Tren dan Prediksi Bisnis Internet 2010

Tren dan Prediksi Bisnis Internet 2010, Apa dan Bagaimana?

Menjelang tutup tahun seperti sekarang, biasanya anda akan disibukkan dengan banyak pekerjaan. Selain menyelesaikan pekerjaan yang belum kelar atau berupaya mengejar target yang belum tercapai, juga mulai mempersiapkan diri di tahun yang baru nanti. Segalanya dipersiapkan dan direncanakan sebaik mungkin. Agar target tahun depan bisa berhasil dicapai dengan baik.

Nah, agar perencanaan anda bisa lebih tepat arah, saya ingin berbagi dengan anda mengenai tren dan prediksi bisnis internet 2009. Tulisan ini saya bagi dalam dua tulisan.

Tren bisnis internet mendatang masih akan menjadikan model affiliate program sebagai primadona. Tak heran, karena affiliate program telah teruji dan terbukti mampu mendatangkan uang dalam waktu (relatif) lebih cepat. Dibanding dengan sumber penghasilan dari internet lainya, affiliate program masih yang paling menjanjikan.

Makin maraknya penggunaan model affiliate program dalam bisnis internet juga didorong jumlah pengakses internet yang makin besar. Tumbuhnya pengakses internet baru terutama dari kaum muda, yang rentang usianya dari 15-30 tahun. Kemampuan merebut pangsa besar itu sangat menentukan kesuksesan bisnis internet anda. Kesuksesan affiliate program yang berkembang pesat di internet pun akan menginspirasi untuk diterapkan secara offline.

Selain ramainya penggunaan model affiliate program, bisnis internet berbasis produk informasi juga jadi pilihan utama. Penjualan produk informasi lewat internet bakal makin fantastis. Ditambah dengan isi produk yang makin meluas dan variatif.

Tumbuhnya penggunaan produk informasi untuk berbisnis internet sangat wajar. Sebab ada permintaan yang sangat besar. Rata-rata orang ketika mengakses internet bermaksud mencari solusi atas problem yang dihadapinya. Lewat produk informasi, pebisnis internet berusaha membantu calon konsumen agar bisa memecahkan persoalannya. Bagi pebisnis internet sendiri, menjual produk informasi jauh lebih mudah dan murah. Serta menjanjikan income yang besar dan berkesinambungan.

Tren ini bagi reseller pun menjadi berkah. Sebab akan makin banyak pilihan produk informasi yang bisa dijual. Dan menyimak apa yang dikatakan Mas Umar Pujakusuma, ada betulnya kalau reseller malah bisa lebih sukses ketimbang pemilik produk.

Meski pemain di bisnis internet bermodel affiliate program dan menjual produk informasi terus bertambah, tapi dibanding pangsa pasar yang ada sebetulnya masih belum ada apa-apanya. Dari jumlah jutaan pengakses internet di Indonesia, saya yakin konsumen dari seluruh produk informasi yang ada paling masih dalam angka ratusan ribu orang. Untuk data dan statistik umum pengguna internet, Mas Zams telah menuliskannya.

So, segera bergegas dan mulai bisnis internet adalah pilihan terbaik bagi anda.

Tren di atas juga menuntut merchant untuk terus berbenah diri. Selalu berupaya meningkatkan pelayanan agar para affiliatenya lebih mudah menjual dan terus menghasilkan keuntungan. Pebisnis internet pun dituntut makin kreatif untuk melihat peluang pasar baru. Lewat peluncuran produk baru yang lebih spesifik dan memenuhi keinginan pasar.

Apa lagi tren lainnya? Simak lanjutannya dalam artikel lanjutannya …

Kalau menurut anda, bagaimana tren dan prediksi bisnis internet 2009? Silakan berkomentar dan mari kita bahas bersama…

NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Pasti anda sudah baca posting sebelumnya. Di sana saya katakan kalau affiliate program dan produk informasi masih akan marak di bisnis internet 2009. Sebab, bisnis model ini bermodal rendah, tapi dengan potensi high-return dan berkesinambungan.

Nah, hal lain yang akan mendominasi di tahun 2009 adalah social media. Penggunaan social media akan makin populer. Beragam jenis social media, terutama blog, akan menjadi warna utama pendorong kesuksesan bisnis internet.

Tak lagi cukup hanya mengandalkan situs web penjualan untuk berbisnis internet. Blog justru yang akan memainkan peranan lebih besar. Sifatnya yang lebih interaktif dan dinamis membuat blog lebih disukai pengunjung, ketimbang situs web penjualan yang kaku.

Interaktivitas adalah kata kuncinya! Pengakses internet sekarang tak lagi mau sebatas menerima dan jadi konsumen yang pasif. Tapi mereka ingin ikut berpartisipasi, ikut mengambil peran. Mereka ingin lebih aktif saat berselancar di dunia maya, baik lewat saling tengok blog maupun saling berkomentar.

Selain blog, peranan social bookmark dan social network untuk bisnis internet akan makin penting. Kedua jenis social media ini biasanya diikuti oleh anggota yang sangat besar. Kemampuan anda mengenali social media yang sesuai dengan target market anda, akan sangat menentukan kesuksesan bisnis internet anda. Sebab, dengan jumlah pengikut yang besar, pastinya tersimpan potensi traffic yang bisa beralih menjadi konsumen.

Adanya social networking dan social bookmark lokal seperti fupei.com dan www.lintasberita.com akan sangat memudahkan anda, bila memang target marketnya adalah lokal. Di samping, tentu tetap dibutuhkan kejelian memilih pangsa pasar potensial yang lebih spesifik dan belum banyak dilirik.

Bagi pebisnis, menjalin hubungan baik dan membangun komunitas, tanpa melupakan kegiatan mempromosikan produk, sudah jadi kesadaran umum. Dan semua peran itu bisa dijalankan dengan baik oleh social media. Maka, bukan mustahil peningkatan jumlah iklan yang dipasang di social media akan meningkat pesat.

Nah, jika anda belum menjamah ke social media, sekarang saatnya mulai. Jangan ragu lagi untuk bergabung dan aktif di social media anda. Sebab, inilah saluran paling ampuh pendorong kesuksesan bisnis internet anda.

Kata Mas Arief, kesuksesan anda di masa depan sangat ditentukan apa yang anda perbuat hari ini. Ya, sekarang ini! Sebab saat ini anda hidup dan saat ini anda bisa berbuat untuk masa depan anda. Kalaupun lalu ada rintangan dalam perjalanannya, itu hal yang wajar. Sebab, mengutip Mas Muklis, bisnis atau usaha itu adalah perjuangan dalam kehidupan.

Sekali lagi, kemampuan anda memanfaatkan social media sangat menentukan kesuksesan bisnis internet anda tahun depan.

Tak lupa, saya ucapkan Hari Natal bagi yang merayakan.  Semoga kedamaian selalu menyertai hidup kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Ebay

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Archives

%d bloggers like this: