Mana yang Lebih Penting: Desain atau Konten

Mana yang Lebih Penting: Desain atau Konten?

By Joko Susilo

Tidak sedikit pemula ketika hendak membuat web atau blog biasanya terpaku pada urusan desain. Desain menjadi perhatian utama yang kemudian mengalahkan perhatian lainnya. Saya sepakat kalau desain bisa membantu tersampaikannya pesan secara lebih baik kepada pengunjung. Namun di awal perancangan web ada hal yang jauh lebih penting untuk diperhatikan yaitu soal tujuan anda: untuk apa anda membuat web tersebut?

Untuk menghasilkan uang dari internet, atau untuk membuat nama anda lebih dikenal banyak orang, atau mungkin untuk promosi produk di internet. Apapun tujuan anda, ingat baik-baik tujuan tersebut. Sebab untuk itu anda membuat web atau blog.
Tujuan yang jelas membantu fokus anda.
Di sini penting bagaimana menghubungkan antara tujuan web anda dengan manfaat yang bisa anda berikan kepada pengunjung melalui konten anda. Bagaimana anda menjelaskan secara sederhana dan mudah dipahami mengenai layanan atau produk yang anda tawarkan. Bagaimana konten anda tersebut dapat memikat pengunjung dan mereka melakukan apa yang anda inginkan. Nah kembali ke soal desain tadi.

Jika anda bertanya kenapa kira-kira seseorang datang ke web atau blog anda? Apakah karena desain blog atau web anda yang bagus? Saya rasa tidak. Pengunjung datang ke web anda karena mencari solusi atas persoalan yang dihadapinya. Mereka datang karena mencari produk yang dibutuhkannya. Atau bisa juga mereka datang ke web anda untuk mendapatkan berita terkini. Bila dilihat, semua hal di atas sama sekali tidak terkait dengan desain, tapi konten. Jadi kalau kebanyakan yang dicari pengunjung informasi, mengapa kita terlalu terpaku pada soal desain?

Bila anda justru terpaku pada soal desain dan malah melupakan konten, sulit web anda untuk mencapai tujuannya. Konten perlu mendapat perhatian utama. Selanjutnya ikuti dengan desain agar konten anda terlihat lebih menarik.

Pengecualiannya tentu jika memang blog atau web anda berhubungan dengan dunia desain, seperti misal web desain atau desain grafis. Tentu urusan desain tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab mereka yang datang tentu ingin melihat desain karya anda. Namun, sekali lagi desain tidak bisa berdiri sendiri.

Anda membutuhkan kata-kata untuk menjelaskan konsep desain anda. Di sini saya sama sekali bukan menganggap desain tidak penting. Desain juga penting sebab itu dapat menambah daya pikat web anda. Desain juga dapat membuat brand anda terangkat. Hanya saja sebaiknya anda letakkan sesuatu sesuai porsinya.

Bila perhatian berlebih anda curahkan pada sisi desain dan melupakan konten pada awal membangun web, khawatirnya web anda tidak segera mencapai sasaran awal (di formulabisnis ini saya sebut sebagai tahap membuat momentum traffic) sebab energi sudah keburu terkuras untuk memikirkan desain. Kalau sudah begitu, sudah pasti tujuan membuat web sulit tercapai. Ingat juga, Google membuat pay per click yang penelusuran iklannya berdasarkan konten sebuah web dan bukan desain.

Karena Google sadar pengunjung menggunakan internet untuk mencari informasi.

5 Langkah Spektakuler Membangun Popularitas dengan Social Media

By Joko Susilo

Banyak jalan menuju Roma, banyak jalan menuju kesuksesan. Siapa yang tidak ingin sukses? Saya yakin semua orang mengidamkan kesuksesan. Meski ukuran sukses masing-masing orang berbeda-beda. Bagaimana dengan anda? Sukses seperti apa yang ingin anda raih?

Tapi, kita tidak bisa menapaki tangga sukses sendirian. Kita perlu orang lain untuk mengantarkan kesuksesan kita. Benar, kita tidak bisa sukses tanpa kehadiran orang lain. Maka saya sering menganjurkan pada anda, bergabunglah di social media. Bangun relasi sebanyak mungkin. Ciptakan image yang kuat di depan teman-teman anda. Pencitraan sangat berarti untuk menunjukkan kredibilitas anda.

Baiklah saya langsung saja terangkan bagaimana kita bisa memanfaatkan social media untuk menjaring kekuatan pertemanan. Sekali lagi saya bilang, relasi itu perlu dalam bisnis. Jika anda ingin bisnis internet anda mapan, anda harus punya banyak relasi. Ini tidak bisa ditawar lagi!

Maka inilah 5 langkah spektakuler yang bisa anda lakukan untuk membangun popularitas dan kejayaan bisnis internet anda…

  1. Pilih komunitas yang sesuai dengan situs web anda. Intinya, anda harus menyesuaikan situs web anda dengan komunitas anda. Agar, anda tidak salah alamat. Bergabung dengan orang-orang yang memiliki minat sama tentu lebih mudah daripada anda bergabung dengan orang berminat berbeda. Misal, orang-orang yang suka teknologi biasa berkumpul di Digg, sedang mereka yang suka membahas politik lebih suka nongkrong di Propeller. Dari komunitas ini anda bisa menggali apa konten yang paling tepat untuk komunitas anda? Ke mana arah minat mereka? Penawaran apa yang paling cocok?
  2. Membangun power social profile. Profil anda dalam social media bisa memberikan banyak kekuatan. Salah satunya, kekuatan popularitas. Ketika anda berpartisipasi aktif dalam sebuah social media, anda bisa membangun profil social anda sendiri. Silakan anda tanamkan image anda di sini. Setelah citra anda kuat di mata komunitas anda, perkenalkan konten-konten spesifik pada orang-orang yang memiliki minat sama seperti anda. Metode ini terbukti efektif untuk memantapkan citra diri anda di depan teman-teman. Memang perlu banyak waktu untuk mengekspos diri sendiri. Tapi, semua yang anda lakukan akan terbayar dengan popularitas yang anda inginkan. Setelah anda menjadi terkenal, anda bebas memberikan penawaran. Dan, semua orang akan percaya pada anda.
  3. Optimalkan halaman situs web anda. Biarkan pengunjung anda mengambil tindakan atas konten situs web anda. Maksudnya, biarkan mereka melakukan voting, subscribe, dan bookmarking. Agar, pengunjung anda bisa dengan mudah membagi konten situs web anda pada orang lain. Semakin konten anda tersebar luas, semakin anda mendapatkan keuntungan. Bukan cuma traffic yang tinggi, tapi juga calon prospek berdatangan.
  4. Ciptakan konten tertarget. Konten yang tertarget berarti anda sudah bisa “mengendus” konten seperti apa yang disukai pengunjung komunitas social media anda. Luangkan waktu untuk mempelajari selera komunitas anda. Cari tahu konten apa yang bisa mendapatkan bookmark paling banyak, mengundang komentar paling banyak.
  5. Mulailah membuat jaringan social anda sendiri. Setelah anda memiliki banyak relasi di social media, kenapa anda tidak membuat jaringan sendiri? Anda sudah punya reputasi yang bagus. Anda pun sudah berhasil menjaring banyak teman yang tertarik dengan konten anda. Otomatis mereka sudah masuk dalam jaring sosial anda. Berarti anda sudah memiliki traffic yang tertarget dan anda bisa berdiri sendiri. Jika anda sudah memiliki platform yang kuat, anda bisa menarik banyak pengunjung.

Langkah selanjutnya, tinggal membuat social media anda akrab di mata semua orang. Ciptakan jaringan yang mudah diikuti dan memberikan banyak manfaat untuk semua orang. Tidak ada orang yang mau rugi, nah kalau anda memberi banyak keuntungan di social media anda, pastinya tidak ada orang yang menolak bergabung dengan anda.

Tidak sulit membuat sebuah jaringan di internet. Semuanya mudah asal anda punya kekuatan untuk memulai. Langkah ke seribu tak akan pernah ada tanpa adanya langkah pertama. Nah, anda sudah bergabung di social media mana? Berapa banyak teman yang anda punya?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Ebay

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Archives

%d bloggers like this: