaparkan.

CV yang baik juga akan membuat Anda bisa bernegosiasi dengan perusahaan, di antaranya untuk bisa mengajukan permintaan gaji yang pantas, sepadan dengan pengalaman yang telah dimiliki. Oleh karena itu, sekali lagi, jangan malas dalam menyusun CV, karena ini adalah awal dari karir baru Anda.

Pasanglah Foto Terbaik Anda

Berfotolah dengan mengenakan Jas (bagi Pria) atau Blazer (bagi wanita). Dengan mengenakan setelan resmi ini, Anda akan terlihat jauh lebih profesional. Serendah apa pun posisi kerja yang diincar, Anda tentu tidak mau disepelekan orang, bukan? Oleh karena itu, pasanglah foto terbaik. Tidak mengapa mengeluarkan sejumlah uang untuk berfoto di studio, yang terpenting, Anda bisa menampakkan sisi terbaik dan paling menarik.

Sebuah artikel di yahoo pada awal 2010 memuat sebuah hasil penelitian bahwa hanya yang cantik atau tampan sajalah, yang kemudian direkrut oleh suatu perusahaan. Ini adalah hal yang wajar. Perusahaan memerlukan imej yang bagus, dan salah satu cara bagi perusahaan untuk tampil bonafid adalah dengan merekrut karyawan dengan penampilan fisik yang menarik. Bahkan, tidak jarang Anda melihat lowongan kerja yang menuliskan syarat: penampilan menarik. Nah, itu adalah sebabnya.

Jangan merasa rendah diri. Walaupun Anda merasa tidak tampan, fotografer yang baik akan bisa menampilkan sisi terbaik Anda. Sementara itu, pakaian yang menunjang (Jas bagi pria atau Blazer bagi wanita) akan membuat Anda tampak cukup pantas untuk diterima oleh suatu perusahaan. Jadi, pastikan Anda memasang foto dengan pakaian yang pantas.

Riwayat Pekerjaan

Jelaskan tentang riwayat pekerjaan Anda melalui tahapan berikut ini.

  • Tulis riwayat pekerjaan Anda secara runut, dari yang terbaru hingga ke yang terdahulu.

jangan menulis: staff administrasi di perusahaan A dari tahun 2005-2008,

Akan tetapi, tulislah seperti ini: STAFF ADMINISTRASI PT A 2005-2008

  • Jelaskan tentang perusahaan tempat bekerja sebelumnya

PT A adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang .. (misalnya: IT (Information Technology/Teknologi informatika)

berdiri sejak tahun: ..  oleh:

perusahaan ini menangani: .. (misalnya: perdagangan dalam negeri dan ekspor impor)

  • Jelaskan tanggung jawab Anda di dalam perusahaan, dengan menjelaskan posisi Anda di dalam struktur perusahaan.

Tanggung Jawab: – melaksanakan pekerjaan administratif dalam tim maupun independen, di bawah koordinasi Supervisor

(ini menjelaskan posisi Anda di dalam perusahaan, dan menerangkan struktur inti di bagian Anda, sekaligus menonjolkan sisi bahwa Anda bisa melakukan tugas dalam kerja sama tim maupun bekerja mandiri)

  • Jelaskan Tugas Utama Anda di perusahaan sebelumnya, dengan memberi kesan profesional.

Tugas Utama:  – melakukan pencatatan administratif dengan menggunakan program Microsoft Office Word 2003

(ini menonjolkan tingkat penguasaan komputer Anda)

– menangani surat-menyurat internal (administrasi perkantoran) maupun eksternal (administrasi publik dan ekspor – impor)

(ini menonjolkan bahwa Anda memiliki pengalaman dan penguasaan administrasi di bidang-bidang yang rumit. Hal ini bisa membuat Anda menonjol dan Anda bisa mengajukan CV ini untuk melamar jabatan yang lebih tinggi di perusahaan yang baru)

Melamar kerja membutuhkan sejumlah prosedur. Salah satu tahapannya adalah pembuatan Surat Lamaran Kerja.

Bagian HRD di suatu kantor, tidak memiliki banyak waktu untuk dengan saksama membaca surat lamaran kerja Anda. Bahkan, bisa jadi lamaran tersebut tidak dibaca sama sekali, kecuali hanya dalam beberapa detik, sekilas saja. Namun, ada trik yang bisa dilakukan agar lamaran kerja tersebut dapat terlihat menarik.

Gunakan Bahasa Inggris

Dengan cara ini, Anda menonjolkan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Sekalipun bila Anda hanya bisa berbahasa Inggris pasif, hal ini tidak apa-apa. Namun, pastikan Anda memeriksa dengan teliti setiap kata dan huruf yang tertulis. Anda hanya perlu membuat satu format, tetapi nantinya Anda bisa mengganti-ganti nama pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar.

Tonjolkan Sifat-sifat Terbaik

Sifat-sifat yang dibutuhkan dalam pekerjaan adalah hati-hati dan intelegensi tinggi, bahkan hal ini termasuk dalam 5 hal utama dalam sifat utama yang harus dimiliki karyawan yang lolos seleksi. Hal ini bisa tecermin dalam surat lamaran. Pastikan tidak ada satu huruf dan kata pun yang salah, karena ini menonjolkan kecerdasan dan kehati-hatian Anda, tentunya.

Minta contoh dari teman-teman yang telah berhasil

Kawan-kawan Anda yang telah berhasil diterima di perusahaan yang baik pastinya memiliki surat lamaran yang baik juga pada saat melamar. Hanya sedikit dari mereka yang tidak mengirimkan surat lamaran, atau dengan surat lamaran yang buruk, yang bisa diterima di suatu pekerjaan. Sesuaikan contoh surat tersebut, dengan posisi yang hendak Anda lamar.

Gunakan kertas yang bagus, Print dengan mengunakan warna, dan Sertakan Foto

Bila Anda sudah dipanggil, bawalah surat lamaran ini beserta CV dan kelengkapan lamaran lainnya seperti fotokopi ijazah, fotokopi daftar nilai, fotokopi KTP, dan foto diri asli. Pastikan semuanya dicetak di kertas yang bagus, berwarna, dan dimasukkan ke amplop yang bagus dan rapi.

Comments
2 Responses to “Surat Lamaran Kerja Profesional”
  1. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

  2. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Ebay

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Archives

%d bloggers like this: