Mendapat Blog Award, Apa Manfaatnya?

Mendapat Blog Award, Apa Manfaatnya?

By Joko Susilo

Menjelang akhir tahun sampai awal tahun baru lalu, terjadi limpahan award. Beberapa blogger saling menganugerahkan award ke blogger lainnya. Alur lengkapnya seperi yang dituliskan Pak Sumartono. Saling memberi award ini tentu kondisi positif bagi kondisi perbloggingan kita. Karena menunjukkan adanya apresiasi dan pengakuan dari satu blogger terhadap blogger lainnya.

Yang akan kita bahas di sini mengenai manfaat menerima award itu sendiri. Apa sajakah manfaatnya?

Manfaat mendapat blog award bisa dilihat dari beberapa sisi. Yakni dari penerima award dan dari pengunjung.

Bagi penerima award, ada sejumlah manfaat yang didapat:

  1. Tambah bersemangat blogging. Penerima award akan tambah bersemangat blogging. Pemberian award setidaknya akan membuatnya mempertahankan aktivitas blogging yang selama ini dilakukannya dan sebisa mungkin berusaha meningkatkannya. Award menjadi pengobar semangat untuk terus blogging.
  2. Mendongkrak kredibilitas. Blog yang mendapat award tentunya telah melewati sejumlah penilaian. Terlepas dari apa ukuran yang dipakai, pastinya sebuah blog dinilai memenuhi ukuran tersebut. Sedikit banyak, kredibilitas blog tersebut ikut terdongkrak. Brand blognya pun semakin kuat.
  3. Membuat blog kita terkenal. Adanya award membuat blog kita lebih terkenal. Paling tidak akan menjadi referensi bagi para pengunjung blog. Dan yang pasti membuat limpahan traffic ikut mengalir.

Sementara, bagi pengunjung yang melihat suatu blog mendapat award, akan mendorong meningkatkan semangat bloggingnya. Kalau belum punya blog, mungkin segera beraksi membuat blog dan bahkan menjadikan si penerima blog award sebagai referensi utamanya. Mereka jadi tahu kepada siapa harus bertanya. Dan yang pasti, adanya award memudahkannya untuk menemukan blog yang berkualitas baik.

Mengenai award blog, kalau yang saya amati di luar negeri, biasanya dimasukkan dalam beberapa kategori. Misalnya ada blog tentang bisnis, blog tentang teknologi, blog mengenai binatang, blog pendidikan, blog hiburan, blog makanan, blog humor, blog tentang marketing, blog tentang agama, blog tentang parenting, blog pendatang baru terbaik, dan banyak lagi kategori lainnya.

Kategori semacam itu dimaksudkan untuk memudahkan penilaian. Agar blog yang dikompetisikan memang memiliki niche yang sama. Sehingga penilainya pun dapat menilainya berdasarkan kesamaan tertentu.

Dengan model semacam itu, pelajaran bagi kita adalah penting membuat blog yang spesifik. Blog kita tidak campur aduk isinya, tapi fokus pada topik tertentu. Dan berusaha betul-betul menjadi blog terbaik dalam niche tersebut.

Inilah eranya spesiliasi, bukan umum. Blog bertema spesifik akan lebih dicari dan disukai pengunjung ketimbang blog umum. Seperti juga di dunia nyata, dokter spesialis tarifnya juga lebih mahal dari dokter umum kan? :-D

Namun apapun, tujuan utama blogging adalah untuk bersosialisasi. Berkomunikasi dengan pengunjung dan berinteraksi multi-arah. Kalau itu sudah dilakukan, saya yakin traffic dan komentar di blog anda membludak.

Comments
3 Responses to “Mendapat Blog Award, Apa Manfaatnya?”
  1. Good day. First of all – great blog! Secondly this article was also good and interesting to read, but I don’t think everything you have said is how it is in reality. I will need to google about few things you have mentioned in your artcile to make sure. But anyway thanks for trying and good luck on writing other articles. P.S sorry for bad English, I aren’t English native speaker.

  2. ErwinKundya says:

    mksi ya infonya, visit back ya, http://ekoendya.wodpress.com

  3. Kalau saya orangnya pragmatis, jadi sampai sekarang ndak paham apa sih gunanya award blog itu?
    Dari pengamatan sekilas, pemberiannya juga seperti asal-asalan alias tidak ada kriteria khusus atau prestasi yang harus diraih untuk bisa mendapat award.

    Bahkan beberapa blog yang setahu saya pernah dapat award, beberapa bulan kemudian vakum. Setahun kemudian sudah almarhum. Ironis🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Ebay

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Archives

%d bloggers like this: