Daftar tokoh teknologi informasi Indonesia

Berikut ini sebagian dari tokoh-tokoh teknologi informasi Indonesia

Enda Nasution

Enda Nasution

Enda Nasution (lahir di Bandung, Jawa Barat, 29 Juli 1975; umur 34 tahun) adalah seorang penulis dan oleh kalangan media massa Indonesia dijuluki sebagai tokoh blog Indonesia, atau juga “Bapak Blogger Indonesia” karena cukup banyak muncul di media mainstream untuk mempromosikan penggunaan Blog.[1] Saat ini, Enda tinggal dan bekerja di Jakarta setelah sebelumnya bekerja sebagai Internet Marketing Strategist di Bangkok, Thailand (2002-2007).[2]

Riwayat

Setelah lulus dari Fakultas Teknik Sipil ITB pada tahun 1999, mantan aktifis yang pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS-ITB) ini sempat bekerja untuk Ogilvy & Mather Jakarta dari tahun 2000 hingga tahun 2002 sebagai copywriter. Pada tahun 2001 dan 2002, Enda menerima Indonesian Ad Award untuk iklan Dancow dan Sampoerna A Mild. Selain itu, ia menjadi finalis Clio Advertising Award tahun 2002 dan juga pernah dinobatkan menjadi The Hottest Creative Person se-Asia oleh Campaign Brief Asia untuk tahun 2002 dan 2003.[3]

Kontribusinya di dunia blog bermula dari tulisan panjang yang menerangkan “Apa itu blog” yang dia tulis di tahun 2001, selain itu Enda juga berinisiatif membuat blog pertama yang khusus membahas tentang Pemilu 2004 dan kemudian blog Indonesia Help, yang memberikan update dan informasi tentang pertolongan korban bencana alam dalam Bahasa Inggris.

Enda juga menjadi kontributor di Global Voices Online, sebuah project dari Harvard Law School dan menghadiri GV Summit yang kedua di London pada tahun 2005. Di akhir tahun 2006, karena kepemimpinannya di dunia blog Enda mendapatkan undangan dari Asia Society untuk hadir di Asia 21 Young Leader Summit yang diadakan di Seoul, Korea Selatan.

Catatan di blog Enda Nasution tentang dua acara diatas:

Pada tahun 2007 Enda menjadi Chairman dari Pesta Blogger 2007, acara tahunan nasional blogger Indonesia yang pertama. (Kata sambutan Pesta Blogger 2007: text, video) dan tetap menjadi anggota Steering Committee Pesta Blogger ditahun-tahun berikutnya.

Di bulan April 2009, Enda bersama teman-teman dari Komunitas Langsat meluncurkan sebuah situs Web 2.0 bertema politik pertama di Indonesia dengan nama Politikana.[4]

Sebagai bagian dari TED India 2009, Enda mendapat kehormatan terpilih menjadi salah satu dari TED Fellows di tahun tersebut.[5]

Aktif mengkampanyekan internet, dunia blog dan social media melalui media massa, baik cetak maupun televisi, Enda juga rajin diundang untuk berbicara di berbagai seminar dan workshop.

Roy Suryo

Roy Suryo

Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo atau disingkat KRMT Roy Suryo Notodiprojo atau lebih dikenal sebagai Roy Suryo (lahir di Yogyakarta, 18 Juli 1968; umur 41 tahun) adalah seorang pengurus Partai Demokrat di bidang Komunikasi dan Informatika. Roy sering menjadi narasumber di berbagai media massa Indonesia untuk bidang teknologi informasi, fotografi, dan multimedia. Roy juga pernah menjadi pembawa acara e-Lifestyle di Metro TV selama lima tahun. Oleh media massa Indonesia ia sering dijuluki sebagai pakar informatika[1], multimedia,[2] dan telematika.[3][4]

Roy Suryo menyelesaikan kuliah pada Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (1991-2001), kemudian mengajar di Jurusan Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia tahun 1994-2004. Ia juga pernah tercatat sebagai pengajar tamu di Program D-3 Komunikasi UGM, mengajar fotografi untuk beberapa semester namun tidak berstatus sebagai dosen tetap UGM.[rujukan?]

Roy Suryo sering meraih penghargaan dari lomba fotografi tingkat nasional serta penghargaan dari berbagai pihak, di antaranya dari Kadin bidang Telematika, Menteri Perhubungan Agum Gumelar, Majalah Trend Digital, Telkomsel, dan Garuda Indonesia. Selain di bidang Telematika, ia juga ikut dalam kepengurusan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia, Federasi Perkumpulan Seni Foto Indonesia, juga tercatat sebagai salah satu konsultan teknis di situs resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono[5]. Terakhir Ia tercatat sebagai ketua departemen komunikasi dan informasi di Partai Demokrat[6] dan penanggung jawab redaksi di situs resmi Partai Demokrat[7].

// <![CDATA[
//

Kontroversi

Banyak pihak yang meragukan julukan pakar yang dimilikinya. Bahkan beberapa media sering mengutip pernyataannya tanpa memeriksa ulang kebenarannya secara akademis. Sehingga beberapa pihak berinisiatif untuk membuat situs roysuryowatch yang berisi kritik dan analisa atas komentar-komentarnya di media massa, blog Pesan Cinta Blogger Indonesia, dan Blogger dan hacker.

Keraguan ini semakin bertambah sejak dikeluarkannya Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik, dikarenakan berbagai komentar Roy Suryo yang menuduh bahwa defacing situs-situs pemerintah dilakukan oleh para blogger dan hacker, menunjukkan bahwa ia bahkan tidak mengerti bahwa blogger hanyalah istilah yang dipakai untuk orang-orang yang menulis catatan harian di internet dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan defacing atau tindak pembobolan website lain. Perseteruan Roy Suryo dengan para blogger meruncing setelah dia mengatakan bahwa blogger adalah tukang tipu.

Lagu Indonesia Raya asli

Media mencatat bahwa pada 4 Agustus 2007 Roy Suryo mengklaim menemukan lagu Indonesia Raya yang lebih lengkap daripada yang selama ini digunakan melalui kerjasama penelitian dengan Tim AirPutih. Pada 6 Agustus 2007, ditambahkan pernyataan bahwa ia meneliti sekaligus tiga versi lagu Indonesia Raya.

Namun kemudian diklarifikasi bahwa temuan tersebut bukanlah lagu Indonesia Raya asli. Lagu sebenarnya direkam oleh Perusahaan Piringan Hitam Populer, Pasarbaru milik Yo Kim Chan yang belum ditemukan hingga sekarang. Pada 6 Agustus 2007, Tim AirPutih juga membantah Roy Suryo sebagai pihak yang pertama meneliti dan menemukan lagu tersebut. Roy Suryo juga tidak diakui sebagai pihak yang bekerjasama dengan tim ini dalam meneliti hal tersebut. Roy Suryo menganggap bahwa penolakan tersebut tidak berasal dari sumber yang bisa dipercaya. Namun pada tanggal 7 Agustus 2007, salah seorang anggota Tim AirPutih mengklarifikasi secara tertulis kepada media bahwa mereka memang bekerjasama dengan Roy Suryo untuk berhubungan dengan pemerintah.

Sebuah stasiun televisi lokal Surabaya, JTV, diberitakan telah menayangkan video lagu kebangsaan Indonesia Raya tersebut sebagai bagian dari isi program dokumenter selama 3 tahun sejak 2004. Video tersebut juga telah berada di YouTube sejak Desember 2006, jauh sebelum kontroversi yang timbul akibat klaim penemuan oleh Roy Suryo muncul di media massa.

Kepakaran yang Diragukan

Pada tanggal 25 September 2008 untuk pertama kalinya kepakaran Roy Suryo dipertanyakan di depan lembaga hukum. Situs berita detik memberitakan bahwa Assegaf, pengacara Habieb Rizieq, keberatan jika Roy Suryo sebagai saksi ahli telematika dalam kasus tragedi Monas.[20] Assegaf menegaskan bahwa latar belakang pendidikan Roy Suryo dari fakultas ilmu sosial dan politik tidak ada kaitannya dengan telematika. Ditambah pula pihaknya belum pernah menemukan tesis ilmiah Roy Suryo di bidang Telematika. Habib Rizieq pun menuduh Roy Suryo sebagai plagiator pada kasus klaim penemuan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza, sehingga kapasitas kepakarannya sangat diragukan.

Dalam sidang kasus Marcella Zalianty dan Ananda Mikola pada 16 April 2009, Roy Suryo dihadirkan sebagai saksi ahli oleh jaksa penuntut umum (JPU). Kesaksian Roy Suryo kemudian dibantah oleh Ruby Z Alamsyah, digital forensic analyst (analis forensik digital), yang diajukan sebagai saksi ahli oleh O.C. Kaligis, kuasa hukum Ananda Mikola, dalam sidang tanggal 20 April 2009. Ruby mengaku bahwa ia merupakan satu-satunya orang Indonesia sekaligus orang Indonesia pertama yang menjadi anggota International High Technology Crime Investigation Association (HTCIA). Kata Ruby, semua yang telah dipaparkan oleh Roy tersebut tidak valid dan tak berkualitas sebagai barang bukti. Menurut Ruby, Roy Suryo tidak punya standar operasional sebagai seorang ahli telematika, merujuk ke standar internasional, hasil analisa Roy tidak valid dan tak berkualitas sebagai barang bukti.

Onno W. Purbo

Muhammad Yunus dan Onno W. Purbo, Harvard 09/2003

Onno Widodo Purbo (lahir di Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus 1962; umur 47 tahun) adalah seorang tokoh (yang kemudian lebih dikenal sebagai pakar di bidang) teknologi informasi asal Indonesia. Ia memulai pendidikan akademis di ITB pada jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981. Enam tahun kemudian ia lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME.

RT/RW-Net adalah salah satu dari sekian banyak gagasan yang dilontarkan[1]. Ia juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi media, seminar, konferensi nasional maupun internasional. Percaya filosofi copyleft[2][3], banyak tulisannya dipublikasi secara gratis di internet.

// <![CDATA[
//

Riwayat pendidikan

  • 1987 S1 Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Teknik Elektro. Judul skripsi “Perancangan dan implementasi rangkaian RS232C 8 kanal & program untuk praktikum” di bawah bimbingan Prof. DR. Samaun Samadikun[4] dan DR. Adang Suwandi
  • 1989 S2 (M.Eng) McMaster University, Kanada – Semikonduktor Laser. Judul tesis “Numerical models for degenerate and heterostructure semiconductor diodes” di bawah bimbingan Prof. DR. D.T.Cassidy[5] dan Prof. DR. S.H. Chisholm.
  • 1993 S3 (Ph.D) Universitas Waterloo, Kanada – Teknologi Rangkaian Terintegrasi untuk Satelit. Judul tesis “Studies on Polysilicon Emitter Transistors made on Zone-Melting-Recrystallized Silicon-on-Insulator” di bawah bimbingan Prof. DR. C.R. Selvakumar[6].

Penghargaan

Menerima beberapa penghargaan / pengakuan tingkat nasional dan internasional, seperti

  • 1987, Lulusan Terbaik, Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung.
  • 1992, Masuk dalam buku “American Men and Women of Science”, R.R.Bowker, New York (Amerika Serikat).
  • 1994, Profil Peneliti, KOMPAS 26 Desember 1994.
  • 1996, Menerima “Adhicipta Rekayasa”, dari Persatuan Insinyur Indonesia[7].
  • 1997, Menerima “ASEAN Outstanding Engineering Achievement Award”, dari ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO)
  • 2000, Masuk dalam buku “Indonesia Abad XXI: Di Tengah Kepungan Perubahan Global”, Editor Ninok Leksono, KOMPAS.
  • 2000, Award for Indonesian Internet Figure, KADIN Telematika Award.
  • 2002, Eisenhower Fellow, dari Eisenhower Fellowship[8] (Amerika Serikat).
  • 2003, Sabbatical Award, dari International Development Research Center (IDRC[9]) (Kanada).
  • 2005, Ashoka Senior Fellow, dari Ashoka[10] (Amerika Serikat).
  • 2008, Menerima “Gadget Award Exclusive Appreciation”, dari Majalah Gadget.
  • 2008, Menerima “IGOS Summit 2 Award”, dari MENKOMINFO “Atas Semangat dan Perjuangan menyebarluaskan pemanfaatan Open Source di Indonesia.
  • 2008, Masuk dalam buku “Indonesia 100 Innovators”, Business Innovation Center [11].
  • 2008, Menerima Gelar “Pahlawan Generasi Masa Kini” dari Modernisator.
  • 2009, Indigo Fellow: Digital Community Fellow, dari PT. Telekomunikasi Indonesia.[12]
  • 2009, Anugrah “TIRTO ADHI SOERJO” kategori Pelopor / Pemulai, dari [I:BOEKOE] [13].
  • 2009, Anugrah “Competency Award 2009” dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)[14] .

Peristiwa penting

  • Mei 1998, memimpin penulisan naskah “Kerangka Konseptual: Nusantara 21” di Yayasan Litbang Telekomunikasi Informatika (YLTI).
  • 1999-2000, kepala Perpustakaan Pusat[15] Institut Teknologi Bandung (ITB).
  • Mantan Dosen Institut Teknologi Bandung, sejak Februari 2000. Berdasarkan SK MENDIKNAS No. 533/K01.2/KP.04.2/SK/2000 tanggal 28 Februari 2000 tentang Pemberhentian dengan Hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil ditandatangani oleh Prof.Dr.Ir. Djoko Santoso M.Sc. a.n. MENDIKNAS.
  • Memberi Workshop Internet Wireless dan VoIP di beberapa negara, seperti, Afrika Selatan, Amerika Serikat[16], Bangladesh, Bhutan[17], Cambodia, Denmark, Laos, India, Malaysia, Nepal, Thailand, Timor Leste[18], Tunis.
  • Menjadi anggota advisory board pada beberapa organisasi nasional & Internasional, seperti,
    • Masyarakat Telematika (MASTEL)[19], 2006.
    • UNDP Asia-Pacific Development Information Programme (APDIP)[20], 2006.
  • Pernah menjabat di pengurusan ORARI Lokal dan Daerah Jawa Barat maupun Jakarta.
  • Sejak tahun 2006, menjadi koordinator bagian Pendidikan & Latihan (DIKLAT) di pengurus ORARI[21] Pusat yang materinya dihosting di beberapa situs di Internet[22][23][24][25]
  • Sejak tahun 2007, membina Kelompok Remaja Melek IT (Kerm.IT)[26] di lingkungan Kemayoran, Jakarta Pusat.
  • Sejak September 2008 aktif sebagai Qualified Trainer di Wireless University http://www.wirelessu.org untuk memberikan training teknologi wireless internet di seluruh dunia.

Karya

Distro Linux

  • Distro SchoolOnffLine [27]
  • Distro SMEOnffLine [28]
  • Distro ORARINux [29]
  • Distro SekolahNux [30]
  • Distro IPTEKNux [31]

Publikasi internasional

Beberapa cuplikan publikasi internasional yang pernah dilakukan adalah,

  • Onno W. Purbo, D.T. Cassidy and S.H. Chisholm, “Numerical model for degenerate and heterostructure semiconductor devices,” J. Appl. Phys., vol. 66, no. 10, pp. 5078-5082, 15 November 1989.
  • Onno W. Purbo and C.R. Selvakumar, “Simultaneous extraction of hole barrier height and interfacial oxide thickness in polysilicon emitter bipolar transistors,” Solid State Electronics, Vol. 34, No. 8, pp. 821-826, 1991.
  • Onno W. Purbo and C.R. Selvakumar, “High gain SOI polysilicon emitter transistors,” IEEE Electron Device Letter, Vol. 12, No. 11, pp. 635-637,1991.
  • Onno W. Purbo and Adang Suwandi, “Automation of Bipolar Transistor Characterization,” IEEE conference, Kuala Lumpur, 1992.
  • Onno W. Purbo, “Development of Low Cost Wide Area Network in Indonesia,” Journal of Scientific Indonesia, Vol. 1, No 1, October 1991.
  • Onno W. Purbo, “SOI Transistor for high speed devices and satellite applications,” Journal of Scientific Indonesia, Vol. 1, No 1, October 1991.
  • C.R.Selvakumar and O.W.Purbo, “Polysilicon emitter bipolar transistor realized on Zone-Melting-Recrystallized Silicon-on-Insulator material,” SPIE conference on “Emerging Optoelectronic Technologies” Bangalore, India, 16-21 December 1991.
  • Onno W. Purbo, C.R. Selvakumar and D. Misra (NJIT, USA), “Reactive Ion Etching of SOI (ZMR and SIMOX) Silicon in CF4+O2 and SF6+O2 Plasmas,” the Fifth International Symposium on Silicon-on-Insulator Technology and Devices of the Electrochemical Society, St. Louis, Missoury, 17-22 May 1992.
  • Onno W. Purbo, C.R. Selvakumar and D. Misra (NJIT, USA), “Reactive Ion Etching of SOI (SIMOX and ZMR) Silicon in Nitrogen Containing CF4 + O2 and SF6 + O2 Plasmas,” Journal of Electrochemical Society, vol. 140, no. 9, pp. 2659-2668, 1993.
  • Onno W. Purbo, “An alternative approach to built low cost TCP/IP-based Wide Area Network in Indonesia,” the South East Asia Regional Computer Confederation (SEARCC) ’92 regional conference, Kuala Lumpur, 14 August 1992.
  • Onno W. Purbo, “The building of information infra-structure to sustain the current growth in Indonesia,” The Canadian Association for Studies on International Development (CASID) conference, Carleton University, Ottawa, 7-9 June 1993.
  • O.W.Purbo and C.R.Selvakumar, “Gamma radiation effects on ZMR-SOI Polysilicon Emitter Transistors,” 1993 International Conference on Microelectronics, Dhahran, 14-16 December 1993.
  • Onno W. Purbo, “Low cost strategies for a sustainable microelectronics information system,” MICRO’93, Surfers Paradise, Queensland, Australia 5-8 October 1993.
  • Onno W. Purbo, “A Unified Model of Early Voltage for Bipolar Transistors at low temperatures,” the 3rd ASEAN regional seminar (TARSMIT 94) on Microelectronics and Information Technology, 9-11 August 1994, Bangkok, Thailand.
  • Onno W. Purbo, “Early voltage of ZMR-SOI polysilicon emitter transistors at low temperatures,” the 3rd ASEAN regional seminar (TARSMIT 94) on Microelectronics and Information Technology, 9-11 August 1994, Bangkok, Thailand.
  • Onno W. Purbo, F. Ihsan Hariadi & Mervin Hutabarat, “The microelectronics infrastructure in Indonesia,” International Conference on Microelectronics 1994, Istambul, Turkey.
  • Onno W. Purbo, “The Indonesia Computer Network Infrastructure A Status Report,” Expert Group Meeting in the Development of RIHED Information Network on Higher Education, Bangkok, Thailand, March 14‑16, 1995.
  • Budi Jatmiko, Abdulbasir, Eddy Yahya, Onno W. Purbo, and Ihsan Hariadi, “Optimizing temperature and time of phosphorous diffusion in p/B type polycrystalline silicon substrate,” International Conference on Microelectronics ICM’95, Kuala Lumpur, Malaysia.
  • Onno W. Purbo, Ichwan F. Agus, Arman Hazairin, A. Daniel Sembiring, Rudi Nursasono, Aulia K. Arief, Basuki Suhardiman, Zilmy Zamfarra, M. Halomoan Rambe, Februaris Purnomo, Bondan, Unedo Matondang, Denisz, Ismail Fahmi, Adnan, “Development of Computer Communication Network & its present status in Indonesia,” The 4th ASEAN Science and Technology Week, 21 August – 1 September, Bangkok, Thailand.
  • Soegiardjo Soegijoko, Onno W. Purbo, Widiadnyana Merati, Priyono Sutikno, Intan Achmad, “Indonesia Computer Network Status”, Asia Pacific Networking Group (APNG) Meeting, 22-24 January 1996, Singapore.
  • D.Misra, O.W.Purbo, C.R.Selvakumar, “Reduction of damage in Reactive Ion Etched Surfaces through Process Modification,” SPIE: Microelectronics Processing ’93, Monterey, California, 27-29 September 1993.
  • Onno W. Purbo, “Indonesian Information Infrastructure & The Strategy to Implement Electronics Data Interchange (EDI),” International Seminar on Electronic Data Interchange: Implementation in Transport Sector, Yogyakarta 11-12 June 1997.

Buku

Menulis lebih dari 40 judul buku dengan topik sekitar teknologi Internet, Open Source, Linux, Keamanan Jaringan, Wireless Internet, Internet Telepon (VoIP). Beberapa diantaranya dalam bahasa Inggris dan dapat di download di Internet. Beberapa diantara buku tersebut adalah,

  • 1998, Onno W. Purbo, Gadang Ramantoko, Khrisnahadi Pribadi, Bobby Nazief, “Kerangka Konseptual Nusantara 21”, Yayasan Litbang Telekomunikasi Informatika.
  • 1998, Onno W. Purbo, Ismail Fahmi, Akhmad Husni Thamrin, Adnan Basalamah, “TCP/IP: Konsep Disain dan Implementasi”, Elexmedia Komputindo.
  • 2000, Onno W. Purbo, “Teknologi Warung Internet”, Elexmedia Komputindo.
  • 2000, Onno W. Purbo dan Akhmad Daniel Sembiring, “Linux RedHat”, Elexmedia Komputindo.
  • 2001, Thabratas Tharom dan Onno W. Purbo, “VOIP: Voice over Internet Protocol”, Elexmedia Komputindo.
  • 2001, Onno W. Purbo dan Akhmad Daniel Sembiring, “APACHE Web Server”, Elexmedia Komputindo.
  • 2001, Onno W. Purbo dan Ridwan Sanjaya, “Membuat Aplikasi WAP dengan PHP”, Elexmedia Komputindo.
  • 2002, Onno W. Purbo, “Konferensi Video Melalui Internet”, Penerbit Andi.
  • 2002, Onno W. Purbo dan Ridwan Sanjaya, “Membangun Web dengan JSP”, Elexmedia Komputindo.
  • 2003, Onno W. Purbo, “Filosofi Naif Kehidupan Dunia Cyber”, Penerbit Republika.
  • 2003, Onno W. Purbo, “Infrastruktur Wireless Internet Kecepatan 11-22Mbps”, Penerbit Andi.
  • 2004, Samuel Prakoso, Tomy dan Onno W. Purbo, “Panduan Praktis Menggunakan E-mail Server Qmail”, Elexmedia Komputindo.
  • 2004, Onno W. Purbo, “Practical Guide to Internet Telephony”, International Development Research Center
  • 2004, Onno W. Purbo, “Practical Guide To Build A WiFi Infrastructure”, International Development Research Center
  • 2005, Onno W. Purbo, “Buku Pegangan Internet Wireless dan Hotspot”, Elexmedia Komputindo.
  • 2006, Onno W. Purbo, “PC Cloning Windows pakai Linux LTSP”, Penerbit Andi.
  • 2006, Onno W. Purbo, “Buku Pegangan Pengguna ADSL dan Speedy”, Elexmedia Komputindo.
  • 2007, Onno W. Purbo, “Buku Pegangan VoIP Rakyat Cikal Bakal Telkom Rakyat”, InfoKomputer.
  • 2007, Onno W. Purbo, “Panduan Praktis RT/RW-net”, Infokomputer.
  • 2007, Onno W. Purbo, “Akses Internet Menggunakan 3G”, CHIP.
  • 2007, “ICT Infrastructure in Emerging Asia: Policy and Regulatory Roadblocks”, (co author) LIRNEAsia[32]
  • 2008, Onno W. Purbo, “Intel Platform Administration Technology”, Penerbit Andi.
  • 2008, Onno W. Purbo, “Panduan Mudah merakit + menginstal server linux”, Penerbit Andi.
  • 2008, Onno W. Purbo, “Membangun Pemancar FM broadcast komunitas”, Penerbit Andi.
  • 2009, Onno W. Purbo, “Ayo memblok situs negatif”, Penerbit Andi.

Tulisan bebas yang dipublikasi di internet


Revo Arka Giri Soekatno

Revo Arka Giri Soekatno
Revo Alexandria.JPG

Revo Arka Giri Soekatno saat Wikimania, Alexandria, Mesir pada tahun 2008.
Lahir Revo Arka Giri Soekatno
2 Agustus 1975 (umur 34)
Ambon, Indonesia
Kewarganegaraan Indonesia
Nama Panggilan Revi Soekatno
Alma mater Universitas Erasmus Rotterdam
Universiteit Leiden
Pekerjaan Dosen
Wiraswastawan
Penulis
Sastrawan
Situs
Profil di Facebook

Revo Arka Giri Soekatno (biasa dipanggil Revo atau Revi; lahir di Ambon, 2 Agustus 1975; umur 34 tahun) adalah salah seorang pendiri Wikipedia bahasa Indonesia (WBI).[1] Ia menghabiskan waktu masa kecilnya berpindah-pindah sesuai dengan penempatan kerja ayahnya. Kedua orang tuanya berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Revo juga adalah seorang peneliti, wiraswastawan, dan penulis buku.

// <![CDATA[
//

Etimologi

Nama Revo Arka Giri memiliki arti tersendiri, seperti dikatakan oleh sang ayah. Revo dikatakan kependekan dari kata revolusi, dan karena ia dilahirkan pada bulan Agustus, suatu bulan revolusi di Indonesia, maka nama Revo melekat padanya. Namun kata ini bisa juga mirip dengan kata rêver dalam bahasa Perancis yang berarti “mimpi”. Kata Arka berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “api” atau “(panas) matahari”. Sedangkan Giri, yang juga berasal dari bahasa Sansekerta, berarti “gunung”. Jadi secara keseluruhan, sang ayah mengharapkan, mudah-mudahan ia, Revo Arka Giri, memiliki impian setinggi matahari. sebesar gunung dan terus menyala seperti api, yang tiada padam.[2]

Biografi

  • 1975: Ambon
  • 1975 – 1978: Yogyakarta
  • 1979 – 1981: Tokyo, Jepang
  • 1981 – 1982: Denpasar, Bali
  • 1981 – 1982: Jakarta
  • 1983 – 1986: Semarang, Jawa Tengah
  • ?: Belanda, Universitas Erasmus Rotterdam, jurusan Filsafat Ekonomi.
  • ? – 1999: Universitas Leiden dan mengambil jurusan Sastra Jawa.
  • 2006 – 2009: Universitas Leiden dan mengambil jurusan Sastra Jawa Kuna. Disertasi mengenai Kidung Tantri Kediri.

Saat ini ia sedang mempersiapkan buku: Surat-surat Melayu beraksara Jawa yang diharapkan akan segera terbit.[3]

Kiprah di Wikipedia bahasa Indonesia

Revo, artikel Figure di Majalah Chic edisi Februari-Maret 2007.

Pertemuan pertamanya dengan Wikipedia Indonesia pada tanggal 13 Maret 2003. [4] Saat itu ia sedang mencari informasi tentang suku Guanches di Spanyol dan lalu ia menemukan sebuah situs yang pada waktu itu masih terbilang “jelek” dan “kurang informasi”. [5] Revo segera mendapati bahwa situs tersebut dapat di edit dan lalu mulailah memberikan kontribusi pertamanya pada waktu itu. [6] Ia kemudian diangkat menjadi pengurus dan birokrat pertama Wikipedia Indonesia pada bulan Februari 2004. Pada tahun 2004 Revo telah menjadi narasumber dan secara aktif mendukung media mengenai Wikipedia Bahasa Indonesia secara umum maupun pada lingkup Wikipedia Indonesia itu sendiri. Artikel pertama yang dibuat ia adalah tentang filsafat. Pada artikel Tempo ia menyatakan bahwa meskipun semua orang bisa memberikan kontribusi apapun, Wikipedia masih berusaha menjadi ensiklopedia bebas, vandalisme biasanya tidak berlangsung lama karena dapat dideteksi oleh siapa saja. [7] Pada 2007, ia telah diwawancarai oleh Chic Magazine (majalah wanita), di mana ia mendorong lebih banyak perempuan untuk menulis di Wikipedia. [8] Revo juga pernah tampil di sebuah acara Metro TV sebagai kontributor aktif Wikipedia bahasa Indonesia.[9] Dia juga menjadi pembuka acara dalam seminar Wikipedia, salah satunya adalah Indonesia yang disponsori oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi selama ICT Award 2007,[10] di mana peserta tertarik menerima sebuah “pelatihan tangan” tentang cara untuk mengedit dan menulis di Wikipedia. Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Antara, Revo menyatakan bahwa tantangan bagi Wikipedia bahasa Indonesia di masa depan akan mempertahankan akurasi informasi. Wikipedia bahasa Indonesia pada tahun 2006 telah menjadi ketiga di Asia sebagai versi lokal dari Wikipedia yang paling cepat berkembang setelah Jepang dan Cina. .[10]

Referensi

Lihat pula

Winardi Sutantyo

Prof. Dr. Winardi Sutantyo (19 Mei 1944 – 10 Maret 2006) adalah seorang ahli astrofisika Indonesia. Ia adalah mantan staf pengajar di Departemen Astronomi, ITB, Bandung. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana astronomi di ITB pada tahun 1971, dan menyelesaikan pendidikan Doktor di Universitas Amsterdam, Belanda pada 1975. Bidang penelitian beliau adalah tentang supernova, bintang ganda pemancar sinar X dan pulsar.

Karya penting di bidang astronomi

Sebuah proses transfer massa pada bintang ganda dekat yang menciptakan piringan akresi dan pancaran sinar-X

Di kalangan astronom internasional, Winardi Sutantyo dikenal sebagai orang pertama yang mengemukakan teori terbentuknya Bintang Ganda Pemancar Sinar-X Bermassa Kecil (lebih dikenal sebagai Low Mass X-ray Binaries atau LMXB dalam istilah astronomi internasional)[1]. Model ini dikembangkan dalam menjelaskan terbentuknya Her X-1, sebuah obyek pemancar sinar-X di rasi Hercules. Dia menjelaskan bahwa agar sistem seperti Her X-1 dapat bertahan, maka haruslah terdapat bintang ganda yang sangat berdekatan dengan beda massa yang sangat besar. Dalam kasus ini, karena adanya perbedaan evolusi antara kedua komponen tersebut (komponen yang besar akan ber-evolusi lebih dulu daripada komponen yang kecil, lihat evolusi bintang), maka bintang bermassa kecil akan menerima massa dari komponen yang besar (proses transfer massa) segera setelah komponen yang besar ini mengembang dan mencapai batas Roche lobe. Hasilnya, bagian terluar (yang kebanyakan terdiri dari hidrogen) dari bintang bermassa besar akan hilang ke angkasa sebagai angin bintang, sebab bintang bermassa kecil tidak sanggup menampung aliran massa tersebut dikarenakan Roche-lobenya yang kecil. Pada fase ini, kedua bintang dikatakan berada pada tahap selubung bersama. Hilangnya massa juga mengakibatkan hilangnya momentum sudut sehingga kedua bintang akan semakin mendekat sehingga Roche-lobe masing-masing akan semakin mengecil. Mengecilnya Roche lobe dan hilangnya massa di permukaan akan membuat bintang bermassa besar seperti “ditelanjangi”, dan menampakkan intinya yang sedang melangsungkan pembakaran helium. “Bintang helium” ini adalah sebuah bintang yang sangat tidak stabil dan merupakan calon supernova. Ketika supernova meledak, akan sanggup menendang pasangannya menjauh. Supernova ini pada akhirnya akan ber-evolusi menjadi bintang netron. Ketika bintang bermassa kecil mulai ber-evolusi lebih lanjut, dia akan mengembang dan akan sanggup mengisi Roche-lobe-nya, hingga terjadi proses transfer massa untuk kedua kalinya. Proses transfer massa yang kedua inilah yang pada akhirnya menjadi sumber pemancar sinar-X, yaitu ketika bintang bermassa kecil memberikan massanya kepada bintang netron.

Karya penting lainnya adalah penjelasan mengenai sumber sinar-X yang ada di gugus bola. Winardi menduga bahwa sumber sinar-X ini disebabkan oleh sebuah tumbukan antara bintang raksasa dengan bintang netron[2].

Karya di bidang lain

Beliau adalah penulis beberapa seri buku komputer, di antaranya “Secepat dan Semudah 123”, seri “Menggunakan Microsoft Office Word”, seri “Menggunakan Microsoft Office Excel”, “Pemrograman dBASE III plus”.

Untung Rahardja

Ir. Untung Rahardja. M.T.I
Lahir Jakarta, Indonesia
Kewarganegaraan Indonesia
Nama Panggilan Untung rahardja
Pekerjaan Dosen
Wiraswastawan
Anak 2 perempuan
Situs
Pribadi rahardja
Facebook

Ir. Untung Rahardja,M.T.I. (lahir di Jakarta, 31 Maret 1965 ) adalah pendiri salah satu Perguruan Tinggi di Tangerang, Banten. dengan nama Perguruan Tinggi Raharja. Latar belakang Pendidikan, 1989 (S1) University Of California Berkeley, USA, Program Electric Engineering, 2007 (S2) Universitas Indonesia Program Studi Magister Teknologi Informasi, 2008 (S3) sedang menempuh Program Doktor Program Studi Ilmu Komputer di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

// <![CDATA[
//

Penelitian (Research)

  1. Digital Technology
  2. Data Warehouse
  3. Students Information Services
  4. Raharja Multimedia Edutainment
  5. Absensi Online
  6. Raharja Web Wide
  7. Students Information Services Versi 2.0
  8. SIS Executive
  9. Program Keuangan “Green Orchestra” (GO)
  10. Konsentrasi Unggulan : Creative Communication And Innovative Technology (CCIT)(S1-SK)
  11. Raharja Certified English Proficiency(RCEP)
  12. Konsentrasi Unggulan : Business Intelligence (BI)(S1-SI)
  13. Konsentrasi Unggulan : Artificial Informatics (AI)(D3-TI)
  14. Konsentrasi Unggulan : Web Graphic Design (WGD)(D3-MI)
  15. Konsentrasi Unggulan : Web Based Accounting System (WBAS)(D3-KA)

History Pekerjaan

  • 1986 s.d 1989 Asisten Dosen di University of California Berkeley, USA.
  • 1989 s.d 1993 Ir. IC Designer di ATMEL Silicon Valley California USA.
  • 1994 s.d 1996 Dosen di Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang.
  • 1997 s.d 1998 Kepala bagian Pendidikan LPPK Raharja.
  • 1999 s.d 2003 Direktur AMIK Raharja Informatika.

Sekarang

  • 1994 s.d sekarang Direktur Sky Computer
  • 2003 s.d sekarang Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  • 2003 s.d. sekarang Ketua STMIK Raharja.
  • 2007 s.d. sekarang Ketua Raharja Enrichment Centre
  • 2008 s.d. sekarang Ketua APTIKOM Komisariat X Wilayah IV Jawa Barat & Banten
  • 2008 s.d. sekarang Asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT)

Publikasi (Publications)

  • 2004 : Seputar E-Commerce & Keraguan Alih Teknologi
  • 2004 : Menjadi WEB Developer yang efektif dengan menggunakan ASP.NET sebagai Web Builder Aplication
  • 2005 : Wireless Solusi Keterbatasan Kabel
  • 2005 : Optimalisasi Decision Support System dengan Konsep Data Warehousing pada Perguruan Tinggi Raharja
  • 2005 : Input, Output Database dan Uji Kendali untuk Data Warehousing
  • 2005 : Implementasi Warnet sebagai solusi kebutuhan Teknologi di Perguruan Tinggi Raharja
  • September 2004 : Menerima “Beasiswa Pendidikan Pasca Sarjana” (BPPS 2004/2005) S2 Dikti dari Universitas Indonesia Jakarta.
  • Juni 2007 : Menerima Penghargaan “Entrepreneur Indonesia Award” dari Yayasan Anugerah Profesional Indonesia (YAPI)
  • Oktober 2007 : Menerima Penghargaan “Indonesian Quality & Development Award 2007” dari Yayasan Anugerah Profesional Indonesia (YAPI)
  • April 2008 : Menerima Penghargaan “Visi Indonesia 2015 Profil Pribadi Berprestasi Menuju Indonesia Baru” dari Pusat Profil dan Biografi Indonesia.
  • Juli 2008 : Candidate for inclusion in the 2009 Edition of Who’s Who in the World dari USA.
  • September 2008 : Menerima “Beasiswa Pendidikan Pasca Sarjana Program Doktor (S3)” (BPPS 2008)Dikti dari Universitas Gadjah Mada (UGM)Yogyakarta.
  • Juli 2009: Menerima nominasi “International Educator of Teh Year 2009” dari International Biographical Centre in Cambridge, England

Buku/Jurnal/Paper yang dibuat

  • Untung Rahardja, Ir., Henderi, S.Kom., Eko Wahyudi,Internet dan E-Commerce, penerbit Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang, 2004.
  • Untung Rahardja, Ir., Sucipto, S.Kom., Henderi, S.Kom., Konsep Dasar Analisa Sistem Informasi, Penerbit Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang 2004.
  • Untung Rahardja, Ir., Sucipto, S.Kom., Henderi, S.Kom., Analisa Sistem Informasi Lanjutan Konsep dan Teknik Pengembangan, Penerbit Perguruan Tinggi Raharja, 2004
  • Untung Rahardja, Ir., Sucipto, S.Kom., Dina Fitria Murad, S.Kom., Computer Network Architecture, Konsep dan Aplikasi, Penerbit Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang, 2004.
  • Untung Rahardja, Ir.,Seputar E-Commerce & Keraguan Alih Teknologi, Penerbit Perguruan Tinggi Raharja, 2004
  • Untung Rahardja, Ir., Eko wahyudi, Menjadi WEB Developer yang efektif dengan menggunakan ASP.NET sebagai Web Builder Aplication, Penerbit Perguruan Tinggi Raharja, 2004
  • Untung Rahardja, Ir., Deddy Hidayat, S.Kom., Sampe H Simanungkalit, Wireless Solusi Keterbatasan Kabel, Penerbit Perguruan Tinggi Raharja, 2005
  • Untung Rahardja, Ir., Sucipto, S.Kom., Meta Amalya Dewi, Optimalisasi Decision Support System dengan Konsep Data Warehousing pada Perguruan Tinggi Raharja, Penerbit Perguruan Tinggi Raharja, 2005
  • Untung Rahardja, Ir., Sucipto, S.Kom., Epah Rizqiyah, Input, Output Database dan Uji Kendali untuk Data Warehousing, Penerbit Perguruan Tinggi Raharja, 2005
  • Untung Rahardja, Ir., Deddy Hidayat, S.Kom., Maimunah,S.Kom, Implementasi Warnet sebagai solusi kebutuhan Teknologi di Perguruan Tinggi Raharja, 2005
  • Untung Rahardja, Ir., Critical Success Factor Of It Planning Effectivines In A Developing Country, Perguruan Tinggi Raharja, 2005
  • Untung Rahardja,Ir.,M.T.I.,Henderi,S.Kom.,M.Kom., Rosdiana, S.Kom., Raharja Multimedia Edutainment Menunjang Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi Raharja, Penerbit Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang, 2007.
  • Untung Rahardja, Ir.,M.T.I.,Henderi, S.Kom.,M.Kom., Djoko,Dr.,DEA., Otomatisasi Pelayanan Akademik Kepada Mahasiswa Studi Kasus di Perguruan Tinggi, Penerbit Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang 2007.
  • Untung Rahardja, Ir.,M.T.I.,Mukti Budiarto, Ir., Maimunah, S.Kom., Absensi Online, Penerbit Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang 2007.
  • Untung Rahardja, Ir.,M.T.I.,Henderi, S.Kom.,M.Kom.,Sunar Abdul Wahid, Dr., MS., Revolusi Proses Bisnis Perguruan Tinggi Studi Kasus di Perguruan Tinggi Raharja, Penerbit Perguruan Tinggi Raharja, 2007.
  • Untung Rahardja, Ir.,M.T.I.,Maimunah, S.Kom, Mita Mulya Permata, Automated Track Recording Sebagai Sistem Pengamanan Pada Sistem Informasi, Penerbit Journal CCIT, Vol.1 No.2, Mei 2008.
  • Untung Rahardja, Ir.,M.T.I.,Dina Fitria Murad, S.Kom, Valent setiatmi, Pengontrolan Dan Otomatisasi Workflow Menggunakan Company Wide Web (CWW), Penerbit Journal CCIT, Vol.1 No.2, Mei 2008.
  • Untung Rahardja, Ir.,M.T.I.,Dina Fitria Murad, S.Kom, Siti Chalifatullah, Periodic Historical System Sebagai Evaluasi Strategis Dalam Mendukung Pengambil Keputusan , Penerbit Journal CCIT, Vol.1 No.2, Mei 2008.
  • Suryo Guritno, Prof., Drs., M.Stats., Ph.D., Untung Rahardja, Ir.,M.T.I.,Valent Setiatmi, S.Kom, , Access restriction Sebagai Bentuk Pengamanan Dengan Metode IP Token , Penerbit Journal CCIT, Vol.1 No.3, Mei 2008.
  • Tri Kuntoro Priyambodo.,Drs., M.Sc., Untung Rahardja, Ir.,M.T.I.,Siti Chalifatullah, S.Kom, Pengontrolan Mutu Sistem Informasi Dengan Metode Database Self Monitoring , Penerbit Journal CCIT, Vol.1 No.3, Mei 2008.
  • Untung Rahardja, Ir.,M.T.I.,Augury El Rayeb, S.Kom., MMSI., Hidayati, A.Md., , Men-capture EQ Dengan Melalui Daftar Nilai Indeks Mutu Komulatif (IMK) Berbasis ICT, Penerbit Journal CCIT, Vol.1 No.3, Mei 2008.
  • Untung Rahardja, Ir.,M.T.I.,Asep Saefullah, S.Pd., Anil Ram, Desain Sistem Pembelajaran Pada Jurusan Sistem Komputer Konsentrasi CCIT (Creative Communication and Innovative Technology), Penerbit Journal CCIT, Vol.1 No.3, Mei 2008.
  • Untung Rahardja, Maimunah, Siti Farhatus Saadah, Behavior Detector Dengan Menggunakan Data Mining,Penerbit Computer Science Research and Its Development (CSRID)Journal, STMIK Potensi Utama Medan, Vol.1 No.1 februari 2009.
  • Untung Rahardja, Sunar Abdul Wahid, Nia Haryani, Analisis Kinerja Student Information Services Menggunakan Technology Acceptance model (TAM), Penerbit Journal CCIT, Vol.2 No.2, Januari 2009.
  • Untung Rahardja, Asep Saefullah, M. Ramdani, Simulasi Kendali Kecepatan Mobil Secara Otomatis, Penerbit Journal CCIT, Vol.2 No.2, Januari 2009.
  • Untung Rahardja, Muhamad Yusup, Lilik Agustin, Pengontrolan Mutu Sistem Informasi Dengan Metode Database Health Monitoring, Penerbit Journal CCIT, Vol.2 No.3, Mei 2009.
  • Untung Rahardja, Retantyo Wardoyo, Shakinah Badar, Penerapam Metode Data Mart Query (DMQ) dalam Distributed Database System, Penerbit Journal CCIT, Vol.3 No.1 September 2009.
  • Untung Rahardja,Hidayati, Shanikah Badar, Educational Measurement dengan Menerapakan indeks Mutu Kumulatif, Penerbit Pusat pengelolaan Jurnal Ilmiah Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta, Vol.6 No.3, September 2009.
  • Untung Rahardja, Jazi Eko Istiyanto, Valent Setiatmi, Global Password for Ease of Use, Control and security in Elearing, Paper in ICCIT, 8 Agustus 2009.
  • Untung Rahardja, Edi Winarko, Muhamad Yusup, Behavior Detection Using The Data Mining, Paper in ICCIT, 8 Agustus 2009.
  • Jazi Eko Istiyanto, Untung Rahardja, Sri Damayanti, Critical Sucess off E-Learning Effectiviness in a Developing Country, Paper in ICCIT, 8 Agustus 2009.
  • Untung Rahardja, Retantyo Wardoyo, Shakinah Badar, Application of Data Mart Query (DMQ) in Distributed Database System, Paper in ICCIT, 8 Agustus 2009.
  • Suryo Guritno, Untung Rahardja, Hidayati, Statistic multivariate using Auto Generated Probabilistic Combination on Forming schedule study Plan, Paper in ICCIT, 8 Agustus 2009.
  • Saifuddin Azwar, Untung Rahardja, Siti Juleha, Implementation of IMK in Educational Measurement, Paper in ICCIT, 8 Agustus 2009.
  • Untung Rahardja, Augury El Rayeb, Asep Saefullah, Siapa Saja Bisa Membuat Website dengan CSS dan HTML metode Baca-Coba-Lihat, Penerbit Andi Yogyakarta, 2009.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Ebay

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Archives

%d bloggers like this: