10 Kandidat Pemain Terbaik Piala Dunia 2010

10 Kandidat Pemain Terbaik Piala Dunia 2010

Pemain Terbaik Piala Dunia 2010 akan diumumkan setelah final.
Jum’at, 9 Juli 2010, 18:10 WIB
Edwan Ruriansyah
Wesley Sneijder (Schalk van Zuydam/AP)

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) secara resmi telah merilis daftar kandidat Pemain Terbaik Piala Dunia 2010. Mereka akan meraih bola emas (Golden Ball) persembahan adidas.

Sekjen FIFA, Jérôme Valcke dan CEO Group adidas, Herbert Hainer mengumumkan daftar yang diisi 10 pemain itu. Mereka dipilih oleh FIFA Technical Study Group yang di antaranya beranggotakan beberapa mantan pemain seperti Kalusha Bwalya dan Christian Karembeu serta mantan pelatih Gérard Houllier.

Dari daftar itu trio Diego Forlan, Wesley Sneijder dan David Villa berpeluang meraih gelar ganda bersama top skorer. Forlan telah mencetak 4 gol dan Sneijder serta Villa 5 gol. Pemain Terbaik Piala Dunia akan diumumkan setelah final, 11 Juli 2010.

Berikut daftar kandidat itu:
Diego Forlan (Uruguay, nomor kostum 10)
Asamoah Gyan (Ghana, 3)
Andres Iniesta (Spanyol, 6)
Lionel Messi (Argentina, 10)
Mesut Oezil (Jerman, 8)
Arjen Robben (Belanda, 11)
Bastian Schweinsteiger (Jerman, 7)
Wesley Sneijder (Belanda, 10)
David Villa (Spanyol, 7)
Xavi (Spanyol, 8)

Pemenang sebelumnya:
1982: Paolo Rossi (Italia)
1986: Diego Maradona (Argentina)
1990: Salvatore Schillaci (Italia)
1994: Romario (Brasil)
1998: Ronaldo (Brasil)
2002: Oliver Kahn (Jerman)
2006: Zinedine Zidane (Prancis)

7 Alasan Belanda Mampu Taklukkan Spanyol

Tujuh alasan Belanda dapat membuat kejutan dengan menaklukkan Spanyol.
Sabtu, 10 Juli 2010, 06:03 WIB
Toto Pribadi
Kuartet Belanda: Van der Vaart, Sneijder, Robben & Kuyt (AP)

VIVAnews – Tim nasional Spanyol sepertinya sedikit lebih diunggulkan di final Piala Dunia 2010 kontra Belanda. Namun Belanda juga menyimpan potensi untuk membuat kubu La Furia Roja menelan pil pahit.

Seperti dilansir The Spoiler, Sabtu 9 Juli 2010, ada tujuh alasan mengapa De Oranje mampu menaklukkan penguasa Eropa itu dalam duel yang akan digelar di Soccer City Stadium, Minggu 11 Juli 2010 nanti.

Alasan Pertama: Wesley Sneijder
Dialah otak dan sesekali menjadi pahlawan keberhasilan Belanda hingga melaju ke babak final. Kapasitas Sneijder juga telah diperlihatkan bersama klubnya Inter Milan yang mampu menyapu bersih semua trofi musim ini. Gelandang enerjik ini juga mampu menyodok dalam daftar peraih Golden Boot dengan lima golnya. Ia juga menjadi pencetak gol penentu saat Belanda menaklukkan Jepang, Slovaki dan Brasil.

Alasan Kedua: Barisan Tengah Terbaik

Lima gelandangnya Arjen Robben, Sneijder, Dirk Kuyt, Mark Van Bommel dan Nigel De Jong merupakan kekuatan utama tim besutan Bert van Marwijk. Trio Robben, Kuyt dan Sneijder akan lebih fokus membantu penyerang dan menyerahkan pertahanan pertama pada sosok gelandang perusak Van Bommel dan De Jong. Perpaduan kelima pemain ini juga telah teruji dengan keberhasilan Belanda memenangkan semua pertandingan di Afsel hingga saat ini.

Alasan ketiga: Pertahanan Spektakuler
Sekuat apapun serangan, tim yang tak punya pertahanan apik akan mustahil menjadi jawara. Dan kubu Belanda menyadari itu. Kuartet pertahanan Joris Mathijsen, John Heitinga, kapten Giovanni Van Bronckhorst dan Gregory Van der Wiel yang dilapis Khalid Boulahrouz terlihat kokoh dan sulit ditembus. Kuartet Belanda ini tahu bagaimana mengatasi tekanan dan situasi.

Alasan empat: Kiper Maarten Stekelenburg
Sebelum berangkat ke Afrika Selatan, Stekelenburg memang tak pernah memperkuat Belanda di partai besar. Namun kiper Ajax Amsterdam ini mampu membuktikan kualitasnya. Penyelamatannya kerap kali mengundang decak kagum. Clean sheets atau tanpa kebobolan
di dua laga fase grup dan aksi menawan saat Belanda menyingkirkan Brasil cukup untuk memberikan ketenangan pada Van Marwijk.

Alasan Lima: Kerja Sama Tim
Setiap Piala Dunia digelar, Belanda selalu menjadi kandidat kuat meski hingga sekarang belum kesampaian. Kerja sama tim yang membuat banyak kalangan selalu yakin Belanda akan tampil sebagai juara.

Alasan Enam: Menang dengan Skor Tipis
Pada Piala Dunia kali ini, De Oranje telah mencatat rekor lima kemenangan tipis dengan selisih satu gol. Hanya kemenangan dari Denmark dengan skor meyakinkan 2-0. Dengan kenyataan ini tentu pertahanan Spanyol akan selalu dibuat was-was jika Belanda mampu unggul 1-0.

Alasan Tujuh: Hasrat Tim Cetak Sejarah
Dalam sejarah sepakbola Belanda, gelar Juara Dunia seakan selalu menjadi mimpi dan mimpi. Tak dinaungi Dewi Fortuna menjadi kambing hitam langkah Belanda di Piala Dunia. Menghapus kutukan kini menjadi pilihan mutlak Sneijder cs.

• VIVAnews

5 Kontroversi Wasit Spanyol vs Belanda
5 Kontroversi Sang Pengadil Final Spanyol vs Belanda.
Sabtu, 10 Juli 2010, 01:01 WIB
Toto Pribadi
Howard Webb (skysports)

VIVAnews – Partai puncak Piala Dunia 2010 akan dipimpin wasit asal Inggris Howard Webb. Meski diklaim sebagai salah satu wasit terbaik di dunia, namun sosok berkepala plontos ini juga punya sederet catatan kontroversial saat memimpin laga.

Webb akan memimpin pertandingan antara Spanyol kontra Belanda di final Piala Dunia, Minggu 11 Juli 2010. Dan tak salah tentunya untuk kembali mencoba menyimak kontroversi demi kontroversi yang dilakukan pria kelahiran Yoskshire ini.

Berikut ini 5 dosa Howard Webb sepanjang karirnya sebagai wasit:

Februari 2007: Chelsea vs Arsenal, Piala Carling. Pada pertandingan itu, Webb mengusir pemain Chelsea John Obi Mikel dan dua pemain Arsenal Kolo Toure dan Emmanuel Adebayor. Webb dianggap lebih memihak Chelsea.

Juni 2008: Austria vs Polandia, Euro 2008

Di pertandingan penting internasional pertamanya, Webb memberikan hadiah penalti kepada Austria di menit-menit akhir pertandingan. Saat itu, pelatih Polandia Leo Beenhakker menilai Webb tak pantas memimpin pertandingan besar.

April 2009: Manchester United vs Tottenham Hotspur, Premier League

Saat itu Spurs unggul 2-0 di paruh pertama dan membuat MU saat itu terancam kehilangan gelar.Namun keputusan Webb memberikan penalti kepada MU saat kiper Spurs Heurelho Gomes dianggap melanggar Michael Carrick menjadi petaka. Padahal dari tayanan ulang, Gomes menyentuh bola bukan Carrick. Spurs sendiri harus kalah 5-2 di Old Trafford.

Juni 2009: Brasil vs Mesir, Piala Konfederasi

Saat itu kedudukan sama kuat 3-3 sebelum akhirnya Webb memberikan penalti kepada Brasil akibat handball Ahmed Al Muhamadi. Selain mengusir sang pemain, Webb juga memberikan penalti. Tentu jumlah pemain jadi tak seimbang.

Januari 2009: Birmingham vs Wolves, FA Cup

Ini menjadi performa terburuk Webb sepanjang karirnya sebagai pelatih profesional. Dan Webb juga mengakui dengan menyebut ‘ini penglihatan terendah saya sepanjang karir perwasitan’. Dua kekeliruan telah dilakukannya.

Pertama, ia tidak memberikan penalti saat bek Wolves Richard Stearman melanggar keras Marcus Bent. Kedua, di awal babak kedua Webb justru memblok umpan Radhi Jaidi yang akhirnya jatuh ke kaki Michael Kightly dan parahnya berbuah gol.

• VIVAnews

Ini Dia Video Gurita-Paul Ramal Spanyol

Terbukti benar memprediksi semua laga Jerman, ini ramalan Paul siapa juara dunia kali ini.
Sabtu, 10 Juli 2010, 09:02 WIB
Karaniya Dharmasaputra
Paul si gurita menjagokan Spanyol ungguli Jerman (AP Photo/dapd/Mark Keppler)

VIVAnews – Di Piala Dunia 2010, bukan cuma David Villa dan vuvuzela yang tenar namanya. Pesta sepak bola sejagat di Afrika Selatan ini juga melambungkan nama seekor “dukun” berkaki delapan. Dialah Gurita Paul.

Terbukti selalu benar memprediksi semua laga Jerman di babak-babak sebelumnya, termasuk ketika ditekuk Spanyol 0-1 di semifinal, ramalan si Paul siapa juara dunia kali ini kembali ditunggu-tunggu jutaan warga dunia, terkhusus para penjudi bola. Di partai final pada Senin dini hari nanti, 12 Juli 2010, Spanyol akan menghadapi Belanda. Dan menurut nujum sang gurita, juara dunia kali ini adalah El Matador. Rekaman video aksi Gurita Paul bisa ditonton di sini. Kita tunggu, sesakti apa makhluk air ini membaca masa depan.

Prediksi Paul Dipengaruhi Warna-warna Terang?

Ramalan Paul dilakukan dengan cara memilih satu di antara dua kubus kaca berisi bendera.
Sabtu, 10 Juli 2010, 15:04 WIB
Zika Zakiya
Paul si gurita menjagokan Spanyol ungguli Jerman (AP Photo/dapd/Mark Keppler)

VIVAnews – Paul si Gurita peramal menjadi buah bibir karena tepat dalam memilih pemenang pertandingan di Piala Dunia 2010. Ramalan Paul dilakukan dengan cara memilih satu di antara dua kubus kaca berisi bendera negara lawan.

Namun apakah Anda memperhatikan kalau pilihan Paul selalu jatuh pada negara dengan warna yang lebih mencolok alias terang? Contohnya terjadi saat Jerman dikalahkan Serbia di fase penyisihan Grup.

Paul saat meramalkan Jerman kalah dari Serbia

Warna bendera Serbia adalah paduan warna mencolok, yakni merah, biru, putih, dengan lambang berwarna dasar merah di tengah ketiga warna itu. Paul dengan tangkas memilih warna Serbia dibanding Jerman yang memiliki paduan warna hitam, merah, dan kuning.

Benar saja, ternyata pilihan Paul benar karena Serbia menang 1-0 atas Jerman.

Masuk di fase 16 besar kembali Paul diminta meramalkan pertandingan Jerman kontra Inggris. Di sini warna bendera Jerman lebih nge-jreng dari pada bendera Inggris yang berdasar putih dengan salib besar berwarna merah.

Kembali Paul memilih bendera dengan warna paling mencolok di antara keduanya, yakni Jerman. Sekali lagi ‘ramalan’ itu benar karena Jerman menang telak 4-1.

Di babak perempat final, gantian Argentina yang disandingkan dengan bendera Jerman. Warna bendera Argentina yang didominasi warna biru lembut dan putih tidak menarik perhatian Paul.

Akhirnya si Gurita yang diasuh Oliver Walenciak memilih warna bendera Jerman. Benar lagi, tim Panser mencukur tim Tango 4-0.

Paul si gurita menjagokan Jerman ungguli Argentina

Namun di semifinal warna bendera Jerman kalah ngejreng dibanding warna bendera Spanyol. Warna bendera tim Matador adalah merah dan kuning dengan logo kerajaan di tengahnya.

Jelas warna ini lebih cerah dibanding bendera Jerman yang memiliki warna hitam. Bisa ditebak kalau si Paul kembali memilih warna yang lebih mencolok yakni milik Spanyol.

Paul  si gurita menjagokan Spanyol ungguli Jerman

Entah terpengaruh atau tidak dengan hasil ramalan itu, Jerman tumbang di tangan Spanyol dengan skor tipis 0-1. Ramalan ini bahkan sempat membuat Paul sebagai makhluk yang paling dibenci di Jerman.

Lepas dari kontroversi, kembali Paul memilih pemenang untuk partai final antara Spanyol vs Belanda serta perebutan tempat ketiga antara Jerman kontra Uruguay. Seperti yang Anda lihat, warna bendera Belanda merah, putih, biru masih kurang mencolok dibanding bendera Spanyol.

Paul jagokan Spanyol dibanding Belanda

Paul si Gurita memilih Jerman dibanding Uruguay

Warna bendera Uruguay pun nyaris sama dengan bendera Argentina. Tak salah bila kemudian Paul memilih Jerman dibanding bendera negara Diego Forlan cs.

Gurita masuk dalam daftar hewan dengan kecerdasan tinggi. Gurita terbukti punya memori jangka pendek dan panjang. Kepala bagian Perawatan Hewan Weymouth Sea Life Park, Fiona Smith, mengatakan,”Biasanya gurita seperti Paul sangat pintar. Kami samakan kepintaran mereka dengan anjing. Mereka suka menyelesaikan masalah.”

Menurut Wikipedia, mata gurita “bisa” membedakan polarisasi cahaya. Namun diragukan apakah dia bisa mengenali warna atau tidak.

Meski demikian, hasil ‘ramalan’ Paul di Piala Dunia 2010 selalu menunjuk pada warna yang lebih terang. Apakah hasil ini juga kembali jadi nyata?

• VIVAnews

Simpanse Tantang Gurita Paul

Simpanse pintar bernama Pino telah memprediksikan Belanda akan tampil sebagai juara dunia.
Sabtu, 10 Juli 2010, 02:16 WIB
Toto Pribadi
Simpanse

VIVAnews – Paul Si Gurita peramal memang menjadi fenomena menarik di Piala Dunia 2010 ini. Pada partai final, Spanyol kontra Belanda, Paul telah menentukan pilihan jika Spanyol akan menaklukkan Belanda.

Paul selalu tepat memprediksikan laju Jerman di Afrika Selatan. Gurita ini pula yang menentukan jika langkah Der Panzer terhenti di tangan Spanyol. Melihat catatan ramalan Paul, tentu pendukung Belanda akan dibuat was-was.

Namun kini ada peramal baru yang dapat membuat suporter De Oranje bahagia. Jika Spanyol mendapat dukungan gurita maka Belanda mendapat dukungan dari seekor simpanse.

Seperti yang dilansir sebuah tabloid Estonia, Ohtuleht, Sabtu 10 Juli 2010, seekor simpanse pintar bernama Pino telah memprediksikan Belanda akan tampil sebagai juara di turnamen sepakbola terakbar itu.

Sayangnya prediksi Pino sedikit bias. Pasalnya, simpanse cerdas ini lahir di Amsterdam, Belanda. Pino merupakan penghuni kebun binatang di Tallinn, Estonia setelah didatangkan pada 1994 silam.

Dalam ritual ramalannya, Pino ditawarkan dua kantong kertas yang berisi makanan ringan, masing-masing dihiasi dengan bendera Belanda atau Spanyol. Dia langsung memilih kotak berwarna Merah, Putih dan Biru yang merupakan bendera Belanda.

Uji coba di kebun binatang Estonia ini juga dilakukan pada seekor babi berjenis Red River Afrika. Meski terlihat ragu-ragu, namun babi ini juga memilih kotak berbendera Belanda.

Kini, tinggal menunggu dukun siapa yang lebih kuat untuk partai final nanti. Belanda mendapat dukungan seekor simpanse dan babi sedangkan Spanyol mendapat dukungan dari gurita.

• VIVAnews


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Ebay

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Archives

%d bloggers like this: