Cara Menyelesaikan Rubik(kubus Puzzle)

Saat ini banyak orang bermain rubik dari 3×3 sampai  4×4, nah pada kesempatan kali ini saya akan memberita cara menyelesaikan rubik tanpa rumus. Melainkan menggunakan sebuah software komputer khsusus, walau sebenarnya software ini berisi petunjuk- petunjuk main rubik secara benar.

Nah yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan rubik adalah hanya dengan mengikuti petunjuk dan rumus yang disediakan oleh software ini, Sayangnya ini hanya bisa digunakan untuk menyelesaikan rubik 4×4 . Walau begitu yang terpenting adalah bagaimana kita memahami bermain rubik yang benar.

Jadi intinya software rubik ini membantu kita dengan menggunakan langkah-langkah yang berupa rumus, supaya kita bisa memahami cara menyelesaikan rubik. Ini tujuannya, jadi bukan untuk membuat anda sekejap mampu menyelesaikan tanpa rumus. Bisa dikatakan software rubik ini hanya sekedar membantu kita dalam bermain. Tapi tidak untuk menyelesaikan melalui software ini, tetap dibutuhkan intuisi dan kemampuan anda sendiri.

Yah! yang namanya teckhnology pastilah hanya sekedar cara untuk membantu bukan. Nah bagi kamu yang sudah tidak sabar untuk menyelesaikan kubus rubik 4×4. Silahkan gunakan software yang bernama “How to Solve A Rubik’s Cube”.

Download DISINI (1,38 Mb)

Ini adalah buatan dari blogger bernama martik, anda bisa juga membaca artikel tentang cara menyelesaikan rubik di blognya.

Tentu saja sesuai judulnya, software ini menggunakan bahasa inggris. Jadi kamu mungkin harus buka-buka kamus untuk mengerti. Ya sekalin buat belajar bahasa inggris kan. Sesuai pepatah sambil menyelam minum air. Sambil main rubik kita belajar bahasa inggris wwkwkwkwk.

Tips : yang terpenting bukan bagaimana kamu mengetahui rumus rubik. Tapi bagaimana kamu bermain rubik 4×4 ini dengan kesenangan. Karena ini adalah tujuan yang sebenarnya. Karena dengan kesenangan bermain rubik, maka menyelesaikan ini akan berjalan lebih cepat.

Kubus Rubik

Kubus Rubik yang tercerai

Kubus Rubik yang terpecahkan

Kubus Rubik yang terbongkar

Kubus Rubik’s adalah sebuah teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 26 kubus kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika teka-teki ini terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.

Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei, 1980. Rubik’s dianggap merupakan mainan yang laris banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik’s termasuk imitasinya terjual.

Rekor tercepat dalam menyelesaikan Kubus Rubik’s (Rekor Indonesia) berhasil dicetak pada acara HUT MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) pada tanggal 31 Januari 2007 di Hotel Grand Candi, Semarang. Catatan waktu yang dibukukan adalah 19,33 detik atas nama Abel Brata Susilo.

Rekor Dunia dalam menyelesaikan Kubus Rubik’s dengan mata tertutup berhasil dicetak pada kompetisi Jakarta Open 2010 pada tanggal 31 Januari 2010 di FX Building, Jakarta. Rubik berukuran 3×3 dengan mata tertutup jumlah terbanyak yaitu 16 buah dalam waktu 57 menit diselesaikan atas nama Muhammad Iril dari Indonesia. Sebelumnya rekor dunia kategori ini dipegang Tong Jiang dari Cina dengan 15 kubus Rubik. Tidak hanya Muhammad Iril, Indonesia juga menempatkan putra bangsa di peringkat ketiga rekor dunia yaitu Wicaksono Adi dengan menyelesaikan 11 kubus Rubik tanpa melihat dalam waktu 55 menit 10 detik. Rekor Wicaksono dipecahkan saat Indonesia Open 2009. Semua rekor ini tercatat di Asosiasi Kubus Dunia (WCA).

Speedcubing

Definisi speedcubing adalah menyelesaikan Kubus Rubik’s  secepat mungkin. Di Indonesia sendiri speedcubing belum terlalu populer. Meskipun begitu, ada sekelompok pemuda Jakarta yang memiliki hobi speedcubing, akhirnya sepakat membentuk JRCC (Jakarta Rubik’s Cube Club). Visi mereka adalah mempopulerkan speedcubing agar sejajar dengan olahraga yang lain seperti catur, billiard, renang, dll. Melalui misi mengadakan kompetisi-kompetisi dan kegiatan-kegiatan speedcubing baik yang bertaraf lokal maupun internasional.

Kubik Solution_Guide(klik Here to download)

Comments
One Response to “Cara Menyelesaikan Rubik(kubus Puzzle)”
  1. hey everybody i m new here but willing to learn [url=http://pennystocksecret.wordpress.com]penny stock secret[/url] and [url=http://pennystocksecret.wordpress.com]penny stock trading[/url] tips from here !!

    any tips guys ?

    regards !

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Ebay

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Archives

%d bloggers like this: