Cetakan Fiber : Belajar membuat fiber Dan Hobby MODIFIKASI Motor


Kaca serat (Bahasa Inggris: fiberglass) atau sering diterjemahkan menjadi serat gelas adalah kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis dengan garis tengah sekitar 0,005 mm – 0,01 mm. Serat ini dapat dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain, yang kemudian diresapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi untuk digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal. Dia juga digunakan sebagai agen penguat untuk banyak produk plastik; material komposit yang dihasilkan dikenal sebagai plastik diperkuat-gelas (glass-reinforced plastic, GRP) atau epoxy diperkuat glass-fiber (GRE), disebut “fiberglass” dalam penggunaan umumnya. Pembuat gelas dalam sejarahnya telah mencoba banyak eksperimen dengan gelas giber, tetapi produksi masal dari fiberglass hanya dimungkinkan setelah majunya mesin.

Pada 1893, Edward Drummond Libbey memajang sebuah pakaian di World Columbian Exposition menggunakan glass fiber dengan diameter dan tekstur fiber sutra. Yang sekarang ini dikenal sebagai “fiberglass”, diciptakan pada 1938 oleh Russell Games Slayter dari Owens-Corning sebagai sebuah material yang digunakan sebagai insulasi. Dia dipasarkan dibawah merk dagang Fiberglas (sic), lihat juga merk dagang yang menjadi generik. Siapa pengen punya motor impian dengan desain body sesuai idaman kita? Atau pengen mewujudkan ide-ide liar bentuk body motor? Bisa aja semua itu diwujudkan… Bikin aja body motor hand made berbahan fiberglass. Sebelum liburan emang udah kurencanain libur 2 bulan lebih itu bakal kuiisi buat modif motor, salah satu rentetan modif itu ya coba-coba bikin body dari fiberglass. Sebelum liburpun aku udah mencari-cari referensi dari berbagai sumber baik dari tumpukan ratusan edisi tabloid koleksiku, antara lain Motor Plus, Ototren, Otoplus, maupun dari ubek-ubek internet. Mulai dari cari tau bahan-bahannya, cara mengaplikasikannya, gimana bikin cetakannya, sampai dimana tempat beli bahan-bahannya di sekitar daerahku. Belanja ini itu ternyata cuma abis dikit sekitar 100 ribuan. Buat bahan-bahan yang aku pake yaitu:(MORE….)

1. Resin. Ini buat bahan utamanya, ibarat bikin beton resin itu kayak semennya. Berbentuk cair warna merah.

2. Mat. Kalo yang ini yang bentuknya serat-serat putih itu loh…

3. Katalis. Ini bahan campuran resin yang berfungsi memperkeras resin.

4. Talk. Tugasnya ngebikin hasil akhir lebih keras dan kaku.

Langkah pertama adalah nentuin apa yang mau kita bikin dengan fiberglass. Ya iyalah harus tau kita mau bikin apa! Maksudnya kita bikin dulu cetakan body yang bakal kita bikin. Sebelum bikin cetakan, harus udah ditentuin model yang kita mau. Model itu bias dari kreasi sendiri atau niru model motor yang udah ada. Kalo mau lebih sip dari model yang kita mau bisa dibikin dulu model 3D-nya pake software macam Lightwave atau 3Dsmax trus diolah biar bisa di-print out hasilnya jadi bikin cetakan tinggal dibikin dari kertas yang udah dibikin dari model 3D tadi. Setelah cetakan terbentuk, langsung ke proses eksekusi. Tutupin bagian motor yang sekiranya bakal ketetsan resin pake kertas bekas. Bahaya nih kalo sampe nempel ke bagian motor lain bakalan susah banget diilangin bahkan mesti digerinda loh! Makanya mesti ati-ati banget biar tetep aman… Kalo udah, siapin bahan-bahan yang tadi udah disebutin ditambah alat-alat pendukung lain kayak kuas, gelas air mineral, pengaduk, dan kalo perlu sarung tangan buat ngehindarin gatelnya mat fiber. Racik bahan-bahan itu. Komposisinya setengah gelas resin ditambah talk kira-kira perbandingan 1:1. Diaduk-aduk trus ditambahin lagi katalis sekitar 10-12 tetes. Jangan kebanyakan katalis karena bisa kecepetan kerasny tuh adonan. Aduk lagi deh ampe rata.

Mari membuat lapisan pertama.

Pastikan permukaan bersih. Kalo perlu bisa ditambahin/dilapisin Mirror Glaze Mold Release biar ntar gampang dilepasnya tuh cetakan. Tapi kalo gak pun its okay… Olesin adonan “bubur” tadi pake kuas di cetakan body. Kamu punya waktu kira-kira 30 menit sebelum adonan itu keras. Tapi nyante ajayang penting rapi dan rata. Setelah 1 lapis selesai, biarin dulu 10 menit sampe agak kering dikit terus ditempelelin tuh matnya cukup 1 lapis tiap bagian. Setelah semua dilapisin mat, olesin lagi pake adonan resin tadi. Tunggu 1 lapisan ini agak kering. Buat lapisan kedua dan seterusnya adonan yang dipake cukup resin + katalis aja karena kalo pake talk lagi, hasil akhirnya bakal terlalu berat. Lagian Lapisan pertama yang pake talk itu udah cukup buat semacam “pondasi”.

Nah karena udah ada pondasinya, lapisan berikut cukup dilapis batu bata dan semen, eh maksudnya mat dan resin+katalis. Buat komposisi tetep sama, setengah gelas resin ditambah 10-12 tetes katalis. Langsung aja lapisan kedua dibikin. Tampelin mat merata ke semua sisi. Olesin lagi pake adonan resin+katalis sampe merata. Kita bisa bikin sampai kira-kira 3 lapis mat. Gak terlalu tebal tapi udah cukup kuat. Tunggu sampai semua bener-bener kering sekitar 6-8 jam. Lalu pisahin dari cetakan deh. Gimana hasilnya? cra 1 lagi gan..

Cara ngebuat Fiberglass dan formulanya Selama ini, gw cuma bisa menikmati barang-barang dari Fiberglass tapi ga pernah tau cara buatnya. Nah, setelah ubek-ubek dan surfing banyak banget dari beberapa forum dalam dan luar, gw kumpulin aja jadi satu seluruh formula-nya. Semoga membantu…

Tapi jangan nanya gw yak soal prakteknya… Soalnya gw juga lagi nyoba-nyoba sendiri nih. Ntar kalo ada informasi lagi, gw update pastinya. For foreign, if you want to ask about these tutorial, i will translate it to english for you…. Bahan : Resin (bahan dasar) Katalis (pengeras…) Matt (Serat kaca) Gel (pembatas cetakan) Talc (agar campurn resin menjadi kental seperti plastic) Silicon RVT (buat cetakan duplikasi) Carbon Cloth / Fiberglass Cloth Mirror Glazer (agar resin tidak menempel) atau Vaselin (non cosmetic) Meguair (ga tau gunanya)

Ada beberapa cara :

1. Resin + Katalis = mudah pecah

2. Fiberglass Cloth + Resin + Katalis

3. Resin + talk + Katalis = Kuat Perbandingan campuran.

Resin : Katalis = 1 liter : 10cc (0,01 L) Cara buat cetakan Fiber. Kekurangan : sulit membentuk sudut2 tajam. Kelebihan : murah dan mudah Saran : Ini untuk membuat beberapa hasil jadi yang disambung menggunakan mur dan baut (atau per pieces)

Rubber Kekurangan : Harga mahal, mudah sobek Kelebihan : mudah membentuk sudut2 tajam Karton / Kardus Kekurangan : Tidak kaku alias mudah mleot.

Kelebihan : sangat mudah dibuat, sangat murah, trus dapat menggunakan kawat nyamuk serta dempul. Tanah Liat Option terakhir karena sulit mencarinya, tapi jauh lebih mudah ngebentuknya. Untuk membuat sebuah master, membuatnya dapat dengan bahan-bahan tersebut di atas. Jika memiliki produk jadi dan ingin dibuat master, produk jadi tersebut di tutup menggunakan stiker atau selotape kertas yang lalu di lapisi dengan Mirror Glaze agar bahan fiber dalam bentuk resin tidak menempel. Sumber:http://www.windowscraze.com/forum/Belajar-buat-fiber-yok….

MERANCANG KOLAM KOI DARI FIBER Design Bak Fiber : UDIN ( Tukang Koi ) Work Shop : Queen Fiber ( Cipaku-Bogor ) Bermula dengan berkembangnya kegiatan dalam memelihara ikan koi, banyak muncul permasalahan yang dirasakan oleh para penghobi ikan koi, mulai dari pembuatan kolam system filter, kolam karantina dan sampai keterbatasan lahan yang dimiliki oleh penghobi itu sendiri. Kolam fiber banyak sekali manfaatnya untuk kegiatan memelihara ikan koi al:

  1. Karantina ikan untuk pengobatan ikan
  2. karantina ikan untuk persiapan lomba
  3. Pemijahan ikan koi
  4. Penetasan telur ikan koi
  5. Pembesaran ikan koi untuk ukuran kecil
  6. Pengukuran ikan koi
  7. Untuk kegiatan pameran atau jualan ikan koi

Dengan adanya kebutuhan fasilitas untuk ikan koi, maka tahun 2006 kami mulai merancang kolam fiber dan ingin berbagi kepada penghobi khususnya mengenai merancang kolam koi dari bahan fiber serta proses pembuatannya.

MERANCANG KOLAM

Dalam merancang kolam yang harus diperhatikan adalah : – Dimensi kolam – System filter – Instalasi pipa inlet dan outlet Pembuatan Cetakan Moulding Membuat cetakan bak fiber yaitu menggunakan bahan dari kayu dan triplek melamin, kemudian dibentuk sesuai dengan gambar yang kita design. Setelah kebentuk cetakan kemudian difinishing pada bagian-bagian yang kasar sampai halus.

Hasil Cetakan Fiber Terlihat pada gambar hasil cetakan yang masih kasar, dan belum dipotong bagian-bagian luar dari bak fiber. Pemasangan Sistem Filter Selanjutnya pemasangan sekat-sekat untuk sistem filter sesuai dengan rancangan pada gambar rencana. Tutup Filter Tutup filter dibuat untuk menutupi bagian dari sistem filter agar kolam terlihat rapi dan indah. Sistem Filter Sistem filter dengan menggunakan sistem Up and Down , maksudnya semua kotoran yang dibawa oleh air tertahan dibagian bawah media filter. Inlet dan Outlet Inlet dan outlet dibuat dengan maksud untuk sirkulasi air yang masuk kedalam kolam dan air yang masuk kedalam sistem filter. Inlet digunakan untuk memasukan air kekolam dengan menggunakan pompa, sedangkan Outlet digunakan untuk saluran air dan kotoran yang ada dikolam dapat masuk kedalam sistem filter.

Saluran Pembuangan Saluran buang dibuat untuk membuang air kotor yang tertahan oleh media filter, setiap kotak filter terdapat masing-masing saluran pembuangan. Penahan Media Penahan media Filter berguna untuk menahan media agar tidak jatuh sampai dasar kolam, jadi pada bagian bawah media filter hanya berisi kotoran-kotoran yang dikeluarkan oleh ikan koi. Finishing Fiber Setelah bak fiber sudah terbentuk sebuah kolam dengan sistem filter kemudian dirapihkan pada bagian-bagian yang kasar dengan menggunakan amplas dan selanjutnya pengerjaan pengecatan pada bagian luar bak fiber

Bak Fiber sudah finish Bak Fiber yang sudah jadi kemudian diberi Label dan siap dikirim ke konsumen Demikian penjelasan singkat tentang proses pembuatan kolam koi dari fiber, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat para penghobi ikan koi di tanah air. Tapi sangat disayangkan masih ada orang yang tega membajak karya design kami tanpa sijin dan koordinasi dengan kami, bahkan banyak penjual mengklaim bak fiber tersebut hasil rancangannya.

(Selanjutnya…..)

Cara Membuat Kapal Fiber

Gambar : minyak resin

Kapal yang terbuat dari Fiberglass merupakan type kapal cepat , digunakan sebagai kapal Patroli, kapal pribadi, atau kapal untuk transportasi laut atau sungai, karena bobot yang ringan dan cukup kuat, sehingga kerja dari motor/mesin penggerak baling baling pendorong/kipas bekerja secara maksimal,mesin kapal fiberglas menggunakan mesin diesel yang diinstalasi didalam lambung kapal .atau mesin bensin tempel.

penjelasan fiberglass:

Secara theory, fiberglass itu kalo di bahasa ilmiahnya jarang ditemui, yang dimaskud fiber/serat adalah penguatnya saja, yang termasuk dalam hal ini juga carbon fiber, atau aramid, Jadi barang jadinya namanya glass fiber reinforment plastic (GFRP), atau CFRP. Dan itu memang yang di gunakan sebagai bodi atau frame pada sebuah kapal atau bisa juga untuk kendaraan,alat – alat rumah tangga seperti tangki air dan sebagainya.

Jadi yang liquid itu plastiknya (matrik), ratusan jenisnya, cuman yang biasa dipakai adalah Epoxy resin, biasanya orang menyebutnya resin saja. Resin ini belum berupa polymer jadi harus dijadikan polymer biasanya dicampur apa yang disebut sebagai katalis/hardener (keduanya terjual terpisah). Hardener ini yang akan membantu resin menjadi polimer dan menjadi keras. untuk memperkuatnya ditambahkan fiber( woven roving/mat) didalam adonan resin +hardener = jadilah apa yang bisanya disebur fiberglass meskipun lebih tepatnya GFRP tadi.

karena mengandalkan reaksi saja maka tidak memerlukan material yang aneh (tahan temperature) saat mencetak, makanya cetakannnya (mold) bisa apa ajah pada dasarnya bisa juga kayu atau plat, tapi klo untuk cetakan membikin kapal sebaiknya digunakan dari kayu dengan teriplex disamping pleksible bahannya murah serta mudah didapat.

Sebelum memulai mempelajari cara membuat kapal dari bahan fiberglass, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu bahan bahan yang akan digunakan :

Bahan – Bahan :
1. Minyak Resin( epoxy resin ) : minyak resin bahan dasarnya terbuat dari minyak bumi dan residu tumbuhan
2. Katalis (catalis) : cairan kimia untuk campuran minyak resin supaya terjadi pengerasan secara kimia atau sering juga di sebut hardener
Gambar : Katalis/Hardener
3. Talk (tepung khusus) : talk diguna untuk membuat lemfiber(jackcoat) serta untuk membuat campuran cat plincoat4. Mat/mesh (serat halus) : terbuat dari bahan polyester,berguna sebagi media lapisan permukaan sebuah plat fiber
Gambar : Mat
5.Roving (serat kasar) : terbuat dari bahan polyester/epoxy,digunakan sebagi media lapisan tengah dari plat fiberglass.
 
6. Kayu dan Triplek glossi : digunakan untuk membuat mold (wadah cetakan) bentuknya dibuat sebesar gambar/design permukaan luar dari lambung kapal.
7. Cat Plincoat : digunakan untuk mewarnai sekaligus menghaluskan permukaan lambung kapal.

gambar : Woven Roving

8. Bahan-Bahan pelengkap lainnya : seperti mesin penggerak kipas,dinamo listik,alat nafigasi,alat komunikasi dan lain-lain sesuai kebutuhan.
 
Alat-alat yang digunakan :
1. Kuas Roll/dan Kuas Biasa
2. Mesin Gerinda
3. Mesin Mixer
4. Mesin Bor dan Ampelas
5. Perkakas kayu
Langkah- Langkah Pengerjaan Pembuatan Kapal dari Fiber:
1. Pertama kita buat dahulu mold (wadah cetak) sebuah lambung kapal (sebaiknya dibuat di lokasi dekat laut/sungai besar) dengan kayu dan teriplek seperti gambar no 1 (mold/cetakan)
Gambar Proses pembuatan mold/ cetakan
2. Setelah mold (cetakan) selesai , terlebih dahulu permukaan dalam dari mold (cetakan) dilumasi dahulu dengan polish untuk memudahkan pembukaan mold setelah proses pembuatan kapal selesai , lalu cat dengan cat plincoat sebagai proses pewarnaan lambung kapal ( warna cat disesuaikan dengan keinginan), cat plincoat dihasilkan dari campuran talk, cat acrilic serta minyak resin (dalam proses ini penggunaan katalis di campur pada adonan cat plincoat pada saat digunakan saja / saat proses pengejaan saja).
setelah cat plincoat pada cetakan kering dan telah dihaluskan dengan amplas disc dengan menggunakan gerinda, proses pembuatan lambung kapal pun siap dimulai,lapisan pertama dengan balutan mat/mesh (serat halus) dan yg kedua dengan roving (serat kasar) serta balutan terakhir dengan mat lagi,semua lapisan balutan serat itu dilumuri/dicor dengan minyak resin yang telah dicampur katalis dengan menggunakan kuas roll, takara campuran minyak resin+katalis tergantung lamanya proses pengeringan yang hendak diinginkan,contoh: 5 liter minyak resin dilaruti oleh 5 cc cairan katalis memerlukan waktu pengeringan 3-5 menit(dengan asumis cuaca cerah), ketebalan lambung kapal tergantung dari besar dan kecilnya ukuran kapal yang dibuat ,semakin besar sebuah kapal harus semakin tebal pula lambung kapalnya,spesifikasinya lapisan lambung kapal adalah sbb : mat-roving-mat, proses pembuatan lambung kapal dikerjakan secara kontinyu harus sekaligus jadi jangan di sambung kecuali untuk proses penebalannya.
3.Setelah proses tahap no 2 selasai lambung kapal diberi tulang tulang fiber untuk memberi kekuatan pada lambung kapal, selanjutnya kepada tahap pembuatan ruangan-ruangan pada kapal sesuai dengan design gambar yang dibuat dengan pembuatan kembali mold atau bisa juga dengan langsung dibuat dengan plat fiber, pembuatan plat fiber maupun tulang fiber sama dengan proses pembuatan lambung kapal tetapi mold (cetakan) sebuah flat fiber bentuknya seperti sebuah lantai dan mold dari tulang fiber bentuknya seperti tiang kayu.
4. Ruangan yang perlu dibuat didalam lambung kapal adalah tangki bahan bakar,ruangan mesin (kalau menggunakan mesin dalam) instalasi kemudi (haluan) lainya, untuk tangki air bersih sebaiknya dibuat diatas atap kapal.
5. Aksesoris tambahan lainnya bisa dibuat diluar badan kapal dengan cetakanya seperti membuat pintu,tangga,teralis,bingkai jendela dan lain-lain. contoh dibawah adalah proses pengembuatan pintu kapal
a. Mold / cetakan yang permukaannya sudah diberi polish ( pelicin

b.mold/cetakan di kasih cat plincoat

c. seluruh permukaan cetakan dibalut dengan mat+woven dan di cat (dicor)dengan resin yang sudah di campur katalis/hardener menggunakan kuas roll/biasa.
d. proses penyiraman adonan minyak resin telah selesai dan tunggu sampai kering.
e. pintu fibergalss sudah di lepas dari cetakannya dan bagain dalam dan pinggirnya siap dihaluskan dengan gerinda.

f. pintu fiberglass sudah selesai dihaluskan dengan gerinda.

g. pintu berbahan fiberglass sudah selesai di buat dan siap dipasang
6. Proses terakhir yaitu finishing body kapal (pendempulan dan pengecatan) serta memasang mesin ( untuk mesin penggerak yang di instalasi didalam lambung kapal harus disertai dengan pemasangan blower atau kipas pendingin) , dan kasesoris lainya.

a. gambar mesin tempel

b. gambar mesin dalam ( diinstalasi di dalam lambung kapal)

Membuat Cetak Patung Fiber

patung fiber prosesnya agak rumit…tapi bikin penasaran kalo belum selesai…

pertama-tama masternya dari tanah liat khusus, yang warnanya abu-abu..bukan tanah liat buat keramik lho..tanah liat yang dipakai untuk membuat model patung biasanya lebih liat dan gak mudah retak..

setelah modelnya jadi, tentukan posisi belahan pada model..tujuannya, supaya pada saat cetakannya dilepas dari model gak ada bagian model yang tersangkut atau menghangi cetakan, yang nantinya akan merusak model.. posisi belahan bisa menggunakan lilin plastisin atau bahan pemisah lainnya,.yang penting cetakan tidak saling melekat. setelah belahan ditentukan baru deh bikin cetakannya…

cetakan pada patung fiber terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan lentur (silicone rubber) dan lapisan keras (serat fiber)..

pada dasarnya cetakan patung terbuat dari bahan fiber dan serat, bahan yang sama seperti yang digunakan sebagai bahan dasar patung (hasil cetakan)..yang dioleskan lapisan perlapisan pada model..tapi..untuk hasil yang lebih detail dan akurat gunakan silicone rubber atau cairan sejenis karet sebagai lapisan pertamanya..ketika lapisan karet cukup tebal lapisi kembali dengan cairan serat fiber yang berfungsi sebagai cetakan…

setelah semua bagian tertutup oleh cetakan, rekatkan kedua sisi belahan pada cetakan dengan menggunakan baut..tujuannya agar pada saat cetakan akan digunakan untuk mencetak patung fiber, hasilnya tidak akan bergeser dan akan lebih sempurna menyerupai model..

setelah semua belahan diberi baut..buka kembali ikatan baut, kemudian lepaskan cetakan satu persatu dari model..

rangkai kembali cetakan yang telah dibersihkan sesiau bentuk model, dan mulai proses cetak..

mengenai proses cetak,,pada proses cetak patung fiber terdiri dari dua teknik,,teknik yang pertama yaitu cetak penuh dan yang kedua cetak kopong…

yang dimaksud dengan cetak penuh yaitu rangkaian cetakan yang telah tersusun membentuk model tadi diisi penuh dengan cairan fiber melalui satu bagian yang dilubangi pada cetakan..sedangkan yang dimaksud dengan teknik cetak kopong yaitu dalam pembentukan patungnya cetakan dilapisi fiber berlapis lapis yang kemudian dirangkai dengan lapisan fiber pada cetakan yang lain..kemungkinan patung bergeser dari cetakan lebih besar..tapi dengan teknik ini patung akan lebih kuat karena dapat kita lapisi dengan serat pada proses cetaknya, dan juga lebih hemat bahan :)

setelah semua proses cetak selesai…yang paling rumit menurut aku adalah peroses finishing…

terutama bagi yang menggunakan teknik cetak kopong..logika sangat berperan dalam proses cetak patung fiber…

Gambar Alat2 yg terbuat dari FiberGlass:

http://www.wahana-fiber.com/?GALERI_FOTO

Cara Membuat tangki motor dari bahan fiber

kali ini gw mau tulis selengkap mungkin proses apa aja yang udah berlanjut termasuk tutorial singkat bagaimana buat cetak body dari fiberberikut gambar-gambarnya. Detail bgt bro! (Hayoo..sapa bilang gak bisa mirip & ga bisa detail?) )

R6 Bodikit Set Vixion

R6 Bodykit Set Tangki & Buntut atas dan penutupnya, siap dipasang di V-ixion

Tangki R6

Nahh..yang ini tangki R6, 100% detail, pake tutup tangki Ninja.

Buntut R6

Sexy banget buntut Yamaha R6. Ga sabar buat di pasang di Vixion

Tangki R6 di Vixion

Nih..tangki R6 di Yamaha Vixion

Ok, kita mulai dengan “bagaimana cara cetak fiber” gw tau dah banyak yang tau tp ini buat yang pingin tau sedikit dan cara gw ini mungkin berbeda dengan cara yang sebenarnya karna gw juga belajar sendiri alias otodidak.

Resin dan serat fiber

1kg resin, catalyst, serat fiber (mat), kuas, sumpit buat ngaduk, mirror glaze dan mangkok kecil

Barang2x yang harus disiapkan: Resin, Catalys (cairan yang buat resin jadi keras), Fiber mat dan talk. Bahan-bahan utama ini bisa dibeli di toko kimia satu set 1kg resin 1kg fiber mat (serat fiber) ama catalyst. di Jakarta sih banyak di daerah Jatinegara. Trus siapin juga gunting, kuas (beli kuas yang murah aja

karna ntar kuasnya gak kepake lagi), dan masking tape besar & kecil, sumpit buat ngaduk bisa minta ditukang mie ayam.

PERHATIAN

Debu & Serat fiber glass itu bisa buat loe gatel2x, sesak napas kalau kehirup, jadi pastikan loe kerja di tempat yang terbuka dan kerja serapih mungkin.

Kita pake tangki Vixion buat percobaan nyetaknya.

image137.jpg

Tangki Vixion yang udah kita lapisin dengan masking tape.

Step 0. (mang ada?) )

Bungkus semua permukaan tangki dengan masking tape, jangan sampe ada sedikitpun lubang karna cairan resin bisa masuk trus ngerusak tangkinya.

Santai aja bungkus yang rapi. Siapin juga koran bekas buat lindungin bagian-bagian dr Vixion loe.

mate fiber

Step 1.

Gunting mat fiber menurut pola tangki yang sebelumnya kita buat dari potongan koran.

Resin

Step 2.

Campurkan Resin & Catalyst, Jangan campurkan catalysnya banyak2x karna bisa ngerusak cat tangkinya karna panas dan

hasilnya pun bisa pecah-pecah.

Step 3.

Aduk yang rata, loe punya waktu kira2x 10 menit karna resin dan catalysnya akan mengental trus kering, tapi santai aja jangan buru2x kan kita ngejar

kerapihan.

kuas

Step 4.

Ambil kuasnya trus oleskan resin secara merata ke permukaan tangki, tipis aja gak apa karna fungsinya buat melekatkan mat fiber, ini layer pertama.

mat

Step 5.

Letakkan Mat fiber diatasnya, trus di ratain lagi pake resin dengan cara tekan perlahan dengan kuas, bahasa ingrisnya “di totol totol” ..hhaha.

image161.jpg

Step 6.

Lanjutkan semua proses sampai semua tertutup rapi dengan mat fiber, untuk hasil akhir fiber yang kuat bisa dipake 2-3 lapis mat…

image162.jpg

Step 7.

Tunggu ampe kering, gw tinggal ke acara temen gw kawinan pulangnya dah bisa dibuka kira2x 4-5 jam.

image175.jpg

Hasil cetakan fiber yang dah kering

image173.jpg

Gunakan gunting untuk ngerapihin sisa-sisa fiber

Step 8.

Fiber Glass yang udah kering cabut perlahan dari tangki..agak lengket sih tapi, tarikk terusss…dan…taddaa… ini dia hasilnya.

Not Bad!. Gunting untuk meratakan dan merapikan sisa-sisa fiberglass yang ikut mengeras pada samping tangki. Tangki dan buntut belakang R6 gw dah jadi, berikut gambar-gambarnya. Detail bgt bro! (Hayoo..sapa bilang gak bisa mirip & ga bisa detail?)

Yamaha Jupiter MX 135LC, Paduan Pelat Dan Fiberglass

Comments
72 Responses to “Cetakan Fiber : Belajar membuat fiber Dan Hobby MODIFIKASI Motor”
  1. iwanmanurung says:

    bang gimana cara untuk tangki cs 1 saya uda bkin body dpan pkai tebeng minerva 200cc dan sok dpan pkai afsedon

    • goesty says:

      utk sdr Iwan,
      saran saya silahkan konsultasikan dgn toko Modif di sekitar tmpt anda..semoga memuaskan..
      trims…

    • gan ane nupang tanya caranya dapetin bahan2 ny dimana gan mohon bantuanya

      • goesty says:

        ….di toko Kimia bisa di dapat semuanya keperluan…

  2. iwanmanurung says:

    tlong ajar kan saya tips cara buat nya karna disini mahal

    • goesty says:

      trimakasih udah bertanya via blog ini.
      saran saya utk anda..silah kumpulkan/catat bahan chemical utk fiber(copy ke flashdisk) lalu prgi k toko kimia dan ikuti petunjuk yg ada di blog..
      trims moga sukses..

  3. Artikel yang bagus..sangat membantu
    perkenalkan kami Gada Bina Usaha
    menyediakan Produk Karet konstruksi
    antara lain
    Elastomeric Bearing Pads
    Rubber Fender
    Lining Rubber
    Salam Sukses pak.

  4. ridho says:

    ada yg ahli buat fiber ga?
    mo sharing nih :( di kota gw ga ada bengkel modif..so harus mandiri

    • liat aja disini gan
      smoga membantu

      http://belajarmodifmotor.blogspot.com/search/label/Yamaha

  5. Rusdi says:

    Two Thumbs Up ….. salut atas kemurahan hatinya mau berbagi ilmu
    So pasti banyak yang bisa belajar dari artikel ini, terutama buatku :P
    Sangat jelas dan detil menerangkan fungsi dari setiap bahan yang digunakan

    Kalau goeSTY’s tidak keberatan …… please tambahkan artikel ini dengan contoh pembuatan barang yang lebih sederhana, misalnya : Cara Membuat Tempat Sampah berukuran kecil lengkap dengan tutupnya dengan emboss tulisan sampah kering / sampah basah untuk diletakkan disudut dapur para ibu-ibu PKK.

    Terima kasih

    • goesty says:

      terimakasih….mari kita sama sama saling berbagi dan saling melengkapi…..untuk menambah ilmu kita yg selalu merasa kurang….
      selamat beraktifitas….semoga sukses.

  6. wahyu saja says:

    Assalam..
    oke banget tuh mas.. thanks a lot udah mau berbagi..

    btw, nah trus kalo mau bikin kondom tangki tapi model r6+buntut jg kaya punya mu di atas gimana bikin cetakannya?kalo contohnya kan hasil bentuknya jadi tangki aslinya vixie,
    kalo boleh share lagi ya.. hehe
    pengen belajar jg mas.maklum newbie+kbtulan mtorku jg vixion

  7. Erick says:

    Apa kbr mas? wah artikelnya menarik sekali dan saya mau coba buat tiang dr bahan fiber… Saya bisa minta tolong ajarkan cara u/ mebuat tiang flexibel dari bahan fiber (maksudnya kalo kena angin tidak patah ) karena selama ini saya menggunakan pancingan.. oh iya perkiraan besar tiangnya seperti pipa PVC ukuran 3/4. mohon diberi petunjuk kira-kira bagaimana cara membuat tiang tersebut dari bahan fiber dan apakah saya harus membuat cetakan terlebih dahulu? ditunggu ya Mas…

    salam,

    erick

  8. I discovered your blog site on google and check a few of your early posts. Continue to keep up the very good operate. I just additional up your RSS feed to my MSN News Reader. Seeking forward to reading more from you later on!…

  9. Sebuah toko kimia di Surabaya yang menjual:

    • Bahan- Bahan Fiber Glass (Resin, Catalist, Cobalt, Mat, WR, DLL)﹑

    • Aneka Pasta Sablon ﹑

    • Pasta Silver﹑

    • Pigment Sablon ﹑

    • Wax ﹑

    • Lycal 1011﹑

    • Silicone Emulsion﹑

    • Silicone Rubber ﹑

    • Silicone Oil ﹑

    • Glitter ﹑

    • Bubuk Mutiara Bunglon ﹑

    • Bubuk Mutiara Silver ﹑

    • Kaneka ﹑

    • Bubuk Mas (Bronze Powder) ﹑

    • DOP﹑

    • Phosfor ﹑

    • Effect Pigments﹑

    • Xilarix ﹑

    • Pembersih Rumah Tangga ﹑

    • Keperluan Laundry ﹑

    Dan Lain – lain

    ————————————————


    Ngagel Jaya Kimia / Jaya Kimia
    JL. Ngagel Jaya Selatan 95
    (samping supermarket BILKA)
    Surabaya

    Coordinates : 7°17’37″S 112°45’21″E

    Telephone ☎ : 031 – 60 31 70 07

    http://www.facebook.com/jayakimia

    Partai & Eceran.
    Melayani juga pengiriman ke Luar Kota & Luar Pulau..

    • bisa untuk eceran ga pak boss….???? maklum nu-b

  10. Gembul says:

    Bro mau tanya klo setelah finishing lalu expoxy memerlukan expoxy dan cat khusus gag?Soalnya ada yg bilang fiber gag bs ke cat itu dari bahan atau apanya yah?Thx..

    • Mang achuy says:

      Mas gembul, setau saya fiber emang nggak bisa dicat langsung coba pake PP Polymer dulu sebelum di kasih Epoxy atau cat

  11. Zulkifly says:

    Gimana caranya pesan bahan2 fiber….?????

    • deny dwi handayanto says:

      Saya bisa mengirim bahan2 fiber yang anda butuhkan ke seluruh tanah air. Ongkir sesuai tarif JNE (ditanggung pembeli)

      Silahkan Hub:
      deny dwi handayanto
      ddeeen@gmail.com
      087851111193

  12. arif says:

    bos, artikelnya bagus banget, mau nanya ne, agar lem epoksi tidak lengket di cetakan diberi apa ya, dan harga serat kaca kira2 berapa ya , trim

  13. Anza says:

    Terimakasih telah berbagi Info ….
    Salam

  14. Muhammad Psya says:

    Apakah bisa membuatkan cetakan kloset dari bahan fiber ?
    klo bisa berapa harganya utk 1 cetakan ?

    Best Regards,
    M.Psya
    0813 10 763 481

  15. arifin says:

    mas bingung ne msihan,, tentang bkin cetakanya tu gmn ya?

  16. salam …. salut bgt nih yang bikin artikelll… dasyat ,,,,
    mau tanya,,, bahan talk buat resin + serat Fiber… talk jenis apa…. trus.. biar ngak nempel ama cetakannya bagusnya pakai apa ya… saya pernah lihat pakai bahan seperti wax gel .. apa namanya ya yang tau mohon sarannya email ke process.creative@yahoo.com

  17. eko says:

    MA kasih gan,….

  18. SLY29 says:

    gimana caranya agar permukaannya bisa rata, gw udah coba buat tapi serat fiberbya masih kelihatan kasar, apa harus di dempul ato ada cara lain.. thanks

  19. justfractal says:

    kalo dipake di bubur kertas, bukan di fiber, hardener dipake bukan sebagai campuran, tapi sebagai coating, misalnya disapuin ke permukaan, bisa gak sih? nyerep ke dalem bahan gak? jadi keras gak gampang ancur kan?

  20. antel. says:

    wah wah mantap neh,bru bca pgen bkin,ckakak ngimpi.beli aja sana bhan2nya trus praktet di tengahnya pusing akhirnya dbuang deh:d .mending pesen sama empunya klo bsa tnggal datang ke atm ckakak tnggu tiki ke rumah beres

  21. hasbi says:

    wooww…thx berat mas…saya lg kepingin belajar fiber langsung ketemu artikel ini, sangat membantu sekali.

  22. agus says:

    siip terimakasih penjelasannya… sangat bermanfaat untuk pembelajaran…
    semoga sukses selalu

  23. sitindaon says:

    Apu itu Masking tapenya bro???
    Sejenis pa tu???
    Apa kayak solatif??????

  24. zoel says:

    Thank bnyk atas ilmunya mas@..ni ana pnya niat bkin prahu fiber glass..cm harga2 untk. Resin+catalist+talk+serat fiber mat/moving+pelicin..harga per kilo dri stiap satuan bahan, berapa ya..trus toko yg jual bhn2 trsbt dimana ya..tlg ksh info y mas.. Mksh bnyk neh atas ilmunya.sngt bermanfa’at bwt ana..

  25. »» ✉
    N. JAYA KIMIA {NJK}
    JL. NGAGEL JAYA SELATAN 95
    [SAMPING SUPERMARKET BILKA]
    SURABAYA – JAWA TIMUR

    »» Coordinates :
    7°17’37″S 112°45’21″E

    »» Telephone ☎ :
    031 – 60 31 70 07 [Indosat] & 081 830 4664 [XL] — NO SMS, CALL ONLY.!

    »» http://www.facebook.com/jayakimia

    Partai (Grosir) & Eceran Dangan Jumlah Tertentu.
    Melayani juga pengiriman ke Luar Kota & Luar Pulau..

    MINIMAL PENGIRIMAN BAHAN CAIR: 35 KG.

    – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

    Sebuah toko kimia di Surabaya yang menjual:

    • SEGALA MACAM BAHAN-BAHAN FIBER GLASS {RESIN, CATALYST, WR, DLL} ﹑

    • RESIN LENTUR﹑

    • S.MONOMER﹑

    • PASTA SABLON RUBBER {PASTA KARET} ﹑

    • PASTA SABLON NF﹑

    • ALUMUNIUM PASTA ﹑

    • PIGMENT WATER BASE ﹑

    • BINDER﹑

    • MIRROR GLAZE {WAX} ﹑

    • AMONIAK ﹑

    • LYCAL 1011 & LYCAL 1079 ﹑

    • SILICONE EMULSION {SEMIR BAN}﹑

    • SILICONE RUBBER {SILICONE CETAK}﹑

    • SILICONE OIL {SILICONE BENING}l ﹑

    • GLITTER ﹑

    • WHITE OIL ﹑

    • BUBUK MUTIARA SILVER & RAINBOW﹑

    • KANEKA ﹑

    • BRONZE MAS {Bronze Mas / Bubuk Mas} ﹑

    • ANTI FOAM﹑

    • M3 & M4 ﹑

    • PHOSFOR ﹑

    • EFFECT PIGMENS ﹑

    • XILARIX ﹑

    • PEMBERSIH & SABUN RUMAH TANGGA ﹑

    • KEPERLUAN LAUNDRY ﹑

    • OBAT RAYAP ﹑

    • ANTI JAMUR ﹑

    Dan Lain – lain

  26. barayakabehsinjah says:

    numpang tanya mas,cara membuat cetakan resin yg 4 dimensi gimana???/mohon bantuannya,kirm ke email q,makasih

  27. mantab…banget…dan terima kasih sdh berbagi pengalaman/pengetahuannya GoesTy’s….sukses selalu buatmu.

  28. ifan akta says:

    salam kenal..
    kebetulan saya tinggal di dekat pesisir pantai..
    saya beniat mengganti perahu kayu dengan perahu fiber..
    lumayanlah.. bantu2 kelestarian alam agar tidak di tebang untuk pembuatan perahu..
    di mana saya bisa bertanya lebih lanjut tentang pembuatan perahu fiber..
    karna saya punya rancangan perahu fiber anti tenggelam..
    mohon bantuan dan saranya ya mas..
    terimakasih sebelumnya..
    rifani_ap@yahoo.com
    081806819099

  29. Owik s yulianto says:

    Bro salam kenal and thank u very much atas smua infonya, wah suuka and seneng deh akirnya pnasaran soal fiberglass stengah trjawab, cuma stengahnya blm bro? Yaitu bahan2 tsbt beli dimana and harganya blm disebutin. Tlg ya bro info lengkapnya. Thanks.

  30. endang rufita says:

    merk2 dari mat itu apa aj ya….

  31. suparna simon says:

    Hebat saya sangat tertolong sekali dengan informasi anda. Karena saat ini saya mau membuat speed boat dengan ukuran 19 feet open cup.Pertanyaan saya adalah berapakah bahan resin,katalis,talk,wowen roving,mat(serta halus, mirror glase Mold release yang dibutuhkan. Atas bantuannya saya sangat mengucaopkan banyak terimakasih.

  32. Sriethut says:

    Trima kasih Komandan wah saya butuh banget ini artikel,mau bwt tangki mobil dari bahan fiber,saya suka karna tidak kena karat ini barang,siap pergi ketoko kimia di Solo.Thank Ndan.Salam sukses buat komandan

  33. izzuka says:

    saya mow tnya.. cetakan buat fiber nya biar kuat dan tahan panas pke ap ea?
    thnks………..

  34. wiwid pointer says:

    untuk pemula infonya sangat berharga. makasih………(pointart artventure)

  35. benk2 says:

    makasi banyak mas bro… atas tips & trik ny…

  36. w gondronx says:

    mas bro,q mo nanya nieh…itu klo yg bikin tanki r6 dpt nyetak darimana?
    Soalnya td yg dicontohin nyetak tankinya vixion…

  37. Info mengenai pembuatan perahu fiberyang sangat berguna sekali…terima kasih…

  38. goesty says:

    Terima kasih atas perhatiannya terhadap posting ini….semoga bermanfaat…akan ada Update cara membuat sesuatu dengan FIBERGLASS…

  39. Thanks a lot for sharing this with all of us you actually know what you’re talking about! Bookmarked. Kindly also visit my site =). We could have a link exchange contract between us!

  40. penjelasan yang cukup bagus

  41. visit us says:

    Right here is the perfect site for anyone who really wants to find out about this topic. You understand a whole lot its almost hard to argue with you (not that I actually would want to…HaHa). You certainly put a brand new spin on a subject that has been discussed for many years. Wonderful stuff, just excellent!

  42. I’ve been absent for some time, but now I remember why I used to love this web site. Thanks , I will try and check back more frequently. How frequently you update your web site?

  43. I’ve read some good stuff here. Definitely worth bookmarking for revisiting. I surprise how much effort you put to create such a excellent informative web site.

  44. I think this is one of the most significant information for me. And i am glad reading your article. But should remark on few general things, The web site style is perfect, the articles is really excellent : D. Good job, cheers

  45. Bankrahmat says:

    Salam Kenal semuanya kepada Mas bro sekalaian
    Sebenernya sih artikel yg sdh di ulas sama mas bro diatas sdh bisa dikatakan lengkap… kap banget…
    Bantu pertanyaan yg ada dibawahnya:
    – untuk harga2x resin, katalis, mat bahan dasar utama pe miberan bisa kok dibelinya eceran, kalo di daerahku minimal 1lt untuk pembelian resin, kalau katalis bisa beli kurang dari 600ml. dan kalau mau beli mat bisa beli meteran… untuk harga disetiap daerah mungkin berbeda, kalo pembelian diatas gak nyampe 150ribuan.
    – Kalau minta contoh kembali untuk pembuatan viber: spt nya gambar diatas yg sdh diberi contoh oleh mas bro ini.. sdh lengkap.. jd silahkan om2x sekalian berkreasi dgn imaginasi masing2x untuk membentuk sesuatu dgn bahan dasar viber diatas.
    – Mengenai campuran resin + katalis (sepengalamanku: aku menuangkan 1lt resin dicampur 6tetes katalis. aduk hingga rata) semakin banyak katalis akan cepat keringnya, jd sayang dibahan, dan kerja kita jd tergesa2x….
    – Setelah terbentuk / selesai pemiberan(kering) kalau mau lebih rapi dan halus, silahkan di olesi dempul dibagian2x yg tdk rata, setelah kering diamplas air hingga halus.
    – sebelum diberi cat utama, silahkan diberi cat poxy dulu baru kemudian diberi cat utama..dan spy lebih awet dan tahan lama catnya, disemprot kembali oleh cat clear. dijamin hasilnya akan menakjubkan…
    (untuk pengerjaan pengecatan, sdh banyak dijual ditoko2x bangunan Cat pylox untuk warna dasar/poxy dan cat pylox warna utama tentunya) dan pastikan merk cat tersebut sama.
    – dan yg terpenting, sisa dari pengerjaan pemiberan, bahan pemiberan resi+katalis yg sdh mengering jgn dibuang disembarang tempat. krn bahan2x ini mudah terbakar, apalgi dicuaca yg panas dan jd 1 dgn sampah kering. dianjurkan untuk ditanam ditanah/ di urug.

    Maaf sebelunya, kalau beberapa patah kata ini, terkesan menggurui,… aku hanya ingin berbagi ilmu, dan maaf kembali kalau apa yg yg ikut share disini ada salahnya, mohon pencerahaannya.
    tks

  46. Good write-up, I’m normal visitor of one’s web site, maintain up the excellent operate, and It is going to be a regular visitor for a lengthy time.

  47. I would like to thank you for the efforts you’ve put in writing this blog. I am hoping the same high-grade site post from you in the upcoming as well. Actually your creative writing skills has encouraged me to get my own blog now. Really the blogging is spreading its wings rapidly. Your write up is a great example of it.

  48. assegaf says:

    bang kalo bahan dasar fiberglass yg elastis buat membuat busur agar bisa mantul thu gmn? aku nyari koq gx ketemu ketemu. kan itu keras lha supaya gx keras trus agar elastis thu gmn?

  49. assegaf says:

    bang kalo buat busur panah itu jenis fiberglassnya apa ya, yg bisa elastis alias fleksibel

  50. seblu says:

    Wuihhhhhhhh
    Cocok. (y)ΏîcĦ
    . :D/
    . ☜√))
    . _/¯≥. ‎​‎​‎​‎​. Bermanfaat banget bossss,,, kepengen buat fiber nich,, hihihihihihi

  51. gf revenge says:

    hi great article mate, i think u hav put your point across excellently thanks

  52. Kak Totok says:

    Mengasyikkan ………………

  53. mas saya kesulitan tuk sofwer nya untuk desain, alaman http/ nya apa ya mas ?
    Terimakasih.

    • goesty says:

      hello, maksudnya mau bikin apa? Website?…ini wordpress.com

  54. Fendy Ch says:

    Wah ini yang saya cari buat bikin cover body Mesin Photocopy kebetulan body Fotocopy Canon yang umurnya da tua tp hasilnya masih lumayan cuman bodynya da pada retak/pecah makanya gw mo coba pake cara ini. oh iya min nitip iklan ya kami juga menjual fotocopy bekas siap pakai sbb:
    Lokal 6030 = Rp. 3,5jt
    Lokal 6035 = Rp 4,25jt
    Lokal 6050 = Rp 6 jt
    Semua siap pakai dan 6030/6035 drumnya baru cocok buat pemula (non garansi)

    Harga jual digital:
    Rekon ir4570 = Rp. 9jt (non garansi)
    Rekon ir3045/35 = Rp. 9.5jt non garansi (serie pengganti ir4570)
    Rekon ir3025/30 = Rp 9 jt non garansi
    Semua rekon ir sudah konek komputer (copy, print, scan)

    Jika berminat hub : Bp. Fendy
    Komp. Primkopti (KOPTI) blok A5 No. 2 Setu cipayung Jakarta Timur (dekat TMII blk MAbes Hankam Setu)
    02198957421 HP. 08174840823
    http://photocopycanon.blogspot.com atau http://jualfotocopycanondigital.blogspot.com/

  55. terima kasih atas sharing ilmunya Mas, semoga dicatat sebagai amal jariyah.
    Boleh tanya sedikit mas. Kalau kita punya barang bekas terbuat dari fiberglas, bisa nggak di daur ulang atau dirubah bentuk?

    Tks

    • goesty says:

      ….Bisa. sama seperti kalau kita akan membuat sesuatu kan asalnya hanya berupa lembaran Fiber lalu di bentuk ulang…Tapi utk daur Ulang, warna dan hasil tidak sebagus yang masih Murni/Putih…..

  56. Azam says:

    Nice Article…
    Permisi gan, numpang iklan. ane jual bahan dasar kimia utk buat fairing. bisa kirim ke seluruh indonesia. tlp. 031-7666846/082141773155
    atau klik : http://www.nusaindahmegah.com
    trims gan.

  57. dari mana kita dapat menemukan bahan2nya

  58. sambil nyimak ikut promosi gan . Toko Aksesoris Motor

  59. Irwan S says:

    Macam” Produk Fiberglass :
    – Tangki Panel Fiberglass : http://sepitengfiber.blogspot.com/2014/08/jual-tangki-panel-fiberglass-storage.html
    – Grease Trap / Penjebak Lemak : http://sepitengfiber.blogspot.com/2014/05/greasetrap-penjebak-lemak-cocok-untuk.html
    – Pipa Fiberglass / Pipa Frp : http://sepitengfiber.blogspot.com/2014/05/jual-pipa-fiber-grp-pipe-frp-pipe-guna.html
    – Gutter / Talang Air Fiberglass : http://sepitengfiber.blogspot.com/2014/04/gutter-frp-talang-air-fiberglass-talang.html
    – Septic Tank Fiberglass : http://sepitengfiber.blogspot.com/2014/04/septic-tank-fiberglass-sepiteng-fiber.html
    – Kolam Ikan Fiberglass : http://sepitengfiber.blogspot.com/2014/04/septic-tank-fiberglass-sepiteng-fiber.html

  60. ㈠aba $ema$a says:

    Sangat bermanfaat,
    Nice blog

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Things to Try for 30 Days10most dangerous place on earthCetakan Fiber : Belajar membuat fiberTop 10 Odd Methods For Personal TransportationInternet10 Web […]



Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Ebay

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Archives

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 415 other followers

%d bloggers like this: